PENGGUNAAN METODE INFORMATION SEARCH MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN DAN HADITS PADA MASA PANDEMI

Erniwati LA ABUTE, HASRAT A AIMANG

Abstract


Pembelajran daring adalah pembelajaran yang menggunakan media internet tanpa ada batasan ruang dan waktu dalam menjalankan proses pembelajran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuai penggunaan metode information search melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits yang dilakukan pada masa pandemic di MTs Midarul Ulum DDI Kilongan. Penelitian ini diklasifikasi sebagai penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode information search saat pembelajaran daring di mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits bisa diterapkan ditengah-tengah problematika pembelajran saat ini dengan keadaan Indonesia yang terdampak Covid-19. Hasil diskusi yang ditemukan melalui wawancara dengan guru mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits yaitu Bapak Ambo Uleng, beliau menuturkan bahwa disaat masa pandemi Covid-19 seperti ini pembelajran yang dilakukan melalui daring pada mata pelajaran Al-Qur’an dan Hadits tetap bisa berjalan hanya saja dengan kesulitan dalam evaluasi praktek baca tulis Al-Qur’an yang memperhatikan bacaan yang baik dan benar

Keywords


Al-Qur’an, Hadits, information search, pembelajran daring.

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Ahmad Daud, 2020 “Strategi Guru Mengajar Di Era Milenial”, Vol. 17 No. 1 Januari-Juni 2020

Ari Zaid, 2014“Penerapan Metode Information Search dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII”, Jakarta.

Gunawan, Ni Made Yeni Suranti, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. IndonesianJournal of Teacher Education, 1(2), 61–70.

Nur Laela Dewi, Ahmad Izza Muttaqin, A. M. (2019). Implementasi Strategi Information Searchdengan Memaksimalkan Penggunaan Smartphonedalam Pembelajaran Pai Kelas X Mipa 1 Di Sma Negeri1 Genteng Tahun Pelajaran 2018/2019. Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Budi Santoso, P., Mayesti Wijayanti, L., Chi Hyun, C., & Setyowati Putri, R. (2020). Universitas Muhammadiyah Enrekang Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Edupsycouns Journal, 2, 1–12.

Suryani, N., Musahrain, & Suharno. (2017). Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Prosiding Seminar Pendidikan Nasional. Prosiding Seminar Pendidikan Nasional, 125–131.

Sapuadi dan Yana Sari, 2019” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-B MTs Darul Amin Palangka Raya pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Information Search”, Sapuadi, Journal of Classroom Action Research.

Sapuadi dan Yana Sari, 2019” Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII-B MTs Darul Amin Palangka Raya pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Melalui Metode Information Search”, Sapuadi, Journal of Classroom Action Research.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v1i2.1106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com