PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Fenlis Adam, Meyko Panigoro, Yulianti Toralawe, Roy Hasiru, Agil Bahsoan

Abstract


Penggunaan metode atau model pembelajaran yang kurang tepat dan kurang menarik sering membuat proses belajar menjadi monoton. Oleh karena itu, diperlukan variasi model pembelajaran untuk menciptakan suasana kelas yang lebih menyenangkan, sehingga siswa tetap antusias dan tidak cepat merasa bosan saat menerima materi. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan peningkatan keterlibatan siswa dalam mata pelajaran ilmu sosial terpadu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif talking chips. Peneliti bertindak sebagai guru yang memfasilitasi pelajaran, dibantu oleh seorang guru ilmu sosial terpadu sebagai pengamat. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing berlangsung selama dua sesi. Selain itu, setiap siklus melibatkan tahap perencanaan, implementasi, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi pengamatan, lembar pengamatan aktivitas guru, lembar pengamatan aktivitas siswa, dan dokumentasi untuk menilai peningkatan keterlibatan siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlibatan belajar siswa dari kondisi awal hingga siklus I dan II. Pada siklus II, data aktivitas guru dan aktivitas siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan sebesar 80% keterlibatan siswa. Sementara itu, data aktivitas guru pada siklus yang sama menunjukkan persentase 82,8% dan 82,3% untuk aktivitas siswa, hasil ini menunjukkan peningkatan keterlibatan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif talking chips.

Keywords


Keterlibatan Belajar Siswa, Kerjasama Talking Chips

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Alawi, A. B. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Chips Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 3(2), 11–21. https://doi.org/10.15575/ath.v3i2.4204

Darmawan Harefa. (2023). EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. TUNAS : Jurnal Pendidikan Biologi, 4(1), 83–99. https://doi.org/10.57094/tunas.v4i1.1011

Dinova, S. G., & Syamwil, S. (2023). Perbandingan Pembelajaran Kooperatif Talking Chips Dengan Konvensional dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Jurnal Ecogen, 6(2), 244. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14698

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi : Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 7(1), 16–22. https://doi.org/10.56393/kognisi.v2i4.1354

Gustina, R. (2022). Keterampilan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran Di Kelas 4 Sdn 115 Pekanbaru. Jurnal DIDIKA: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 174–183. https://doi.org/10.29408/didika.v8i2.7369

Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Junal Pendidikan Biologi, 4(1).

Marwah Sholihah, & Nurrohmatul Amaliyah. (2022). PERAN GURU DALAM MENERAPKAN METODE DISKUSI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 898–905. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2826

Nurlela, S. I. (2017). PERBANDINGAN LIFE SKILLS YANG MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING CHIPS, TIPE CLASS WIDE PEER TUTORING DAN TIPE GROUP RESUME PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PESAWARAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 9–15.

Purnasari, P. D., & Sadewo, Y. D. (2020). Perbaikan Kualitas Pembelajaran Melalui Pelatihan Pemilihan Model Pembelajaran Dan Pemanfaatan Media Ajar Di Sekolah Dasar Wilayah Perbatasan. Publikasi Pendidikan, 10(2), 125. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13846

Snezhko, Z., Babaskin, D., Vanina, E., Rogulin, R., & Egorova, Z. (2022). Motivation for Mobile Learning: Teacher Engagement and Built-In Mechanisms. International Journal of Interactive Mobile Technologies (IJIM), 16(01), 78–93. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i01.26321

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Rosda Karya.

Tambak, S. (2015). Metode Diskusi dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 1–20. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444

Widayati, A. (2014). PENELITIAN TINDAKAN KELAS Edisi Revisi.

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017a). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Kreativitas. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 32–43.

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017b). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 32. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1660




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i2.2499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com