PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP PENGEMBANGAN KARAKTER SOSIAL SISWA

Hasna Koba'a, Jumahir Jumahir, Mawaddah Mawaddah

Abstract


Perubahan sosial dan tantangan perilaku remaja, seperti meningkatnya kasus perundungan dan lemahnya kemampuan kerja sama di sekolah, menegaskan urgensi penguatan karakter sosial melalui model pembelajaran yang lebih kontekstual dan kolaboratif. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pembelajaran berbasis proyek (Project-Based Learning/PjBL) terhadap pengembangan karakter sosial siswa SMP Muhammadiyah Luwuk. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen semu pretest–posttest control group. Subjek penelitian adalah siswa SMP Muhammadiyah Luwuk yang dipilih dengan teknik purposive sampling, masing-masing 30 siswa untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dikumpulkan melalui angket karakter sosial berskala Likert yang memuat indikator kerja sama, empati, komunikasi interpersonal, tanggung jawab sosial, dan toleransi, serta diperkuat dengan observasi selama proses pembelajaran. Analisis data dilakukan dengan uji-t berpasangan dan uji-t independen untuk melihat perbedaan peningkatan karakter sosial intra dan antar kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor karakter sosial siswa pada kelas eksperimen meningkat secara signifikan dibandingkan kelas kontrol, dengan nilai p < 0,05. Temuan ini mengindikasikan bahwa PjBL efektif dalam mengembangkan karakter sosial siswa melalui aktivitas kolaboratif dan projek kontekstual. Disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis proyek dapat dijadikan strategi utama penguatan karakter sosial di sekolah berbasis keagamaan. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan desain mixed-methods dan cakupan sekolah yang lebih luas untuk menggali proses internalisasi karakter secara lebih mendalam

Keywords


pembelajaran berbasis proyek, karakter sosial, siswa SMP, quasi eksperimen, Muhammadiyah

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). CA: SAGE Publications.

Etikan, I. (2016). Comparison of Convenience Sampling and Purposive Sampling. American Journal of Theoretical and Applied Statistics, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ajtas.20160501.11

Fauzi, A., Ermiana, I., Nur Kholifatur Rosyidah, A., & Sobri, M. (2023). The Effectiveness of Case Method Learning in View of Students’ Critical Thinking Ability. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 12(1), 15–33. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v11i1.1544

Glidden, C. E. (1993). Review of How to Design and Evaluate Research in Education (2nd ed.). Contemporary Psychology: A Journal of Reviews, 38(10), 1125–1125. https://doi.org/10.1037/032719

Imron, A., Muarifah, S., Oktradiksa, A., & Romdhoni, A. (2024). Cultivating Social Character through Project-Based Learning in Islamic Elementary Schools in Semarang. Jurnal Tarbiyatuna, 15(1), 28–42. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v15i1.10166

Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996

Jariah, A., Hamid, R., & Nappu, S. (2024). Analysis of the Implementation of Project Based Learning Model on Students’ Speaking Skill. International Journal of Social Science and Human Research, 07(02). https://doi.org/10.47191/ijsshr/v7-i02-77

Kaharuddin, S., Malli, R., & Lamabawa, D. (2024). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Muhammadiyah. Polyscopia, 1(3), 91–100. https://doi.org/10.57251/polyscopia.v1i3.1354

Maros, M., Korenkova, M., Fila, M., Levicky, M., & Schoberova, M. (2023). Project-based learning and its effectiveness: evidence from Slovakia. Interactive Learning Environments, 31(7). https://doi.org/10.1080/10494820.2021.1954036

Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190

Nurfuadi, & Nurkholis. (2023). Applying Project-Based Learning To Reinforce Students’ Character. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2). https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/1412

Pratami, R. (2024). Pendekatan Konstruktivisme dalam Kebijakan Pembelajaran Berbasis Proyek: Transformasi Pendidikan Menuju Kreativitas dan Kolaborasi. Jejaring Administrasi Publik, 16(2), 76–87. https://doi.org/10.20473/jap.v16i2.60539

Pratiwi, S. S., Meiji, N. H. P., & Fibrianto, A. S. (2025). Project-Based Learning for Strengthening Student Character in Schools (pp. 80–86). https://doi.org/10.2991/978-2-38476-485-3_9

Putri, A. K. (2023). Applying Project-Based Learning To Reinforce The Students’ Character. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(3), 737. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v12i3.9823

Rachmanetha, D. V. (2025). Engaging Minds: The Impact of Project-Based Learning in Junior High Education at SMPM 1 Surabaya. J-SES : Journal of Science, Education and Studies, 4(1). https://doi.org/10.30651/jses.v4i1.24700

Rediani, N. N., Palittin, I. D., & Kaize, B. R. (2024). Project Based Learning: Enhancing Character and Creative Thinking Skills through Activity-Based Projects in Numeracy Literacy Courses. Indonesian Values and Character Education Journal, 7(1), 88–100. https://doi.org/10.23887/ivcej.v7i1.80139

Rohman, M. M., Lestari, A., & Arsi, A. A. (2024). Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Proyek atau Project Based Learning (PjBL) pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik. Prosiding Webinar Penguatan Calon Guru Profesional. https://proceeding.unnes.ac.id/wpcgp/article/view/3443

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., & Anggraena, Y. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. In Edisi Revisi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sekolah Relawan. (2023). Kasus Bullying di Sekolah Meningkat, KPAI Sebut Ada 2.355 Kasus Pelanggaran Perlindungan Anak Selama 2023. https://sekolahrelawan.org/artikel/kasus-bullying-di-sekolah-meningkat-kpai-sebut-ada-2355-kasus-pelanggaran-perlindungan-anak-selama-2023

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Wulandari, T., & Nawangsari, N. A. F. (2024). Project-Based Learning in the Merdeka Curriculum in Terms of Primary School Students’ Learning Outcomes. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(2), 31–42. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i2.793




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i2.3039

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com