INTEGRASI MATA PELAJARAN IPA DAN IPS DALAM KURIKULUM MERDEKA DALAM UPAYA PENGUATAN LITERASI SAINS DAN SOSIAL DI SEKOLAH DASAR

Uznul Zakarina, Avelya Deysi Ramadya, Rahmawati Sudai, Agusrianto Pattipeillohi

Abstract


Kurikulum pendidikan telah mengalami evolusi, khususnya dengan pengenalan Kurikulum Merdeka pada tahun 2020, sebagai upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan efektivitas sistem pendidikan sesuai dengan tuntutan zaman. Salah satu aspek utama dari perubahan ini adalah penggabungan mata pelajaran IPA dan IPS menjadi IPAS di Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengidentifikasi strategi yang efektif dalam mengintegrasikan mata pelajaran IPA dan IPS dalam kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilakukan di di SDN 1, SDN 11 dan SDN 16 Kwandang Kabupaten Gorontalo Utara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam proses pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS yaitu menggunakan pendekatan interdisipliner dalam bahan ajar dengan memperhatikan konsep pembelejaran berdiferensiasi. Dalam proses pengintegrasian mata pelajaran IPA dan IPS bisa dilakukan proses pembelajara berbasis proyek dan pembelajaran kegiatan lapangan (karyawisata). Selain itu juga bahwa cara mengintegrasikan kedua mata pelajaran tesebut dengan pembelajaran berbasis pendekatan cerita atau narasi terkait dengan kisah-kisah menarik. Agar siswa memahami implikasi dari tindakan mereka terhadap lingkungan dan mendorong mereka untuk bertindak secara bertanggung jawab

Keywords


Integrasi mata pelajaran, penguatan literasi sains dan sosial

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525

Budiman, I. A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Lingkungan Terhadap Peningkatan Keseimbangan Dinamis Siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 933–942).

Daga, A. T. (2021). Makna Merdeka Belajar dan Penguatan Peran Guru di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1075–1090. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1279

Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243

Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. Https://Ditpsd.Kemdikbud.Go.Id/Artikel/Detail/Hal-Hal-Esensial-Kurikulum-Merdeka-Di-Jenjang-Sd#.

Pakaya, I., & Hakeu, F. (2023). Peran Tri Pusat Pendidikan KI Hajar Dewantoro Dalam Transformasi Kurikulum Merdeka. PEDAGOGIKA, 14(2), 172–180. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v14i2.2740

Rochsantiningsih, D. , S. E. and H. A. (2020). Rekonstruksi Kurikulum Berbasis Kompetensi Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0’. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(4), 448–457.

Septiana, N. A., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi Ips Dalam Pembelajaran Ipas Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1). http://jurnal.stahnmpukuturan.ac.id/index.php/pgsd/index

Sidiq, U., Choiri, Moh. M., & Mujahidin, A. (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. In CV. Nata Karya. CV. Nata Kaya.

Solissa, E. M., Rakhmawati, E., Maulinda, R., Syamsuri, S., & Putri, I. D. A. (2024). Analisis Implementasi Metode Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Prestasi Belajar di Sekolah Dasar. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 558. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3284

Suhandi, A. M., & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru: Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4), 5936–5945. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3172

Suhelayanti, Z Syamsiah, Ima Rahmawati, Wiwin Rewini Kunusa, Nita Suleman, Hadi Nasbey, Julhim S Tangio, & Dewi Anzelina. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). In Yayasan Kita Menulis.

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com