Penerapan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) pada kurikulum merdeka di tingkat SMA

Raihana Virza Aulia Lestari, Hindun Hindun

Abstract


Kurikulum merdeka di tingkat sekolah menengah atas (SMA) memperkenalkan konsep baru dalam dunia pendidikan, dengan fokus pada kebebasan guru dan siswa dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan lokal. Salah satu pendekatan yang ditekankan dalam kurikulum ini adalah penerapan konsep 4C, yang mencakup Communication (komunikasi), Collaboration (kolaborasi), Critical Thinking (berpikir kritis), dan Creativity (kreativitas) yang saat ini sangat dibutuhkan oleh para siswa di Indonesia. Menerapkan keterampilan 4C dapat melatih siswa untuk menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan memanfaatkan pendekatan studi pustaka. Pendekatan tersebut dilakukan dengan cara mencatat dan mengumpulkan teori-teori yang terdapat dalam literatur terkait untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam untuk mendukung penelitian ini. Data dalam penelitian ini bersumber dari jurnal-jurnal dan buku terdahulu. Hasil dari penelitian ini memaparkan penerapan keterampilan 4C yang bisa dilakukan di tingkat SMA, tantangan dan hambatan serta manfaat keterampilan 4C. Selain itu, temuan penelitian ini dapat menjadi acuan bagi sekolah dan guru dalam merancang strategi pembelajaran yang memperkuat aspek 4C guna mempersiapkan siswa menghadapi tuntutan masyarakat dan dunia kerja yang semakin kompleks.   The independent curriculum at the senior high school (SMA) level introduces a new concept in education, focusing on the freedom of teachers and students in designing and implementing learning according to local needs. One of the approaches emphasized in this curriculum is the application of the 4C concept, which includes Communication, Collaboration, Critical Thinking, and Creativity, which are currently needed by students in Indonesia. Applying 4C skills can train students to face future challenges. This research uses a qualitative method by utilizing a literature study approach. The approach is carried out by recording and collecting theories contained in related literature to gain a deeper understanding to support this research. The data in this study were sourced from previous journals and books. The results of this study describe the application of 4C skills that can be done at the high school level, challenges and obstacles as well as the benefits of 4C skills. In addition, the findings of this research can be a reference for schools and teachers in designing learning strategies that strengthen the 4C aspects to prepare students to face the increasingly complex demands of society and the world of work.  

Keywords


Kurikulum Merdeka; Keterampilan 4C; Sekolah Menengah Atas

Full Text:

PDF

References


Adlini, Miza Nina., Dinda, Anisya Hanifa., et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/25/21

Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 528– 535. https://doi.org/10.47709/educend ikia.v2i3.1895

Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 5(3), 461–482. https://doi.org/10.1007/s10763- 006-9048-5

Batu Bara, Abdul Karim. (2012). Membangun Kreativitas Pustakawan di Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 6(2), 40-51. http://repository.uinsu.ac.id/768/1/vol.06no.02%20%286%29.pdf

Farhana, Ika. (2023). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka; Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.

Hasanuddin, dkk. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Banten: Penerbit PT Sada Kurnia Pustaka.

Jazil, Saiful. (2023). Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. Sumatra Barat: Cv Azka Pustaka.

Labundasari, Erna. dkk. (2023). Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Penerbit Indonesia Emas Group

Lelasari, Maharani., Setyosari, Punaji. & Ulfa, Saida. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam MendukunKeterampilan Kolaborasi Siswa. Prosiding TEP & PDs. 3(2), 167-172. https://core.ac.uk/download/267023790.pdf

Maryanti, Silya., Zikra. & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor. 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/700/594

Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.

Oktavia, Fenny. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT. Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Dunia Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. 4(1), 239-253. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2381

Purwono. (2008). Studi Kepustakaan. Jurnal Persadha, 6 (2). https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/25/21

Redhana, I Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2239-2253. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934

Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418. https://edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/823.

Sihotang, Kasdin. (2018). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: Kansius

Silviani, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka

Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat. 3(2), 40-58. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/716

Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, October 2018, 1–18.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v3i2.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi