MODEL PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH UMUM: TANTANGAN DAN SOLUSI

Jumahir Jumahir, Masrion Tahawali, Farid Haluti

Abstract


Pendidikan inklusif menjadi salah satu tantangan besar dalam sistem pendidikan Indonesia, khususnya di daerah terpencil seperti Kecamatan Luwuk. Meskipun kebijakan inklusi telah diterapkan, banyak sekolah yang masih menghadapi kendala dalam mengimplementasikannya secara efektif. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji model pengelolaan pendidikan inklusif di sekolah umum di Kecamatan Luwuk, serta mengidentifikasi tantangan dan solusi yang diterapkan dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan orang tua, serta observasi di lapangan. Analisis tematik dilakukan untuk mengidentifikasi pola dan tema dalam data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun ada kebijakan yang mendukung, penerapan pendidikan inklusif di Kecamatan Luwuk masih terbatas oleh kurangnya pelatihan guru, fasilitas yang tidak memadai, dan budaya sekolah yang belum sepenuhnya inklusif. Namun, beberapa sekolah berhasil mengembangkan model pengajaran kolaboratif antara guru umum dan guru pendamping, serta mengintegrasikan kurikulum yang lebih fleksibel untuk mendukung keberagaman kebutuhan siswa. Temuan ini menunjukkan pentingnya pelatihan berkelanjutan bagi guru dan penyediaan fasilitas yang ramah disabilitas untuk meningkatkan efektivitas pendidikan inklusif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa meskipun tantangan besar masih ada, model-model pendidikan inklusif yang efektif dapat dikembangkan dengan dukungan yang memadai. Untuk itu, disarankan agar kebijakan dan pelaksanaan pendidikan inklusif lebih difokuskan pada peningkatan kapasitas guru dan penyediaan fasilitas yang lebih baik. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menggali lebih dalam faktor-faktor lain yang memengaruhi keberhasilan pendidikan inklusif, serta menerapkan pendekatan yang lebih luas di berbagai daerah.

Keywords


pendidikan inklusif, model pengelolaan, tantangan, kurikulum inklusif, pelatihan guru

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Apriliani, I., Pahrudin, A., Koderi, K., & Syafril, S. (2024). Management of Inclusive Education: An Implementation. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 112–125. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v5i1.935

Bantali, A., Arjuna, A., Munadia, M., & Sazulhaq, A. (2025). Analisis Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar: Tantangan dan Peluang di Era Digital di Jawa Tengah. ARZUSIN, 5(2), 690–710. https://doi.org/10.58578/arzusin.v5i2.5405

Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101. https://doi.org/10.1191/1478088706qp063oa

Creswell, J. W. (2018). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage Publications, Https://Doi.Org/10.1016/j.Ihe.2015.08.005.

Dempsey, I., & Zeng, S. (2019). Inclusive education for children with disabilities: A resource guide for teachers and practitioners.

Dewi, W. P., Sudadio, & Fadlullah. (2024). The Implementation of Inclusive Education in School Providing Inclusive Education. Formosa Journal of Multidisciplinary Research, 3(7), 2739–2752. https://doi.org/10.55927/fjmr.v3i7.10295

Forlin, C., & Chambers, D. (2011). Teacher preparation for inclusive education: increasing knowledge but raising concerns. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 39(1), 17–32. https://doi.org/10.1080/1359866X.2010.540850

Hernandez, S., Martinez, M., & Garcia, L. (2020). Inclusive education: A global perspective.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2022). Laporan tahunan tentang implementasi pendidikan inklusif di Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kurnaedi, E. P., & Muslih, M. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pendidikan Inklusif. Indonesian Journal of Islamic Elementary Education, 2(2), 58–71. https://doi.org/10.28918/ijiee.v2i2.6265

Makoelle, T. (2014). Pedagogy of Inclusion: A Quest for Inclusive Teaching and Learning. Mediterranean Journal of Social Sciences. https://doi.org/10.5901/mjss.2014.v5n20p1259

Mulyadi, A. W. E. (2017). Policy of Inclusive Education for Education for All in Indonesia. Policy & Governance Review, 1(3), 201. https://doi.org/10.30589/pgr.v1i3.57

Munajah, R., Marini, A., & Sumantri, M. S. (2021). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1183–1190. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.886

Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods: Integrating Theory and Practice. 4th Edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Prasanti, M. I. (2017). STUDI DESKRIPTIF PENGELOLAAN PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Khusus Tugas.

Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2021). Pendidikan inklusif: Memahami kebutuhan siswa dengan disabilitas. P3TK.

Rida Melinda, Ahmad Suriansyah, & Wahdah Refia Refianti. (2024). Pendidikan Inklusif: Tantangan dan Peluang dalam Implementasinya di Indonesia. Harmoni Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 337–343. https://doi.org/10.62383/hardik.v2i1.1096

Sarah, T., & Witarsa, R. (2023). Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi terhadap Keterampilan Menirukan Gerak Hewan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 4(1), 226–233. https://doi.org/10.37985/jer.v4i1.152

Sari, Z. P., Sarofah, R., & Fadli, Y. (2022). The Implementation of Inclusive Education in Indonesia: Challenges and Achievements. Jurnal Public Policy, 8(4), 264. https://doi.org/10.35308/jpp.v8i4.5420

Siti Nawati, Helipa Loren, Piddiyanti, & Opi Andriani. (2024). Fasilitas Yang Sesuai Untuk Anak Yang Ber Kebutuhan Khusus Di Sekolah Inklusi. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa Dan Pendidikan, 4(1), 221–231. https://doi.org/10.55606/cendikia.v4i1.2412

Topping, K., & Maloney, S. (2021). Inclusive education: Theory and practice. SAGE Publications.

Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). SAGE Publications.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i2.2979

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com