PENGARUH PENGUNAAN SISTEM INFORMASI AKADEMIK TERPADU (SIAT) TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR MAHASISWA

Nur Sagita Pakaya, Agil Bahson, Melizubaida Mahmud

Abstract


Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan SIAT Terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo Angkatan 2019.  Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode penelitian Survei. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Jumlah Penarikan Sampel dalam penelitian ini sebesar 35 responden. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat Pengaruh Penggunaan SIAT terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Angkatan 2019. Besaran pengaruh Sistem Informasi Terpadu (SIAT) terhadap Aktivitas Belajar Mahasiswa 32,7% sedangkan sisanya sebesar 67,3% dipengaruhi oleh variabel yang tidak diteliti.


Keywords


Sistem Informasi Terpadu (SIAT), Aktivitas Belajar Mahasiswa

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Among, Guru. (2020). Pembelajaran Daring dan Luring, Pengertian, Ciri-ciri, Serta Perbedaanya.dikutip 20 September 2021 Jam. 19.00 wib.

Fitriyani, Y., Fauzi, I., & Sari, M. Z. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran.

Hamalik, Oemar. (2017). “Proses Belajar Mengajar”. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hanum, N. S. (2013). Keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi.

Imadudin, Mohamad. 2018. Membuat Kelas Online Berbasis Android dengan Google Classroom. Garudhawaca : Yogyakarta.

Mujibul, M., & Hakim, R. F. (2019). Analisis Kinerja Karyawan Studi Kasus PT. Reycom Dokumen Solusi. Jurnal Dinamika Ekonomi Dan Bisnis, 16(1), 1–16.

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan.

Mulyapradana, A. (2017). Upaya Peningkatan Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Pada Kantor Kecamatan Pekalongan Timur. Widya Cipta - Jurnal Sekretari Dan Manajemen.

Mulyapradana, A., Anjarini, A. D., & Harnoto, H. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Tempo Cabang Tegal. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah).

Naserly, M. K. (2020). Implementasi Zoom, Google Classroom, Dan Whatsapp Group Dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris Lanjut. Jurnal AksaraPublic, 4(2), 155–165.

Sardiman. (2017). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Setiawan, S., & Mulyapradana, A. (2018). Peran

Work Motivation Sebagai Variabel Intervening Pengaruh Reward Instrinsik, Supervision Of Work & Satisfacation Of Compensation Terhadap Employee Performance. Jesya (Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah).

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan, V(2), 117–133.

Depdiknas. 2003. Undang-undang RI No. 20 tahun 2003. Tentang sistem pendidikan nasional.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Syafril dan Zelhendri Zen. 2017. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Depok: Prenada. Media Group.

Purwanto. (2020). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com