MENINGKATKAN KEMAMPUAN TEKNIK DRIBBLING KAKI BAGIAN LUAR DENGAN MENGGUNAKAN METODE GROUP INVESTIGATION (GI)

Mohamad Indrawan Suleman, Hariadi Said, Ella Tumaloto

Abstract


Rendahnya pengetahuan dan keterampilan murid dalam melakukan teknik dasar meggiring (dribbling) lebih khusus menggunakan kaki bagian luar sehingga perlu dilakukannya upaya peningkatan keterampilan tersebut. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa baik keterampilan dribbling kaki bagian luar pada murid kelas VII-3 SMP Negeri 8 Gorontalo. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian Tindakan kelas dengan tahapan 2 siklus. Berdasarkan data yang telah diperoleh pada penelitian tindakan kelas dengan model pembelajaran Group Investigation sebagai metode pembelajaran pada permainan sepak bola dimata pelajaran penjas yang dilaksanakan dengan dua siklus, ternyata keterampilan murid mengalami peningkatan yang signifikan. Digambarkan pada tahap observasi awal hasil belajar dribbling pada murid kelas VII-3 SMP Negeri 8 Gorontalo meningkat dari 55,39 pada kondisi awal menjadi 67,73 pada akhir siklus I kemudian dilanjutkan ke siklus II dan mengalami peningkatan menjadi 81,84 pada akhir siklus II. Dengan demikian ini membuktikan bahwa dengan menggunakan metode Group Investigation dalam pembelajaran mempunyai pengaruh dalam meningkatkan hasil belajar dribbling kaki bagian luar pada materi sepak bola.

Keywords


meningkatkan, dribbling, kaki bagian luar, permainan sepak bola, metode group investigation.

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abdullah, F., Tumaloto, E. H., Kabila, M., & Bola, P. S. (2024). PENGARUH LATIHAN RESISTANCE BAND TERHADAP SHOOTING DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA PADA. 7, 4011–4018.

Aditya, R., Nugroho, A., Hasil, P., & Menggiring, B. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Menggiring Bola Pada Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah, 7(2), 75–78.

Arjuna, F. (2019). Gambaran Komponen Fisik Predominan (Komponen Fisik Dasar) Pelatih Sso Real Madrid Fik Uny Tahun 2016. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 2(1), 47. https://doi.org/10.26418/jilo.v2i1.32627

Hambali, S. (2019). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN BOLAVOLI. Jurnal Pendidikan Olahraga, 7(2), 167. https://doi.org/10.31571/jpo.v7i2.1172

Kristania, M. (2017). Pengaruh Kemampuan Berpikir Kreatif dan Positif terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1), 57. https://doi.org/10.30998/jkpm.v2i1.1895

Mardius, A., Siswara, M. R., Erianti, E., Astuti, Y., Rosmawati, R., & Riswar, J. (2020). Efektifitas Latihan Elementer Dalam Mengembangkan Kemampuan Dribbling Sepakbola. Visipena, 11(2), 295–303. https://doi.org/10.46244/visipena.v11i2.1080

Nasution, A. (2018). Survei Teknik Dasar Berman Sepak Bola pada Siswa Smkt Somba Opu Kabupaten Gowa. Ilmu Keolahrgaan, 1(1), 1–10.

Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation ( GI ) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. 1(2), 84–93

.

Qohhar, W., & Pazriansyah, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teaching Games For Understanding (TGFU) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Teknik Dasar Sepakbola. Physical Activity Journal, 1(1), 27. https://doi.org/10.20884/1.paju.2019.1.1.1998

Rahayu, I. P., Setiani, R., & Nuswantari, M. R. (2016). PENGARUH KEPERCAYAAN DIRI DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 POGALAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. INSPIRASI (JURNAL ILMU-ILMU SOSIAL), 13(3).

Sumertha, I. G. (2023). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PPKN. Jurnal Nalar : Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 26–35. https://doi.org/10.52232/jnalar.v2i1.25

Tuna, S., Pomatahu, A. R., Tumaloto, E. H., & Kadir, S. S., & Ilham, A. (2023). Survei Perkembangan Permainan Sepak Bola Pada Club Samudra Fc Di Kecamatan Tolinggula. Jambura Arena of Physical Education and Sports, 2, 54–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com