PENERAPAN MEDIA KARTU CERITA (KARI) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA PESERTA DIDIK

Yudita Andriesta Latif, Ratnarti Pahrun, Fidyawati Monoarfa

Abstract


Masalah dalam penelitian ini, apakah penerapan media Kartu Cerita (KARI) dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III di SDN 30 Kota selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian bahwa berdasarkan data observasi awal yang dilakukan pada 18 peserta didik kelas III yang hadir, diketahui terdapat 2 orang peserta didik (11%) yang mampu berbicara, data yang diperoleh pada peningkatan kemampuan berbicara peserta didik menggunakan media Kartu Cerita (KARI), sedangkan hasil pengamatan pada siklus I pertemuan pertama kemampuan berbicara meningkat menjadi 2 orang peserta didik atau 4 peserta didik dengan presentase (22%) yang mampu, sedangkan 14 peserta didik dengan presentase (78%) kurang mampu atau tidak mampu. Pada siklus I pertemuan kedua meningkat menjadi 7 orang peserta didik yang mampu dengan presentase (39%), sedangkan 11 peserta didik dengan presentase (61%) kurang mampu atau tidak mampu. Pada siklus II Kata pertemuan pertama kemampuan berbicara menjadi 11 orang peserta didik dengan presentase (61%) yang mampu, sedangkan 7 orang peserta didik dengan presentase (39%) kurang mampu. Pada siklus II pertemuan kedua mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 15 peserta didik dengan presentase (83%) yang mampu, sedangkan 3 peserta didik dengan presentase (17%) kurang mampu. Dengan demikian penerapan media Kartu Cerita dapat meningkatkan kemampuan berbicara peserta didik kelas III di SDN 30 Kota Selatan.

Keywords


Kemampuan berbicara; Media Kartu Cerita (KARI)

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abdullah, J. (2016). Peran Guru dalam Menumbuhkan Sikap Nasionalisme pada Siswa SMP NEGERI 1 Babang Kecamatan Bacan Timur. EDUKASI, 14(2). https://doi.org/10.33387/j.edu.v14i2.190

Ani, A. M. (2018). Penggunaan Media Kartu Gambar Berwarna Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris di Kelas VIII SMP 4 Mataram Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 2(1). https://doi.org/10.58258/jisip.v2i1.246

Ardiawan, I. K. N., & Wiradnyana, I. G. A. (2020). upas Tuntas Penelitian Tindakan Kelas (Teori, Praktik, dan Publikasinya). In Nilacakra (Vol. 1). Nilacakra.

Arikunto, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In Bumi Aksara. Bumi Aksara.

Bahri, H. (2018). Strategi Komunikasi Terhadap Anak Usia Dini. Nuansa, 11(1). https://doi.org/10.29300/nuansa.v11i1.1356

Hi. Karim, K., & Abdullah, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 38 Kota Ternate Melalui Model Pembelajaran Role Play. EDUKASI, 17(2). https://doi.org/10.33387/j.edu.v17i2.1509

Kebudayaan, Ri. (2022). Standar Isi Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Laila, I., & Sodiq, S. (2018). Pengembangan Media Buku Permainan Labirin Fantasi (BUPERLAFA) dalam Pembelajaran Menulis Cerita Fantasi Berbasis Psychowriting Kelas VII SMP. Univesitas Negeri Surabaya.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8

Novriyani, Neni. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Kartu Bercerita terhadap Kemampuan Menulis Fabel Siswa Kelas VII SMP 15 Kabupaten Bengkulu Utara. Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno .

Nur Amalia, Nawawi, & Ibrahim, N. (2022). Pendampingan Pengenalan Kartu (Huruf-Kata-Kalimat) Terintegrasi Aika Melalui Permainan Bahasa. Jurnal Pengabdian Masyarakat Akademisi, 1(3), 64–74. https://doi.org/10.54099/jpma.v1i3.224

Rahayu, M., & Wathon, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Melalui Media Boneka Tangan Pada Anak Kelompok B. Sistim Informasi Manajemen, 3(2), 49–66.

Raslimin, W. O., & Anhusadar, L. (2018). Penerapan Sikap Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Pada Siswa Mtsn I Wakatobi. Zawiyah: Jurnal Pemikiran Islam, 4(1), 115–135.

Sapuan, S., Wahyuni, M., & Masrul, M. (2023). Analisis Keterampilan Berbicara dan Presentasi Siswa Sekolah Dasar Kelas VI pada Pembelajaran Tematik. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 4129–4140. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7257

Setyonegoro, A. (2014). Hakikat, Alasan, dan Tujuan Berbicara (Dasar Pembangun Kemampuan Berbicara Mahasiswa). PENA: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 2(2).

Suarsih, C. (2018). Upaya Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Dengan Menerapkan Metode Show And Tell Pada Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. JPG: Jurnal Penelitian Guru FKIP Universitas Subang, 1(1).

Susanti, T. C., Saputra, H. H., & Setiawan, H. (2021). Pengaruh Metode Artikulasi Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas III SDN 28 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(1), 44–49.

Syihabudin, S. A., & Ratnasari, T. (2020). Model Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Efektif pada Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 21–31. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.26

Wulandari, S. T., & Mukhlishina, I. (2024). Penerapan Media Kartu Kata untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas 3 SDN Tlekung 01. Jurnal Tahsinia, 5(1), 106–114.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com