TINGKAT PEMAHAMAN AQIDAH ISLAM MAHASISWA PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR

Rosnadi Rosnadi

Abstract


Aqidah merupakan fondasi utama dalam ajaran Islam yang memengaruhi perilaku dan kepribadian seorang Muslim. Bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), pemahaman aqidah sangat penting karena mereka berperan dalam membentuk karakter religius generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat pemahaman aqidah Islam mahasiswa PGSD Universitas Tadulako. Penelitian dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif melalui penyebaran angket secara daring kepada mahasiswa. Indikator pengukuran mencakup pemahaman terhadap konsep aqidah, rukun iman, tingkatan iman, dan sumber aqidah. Data dianalisis menggunakan rata-rata skor dan diklasifikasikan dalam tiga kategori: tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh aspek yang diukur memiliki skor rata-rata di atas 80, yang berarti tingkat pemahaman aqidah mahasiswa berada dalam kategori tinggi. Mahasiswa menunjukkan pemahaman konseptual yang kuat serta mampu menginternalisasi nilai-nilai aqidah dalam kehidupan sehari-hari. Temuan ini menunjukkan bahwa pendidikan aqidah di perguruan tinggi, khususnya di program kependidikan, berperan penting dalam membangun dasar moral dan spiritual calon pendidik. Dengan demikian, penguatan aspek aqidah perlu terus dikembangkan dalam kurikulum pendidikan guru

Keywords


Pemahaman, Aqidah Islam, Mahasiswa

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Adelia, B., Darmayanti, F., Azzahra, P. N., & Maharani, S. S. (2025). Landasan Keimanan dan Keyakinan Muslim. Reflection: Islamic Education Journal, 2(2), 31–41. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.644

Al-Qur’an Qordoba: Al-Qur’an Per Kata Dua Warna Transliterasi Latin. (2017). Cordoba.

Azzahra, H., Lubis, M., & Ashani, S. (2022). Pemahaman Aqidah Islam di Kalangan Kaum Milenial. Jurnal Theosofi Dan Peradaban Islam, 4(1), 12–26. https://doi.org/DOI: 10.51900/alhikmah.v4i1.11971

Busthomi, Y. (2023). Objek Kajian Islam (Akidah, Syariah, Akhlaq). SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 4(1), 70–85. https://doi.org/https://doi.org/10.58401/salimiya.v4i1

Faiza, N. D. A., Angrelia, T., Ahmad, S. N., Sari, R. P., Wismanto, W., & Mayasari, F. (2025). Aqidah dan Etika: Membangun Moralitas di Tengah Perubahan Sosial. Reflection : Islamic Education Journal, 2(1), 32–39. https://doi.org/10.61132

Kahfi, M. A., Abdullah, A., & Nashir, A. (2025). Pemahaman Akidah Islam dan Pengamalan Ibadah Masyarakat di Desa Bonto Masunggu Kabupaten Bone. Hikmah: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam, 2(1), 329–341. https://doi.org/https://doi.org/10.61132/hikmah.v2i1.607

Kamal, N. M., Mutmainnah, N. G., Rosidah, N. I., & Qadafi, R. R. (2023). ISLAM,RADIKALISME DAN TERORISME. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Dan Akuntansi (JISMA), 2(2), 955–966. https://doi.org/https://doi.org/10.59004/jisma.v2i2

Maritsa, M. (2023). Pemahaman Mahasiswa Tentang Aqidah Islam. The Ushuluddin International Student Conference, 347–357.

Nasrullah, Y. M., Wakila, Y. F., & Fatonah, N. (2021). Peneguhan Karakter Islam Peserta Didik Melalui Rukun Iman Dengan Metode 3P (Pemahaman Pengamalan Pembiasaan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 15(2), 484–501. https://doi.org/https://doi.org/10.52434/jpu.v18i2

Ramadhan, A. R. (2022). Penerapan Corak Tafsir Falsafi-Ontologis Terhadap Ayat Ketuhanan Dalam Surah Al-Ikhlas. AL-FANAR Jurnal Ilmu Al-Quran Dan Tafsir, 5(2), 166–175. https://doi.org/10.33511/alfanar.v5n2.166-175

Rambe, S. A. B., Karim, P. A., Munthe, H., Fajar, M., & Wardani, L. (2023). Metode Studi Aqidah dalam Pemikiran Asy’ariyah, Salafi dan Wahabi. AL-ULUM: JURNAL PENDIDIKAN ISLAM, 4(3), 444–464. https://doi.org/10.56114/al-ulum

Siregar, P. D., & Suryani, I. (2025). Akhlak Islami: Landasan Utama Kehidupan Mahasantri di Lingkungan Ma’had Al-Jami’ah Universitas Islam Negeri Sumatare Utara Medan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 9(1), 2246–2253. https://doi.org/10.31004/jptam

Syahrikal, & Nureni. (2025). Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai Religius di SLB Al-Mutthahirah Galesong Selatan Kabupaten Takalar. Jurnal Al – Qiyam, 1(1), 170–178. https://doi.org/10.33648

Tanjung, A. (2023). Memahami Esensi Tauhid Melalui Al-Qur’an. Al-Kauniyah: Jurnal Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 4(2), 87–97. https://doi.org/https://doi.org/10.56874/alkauniyah.v4i2

Wahyuddin. (2022). FENOMENALOGIS KEBERADAAN ALLAH. Jurnal Pendidikan Kreatif, 3(1), 15–20. https://doi.org/Awalan 10.24252 oleh Crossref




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com