Variasi Bahasa pada Masyarakat Multikultural di Desa Tolabit Kecamatan Kao Barat, Ternate

Fitra Sari Tanhar, Fatmah AR. Umar, Rahmatan Idul

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan variasi bahasa dari segi penutur yaitu idiolek, dialek, kronolek, sosiolek dan variasi bahasa dari segi keformalan yaitu gaya atau ragam santai dan gaya atau ragam akrab. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata dan kalimat yang memuat variasi bahasa dari segi penutur dan variasi bahasa dari segi keformalan. Sumber data dari penelitian ini di hasilkan dari masyarakat pendatang di Desa tolabit, seperti Gorontalo, Sangihe, Bugis, Manado, Batak, Jawa, Filipina dan Cina. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simak libat cakap dan teknik catat. Hasil pnelitian yang pertama menunjukan adanya variasi bahasa dari segi penutur yakni idiolek, dialek, kronolek dan sosiolek. Sosiolek yang berupa variasi bahasa vulgar, slang dan kolokial. Selanjutnya tergambar adanya variasi bahasa dari segi keformalan yaitu gaya atau raagam akrab dan gaya atau ragam santai. Hasil penelitian adalah variasi bahasa dari segi penutur yaitu idiolek variasi bahasa perseorangan ditemukan pada orang-orang terdekat, dialek variasi dari suku yang berbeda-beda ditemukan di pasar, kronolek dilihat dari bahasa sehari-hari dan sosiolek variasi bahasa sosial. Variasi bahasa dari segi keformalan yaitu gaya atau ragam akrab dan gaya atau ragam santai ditemukan pada percakapan antar keluarga dan teman.
Kata Kunci : Variasi Bahasa; Multikultural; Tolabit, Kao Barat, Ternate.

Abstrak
This study focused on analyzing the language variations of the aspects of speakers (idiolect, dialect, chronolect, sociolect) and formality (casual and familiar language varieties). This descriptive qualitative research obtained the data from words and sentences containing language variations of both aspects. Moreover, the data sources of this research were generated from immigrant communities in Tolabit Village, such as Gorontalo, Sangihe, Bugis, Manado, Batak, Javanese, Filipino and Chinese. These data were collected using involved conversation observational and taking-note techniques. The results of the initial study show are variations in language from the speaker's perspective, namely idiolect, dialect, chronolect and sociolect (in the form of vulgar language variations, slang and colloquial). Furthermore, it is illustrated that there are variations in language in terms of formality, namely the familiar style or variety and the casual style or variety. The other results show that language variations in terms of speakers are idiolects of individual language variations found in the closest people, dialect variations from different ethnic groups found in the market, chronolects seen from everyday language and sociolects of social language variations. Language variations in terms of formality, namely familiar style or variety and relaxed style or variety, are found in conversations between family and friends.
Keywords: Language Variations; Multicultural; Tolabit, Kao Barat, Ternate


Keywords


Variasi Bahasa; Multikultural; Tolabit, Kao Barat, Ternate

Full Text:

PDF

References


Anggito, Albi & Johan Setiawan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Aslinda & Leni Syafyahya. 2014. Pengantar Sosiolinguistik. Bandung: Refika aditama.

Chaer, Abdul & Leonie Agustina. 2010. Sosiolinguistik Perkenalan Awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Maryani, Dedeh & Ruth Rosalin E. Nainggolan. 2019. Pemberdayaan Masyarakat. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Nuryani, dkk. 2018. Kajian Berbagai Ragam Bahasa Pada Media Sosial. Jawa Tengah : Muhammadiyah University Prees.

Ujan, dkk. 2016. Perkembangan Sosial Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asen. Jawa Timur. DUTA MEDIA PUBLISHING.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v2i1.1174

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi