IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Adib, M. Afiqul. 2022. “Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Surat Al-Alaq Ayat 1-5 Dalam Pembelajaran Agama Islam.” Islamic Review: Jurnal Riset dan Kajian Keislaman 11(1): 1–18. https://journal.ipmafa.ac.id/index.php/islamicreview/article/view/351.
Asmarani, Ayu, Sukarno, and Minnah El Widdah. 2021. “The Relationship of Professional Competence with Teacher Work Productivity in Madrasah Aliyah.” Nidhomul Haq : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 6(2): 220–35.
Astuti, Hana Putri Puji, Sulanam Sulanam, and Rika Andayani. 2022. “Pengelolaan Kurikulum Dalam Peningkatan Kualitas Pendidikan Di Smp Wachid Hasjim 9 Sedati Sidoarjo.” Jurnal Administrasi Pendidikan Islam 4(1): 98–113. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/JAPI/article/view/1722.
Burhan, Fahmi Ahmad. 2022. “Nadiem Pamerkan Program Merdeka Belajar Ke Negara-Negara G20 Hari Ini.” Dkatadata.co.id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/628497e3cd4fe/nadiem-pamerkan-program-merdeka-belajar-ke-negara-negara-g20-hari-ini (October 20, 2022).
Dedi Lazuardi. 2017. “Manajemen Kurikulum Sebagai Pengembangan Tujuan Pendidikan.” Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam 7(1): 99–112. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/idaroh/article/view/1112.
Depdiknas. 2003. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/43920/uu-no-20-tahun-2003.
Di, Didik, and Sekolah Dasar. 2023. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Peserta Didik Di Sekolah Dasar.” 17(1): 242–52.
Ditchburn, Geraldine. 2015. “The Australian Curriculum: History – the Challenges of a Thin Curriculum?” Discourse: Studies in the Cultural Politics of Education 36(1): 27–41. https://doi.org/10.1080/01596306.2013.829657.
Handayani, Ni Nyoman Lisna. 2023. “Peningkatan Literasi Digital Dan Karakter Peserta Didik Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka.” Lampuhyang 14(2): 144–59. https://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/view/354.
Hattarina, Shofia, and Universitas Panca Marga. 2022. “Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan.” 1: 181–92.
Hidayah, Fitri, Shevia Dwi Diantari, and Ruben Diaz Prasietyawan. 2023. “Analisis Kesiapan Guru Dalam Menerapkan Media Pembelajaran Kurikulum Merdeka Di Smpn 28 Surabaya.” Alsys Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan 3(6): 600–613.
Machali, Imam. 2014. “Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 Dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045.” Jurnal Pendidikan Islam 3(1): 71. https://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/JPI/article/view/1158.
Meliani, Fitri et al. 2021. “Manajemen Digitalisasi Kurikulum Di SMP Islam Cendekia Cianjur.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 4(7): 653–63.
Mislahah. 2022. “Penggunaan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kreativitas Pengajaran Guru PAI.” Uniqbu Journal of Social Sciences (UJSS) 3(2): 2022. https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/autism-spectrum-disorders.
Moch. Sya’roni Hasan. 2017. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Terpadu Di Sekolah.” Jurnal Al-Ibrah 2(1): 60–87. http://ejournal.stital.ac.id/index.php/alibrah/article/view/23.
Peraturan Pemerintah RI. 2005. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” : 50.
Permatasari, Maharani Novia, and Kusnul Khotimah. 2023. “Maksimalisasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Kurikulum Di MTs Al-Hikmah Lamongan.” Journal on Education 05(02): 4654–63.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Asep Herry Hernawan, and Prihantini Prihantini. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Penggerak.” Jurnal Basicedu 6(4): 6313–19. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/3237.
Rahayu, Restu, Rita Rosita, Yayu Sri Rahayuningsih, Herry Hernawan, and Prihatini. 2022. “Jurnal Basicedu.” Jurnal basicedu 6(4): 6313–19. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1230.
Rahman, Taufik. 2021. “Model Penjaminan Mutu Kegiatan Belajar Mengajar (Kbm) Berkarakter Di Sekolah Binaan Dengan Kolaborasi Dalam Penyusunan Media Pembelajaran Melalui Pendekatan Grow-Me.” Jurnal Pembelajaran dan Pendidik 1(2).
Rahmawati, Aeni. 2021. Manajemen Kurikulum. Cetakan 1. ed. Ummu Fawwaz. Jawa Barat: LovRinz Publishing. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=RT9cEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PR1&dq=Pendidik+atau+guru+yang+berperan+penting+dalam+pengembangan+kurikulum+didalam+kelasnya,+yang+akan+menterjemahkan,+menjabarkan,+dan+mentransformasikan+nilai-nilai+yang+terdapat+dal (October 4, 2022).
Rambung, Olan Sulistia, Yosinta Banne Puang, and Silva Salenda. 2023. “Transformasi Kebijakan Pendidikan Melalui Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar.” 1(3): 598–612.
Ritonga, Asnil Aidah, Yudha Wijaya Lubis, Siti Masitha, and Chichi Paramita. 2022. “Program Sekolah Penggerak Sebagai Inovasi Meningkatkan Kualitas Pendidikan Di SD Negeri 104267 Pegajahan.” Jurnal Pendidikan 31(2): 195–206. http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/jp%0AProgram.
Rukajat, Ajat. 2018. Pendekatan Penelitian Kualitatif (Qualitative Research Approach). 1st ed. Yogyakarta: CV Budi Utama. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=qy1qDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA21&dq=Ajat+Rukajat,+Pendekatan+Penelitian+Kualitatif+(Qualitative+Research+Approach),&ots=88DmvtK2HP&sig=TafaHiKmErNXQ4qxaVmgU-8YfnQ&redir_esc=y#v=onepage&q=Ajat Rukajat%2C Pendekatan (October 21, 2022).
Sanjaya, Wina; 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Ed. 1, Cet. Jakarta: Prenada Media. //senayan.iain-palangkaraya.ac.id/index.php?p=show_detail&id=4903&keywords= (October 4, 2022).
Santi, Yulia, Ety Mukhlesi Yeni, and Riandi Marisa. 2023. “Analisis Implementasi Hubungan Sekolah Dengan Wali Murid Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di Sekolah Penggerak Dan Materi Pelajaran , Tetapi Juga Melibatkan Lingkungan Belajar Secara Belajar Yang Mencakup Pula Hubungan Sekolah Dengan Masyarakat . Dalam Deng.” 1(2): 83–96.
Sari, Ifit Novita et al. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. 1st ed. ed. Hayat. Malang: Unisma Press. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=iCZlEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA177&dq=Pendekatan+dalam+penelitiam+ini+menggunakan+pendekatan+deskriptif.+Penelitian+deskriptif+merupakan+penelitian+yang+banyak+digunakan+dalam+dunia+pendidikan+terutama+dalam+bidang+ (October 21, 2022).
Setyaningsih, Dwi. 2022. “Implementasi Manajemen Strategi Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Pedagogika: 24–34.
Sista, Taufik Rizki. 2017. “Implementasi Manajemen Kurikulum Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan.” Jurnal Pendidikan Islam 01(01): 28–45. https://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/educan/article/view/1288.
Susilowati, Evi. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam.” Al-Miskawaih: Journal of Science Education 1(1): 115–32. https://journal.centrism.or.id/index.php/mijose/article/view/85.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i2.2252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |