EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS TEKS HASIL OBSERVASI DI SMA NEGERI 1 LIMBOTO BARAT

Hidrayana T, Salam Salam, Muslimin Muslimin

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan, (2) mendeskripsikan efektivitas penggunaan media lingkungan terhadap kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi di SMA Negeri 1 Limboto Barat, dan (3) menguraikan secara komprehensif kemampuan siswa menulis teks laporan hasil observasi setelah menggunakan media lingkungan. Pendekatan yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Bentuk penelitian yakni quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Data penelitian diperoleh melalui observasi (pengamatan), tes, wawancara, dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan SPSS untuk uji efektivitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat terdiri atas tiga proses, yaitu (a) Perencanaan pembelajaran menulis teks laporan hasil observasi yang dirancang oleh guru telah memenuhi komponen penyusunan RPP yang sesuai dengan Kurikulum 2013, (b) Pelaksanaan pembelajaran yang terdiri atas kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup, (c) Penilaian yang dilakukan oleh guru yaitu penilaian pengetahuan melalui tes dan penilaian keterampilan dari hasil menulis teks laporan hasil observasi; (2) Lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dalam pembelajaran sudah efektif diterapkan dalam menulis teks laporan hasil observasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat. Hal ini dibuktikan dari adanya perbedaan yang signifikan antara pengajaran menulis teks laporan hasil observasi menggunakan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar dengan menggunakan media lingkungan; (3) Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi berdasarkan pengamatan langsung siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat, diperoleh nilai rata-rata 75, yang berada pada kategori mampu. Kemampuan menulis teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media lingkungan dari aspek isi siswa Kelas X SMA Negeri 1 Limboto Barat memperoleh nilai rata-rata 86 yang berada pada kategori sangat mampu.


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, dkk. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Akhadiah, Sabarti, dkk. (2001). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Dalman. (2014). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan (Buku Guru). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2013). Bahasa Indonesia: Wahana Pengetahuan (Buku Siswa). Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik: Buku Siswa SMA/MA SMK/MAK. Jakarta.

Kemendikbud. (2017). Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik: Buku Guru SMA/MA SMK/ MAK. Jakarta.

Moelong, Lexy J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nurhanifah. (2014). Jenis-jenis Teks. Yogyakarta : Gava Media.

Semi, M. Atar. (2007). Dasar-Dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Sugiyono, A. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Administrasi. Cetakan ke-22. Bandung: CV Alfabeta.

Warsita, Bambang. (2008). Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wijanarko, Agung Dwi. (2014). “Keefektifan Strategi Cooperative Integrated Reading And Composition (Circ) Dalam Pembelajaran Membaca Pemahaman Teks Laporan Hasil Observasi Pada Siswa Kelas Vii Smpn 6 Kota Magelang Sebagai Pelaksana Kurikulum 2013”. Skripsi S1. Yogyakarta: FBS UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i1.535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi