SEJARAH, UNSUR KEBUDAYAAN, DAN NILAI PENDIDIKAN CERITA RAKYAT GORONTALO JANJIA LO U DULUWO DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA

Ai Sri Yustini, Moh. Karmin Baruadi, Muslimin Muslimin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran yang jelas tentang: (i) unsur kesejarahan, (ii) gambaran kondisi sosiokultural masyarakat Gorontalo, (iii)  nilai pendidikan, dan (iv)  implementasi cerita rakyat Gorontalo Janjia Lo u Duluwo dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan kualitatif diterapkan dalam penelitian ini yang dioperasionalkan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik dokumentasi dan teknik catat sebagai teknik analisis data menjadi strategi pengumpulan data penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, kategori sejarah perjuangan karena pada cerita ini seseorang cenderung ingin mempertahankan kedamaian karena adanya pertengkaran antara kerajaan Gorontalo dan Limboto. Kedua, unsur kebudayaan yaitu bahasa Gorontalo, sistem peralatan yaitu penggunaan keris, unsur kesenian yakni tujai atau syair, sistem kepercayaan, organisasi kemasyarakatan yang berupa sistem kepemerintahan dan sistem pengetahuan berupa cara untuk membuat perjanjian dalam mendamaikan kedua kerajaan. Ketiga, nilai pendidikan yaitu moral yaitu mengabdi pada kerajaan atau negeri, nilai pendidikan religius meliputi berdoa kepada Tuhan, nilai pendidikan sosial meliputi kerukunan, dan gotong royong dan nilai pendidikan kepahlawanan yaitu rela berkorban demi kepentingan orang banyak. Keempat, implementasi dalam pembelajaran melalui keterkaitan dengan keutuhan dan isi materi cerita yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter yang dapat diserap oleh peserta didik

Keywords


sejarah, kebudayaan, nilai pendidikan, cerita rakyat Gorontalo

Full Text:

PDF

References


Abrams, M.H. 1981. Teori Pengantar Fiksi. Yogyakarta: Hanindita Graha Wida.

Agbenyega, J. S., et al. 2017. Folklore epistemology : how does traditional folklore contribute to children s thinking and concept development ? International Journal of Early Years Education, 25(2), 115. https://doi.org/10.1080/09669760.2017.1287062.

Alwi, H., dkk. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Bahasa.

Amir, Adriyanti. 2018. Sastra Lisan Indonesia. Yogyakarta: CV Andi Offiset.

Asfandiyar, Andi Yudha dan Salman Iskandar. 2007. Cara Pintar Mendongeng. Bandung: Dar Mizan.

Dananjaja. J. 2017. Folklor Indonesia Ilmu Gosip, Dongeng, dan Lain-lain. Jakarta: PT. Temprint.Departemen Pendidikan Nasional. 2018. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Fitroh dkk. 2015. Dongeng sebagai Media Penanaman Karakter pada Anak Usia Dini dalam Jurnal PG-PAUD Trunojoyo. Jawa Timur: Universitas Trunojoyo.

Kemendiknas. 2020. Desain Induk Pendidikan Karakter Kementrian Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemendikbud.

Nasiru, La Ode Gusman . 2016. “Wa Ndiudiu: Menyulap Hantu Masa Silam dari Tanah Wolio Menjadi Media Pembelajaran dalam Perspektif Gender” dalam Prosiding Seminar Nasional Sastra Anak “Membangun Karakter Anak Melalui Sastra Anak. Yogyakarta: Balai Bahasa Yogya.

Purnamasari, Yayu Mega dan Wuri Wuryandani2. 2020. “Media Pembelajaran Big Book Berbasis Cerita Rakyat untuk Meningkatkan Karakter Toleransi pada Anak Usia Dini’ dalam Jurnal Obses Volume 4 Issue 1 Pages 90-99. Riau: Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai.

Ratna, Nyoman Khuta. 2011. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarmadi, L.G. 2019. “Kajian Strukturalisme dan Nilai Edukatif dalam Cerita Rakyat Kabupaten Klaten.” Tesis tidak dipublikasi, Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Program Pascasarjana Universitas Sebelas Maret.

Selden, Raman. 1985. A Reader’s Guide to Contemporary Literary Theory.

Soekanto, Soerjono. 2016. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sudikan setya yuwana. 2014. Metode Penelitian Sastra Lisan. Lamongan: Pustaka Ilalang

Vansina, Jan (1985). Oral Tradition As History. London: The University Of Wisconsin Press

Zed, Mestika. 2004. Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v2i1.1520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi