KESALAHAN PENULISAN EJAAN PADA KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TELAGA, GORONTALO

Ersayanti Ersayanti, Muslimin Muslimin, Sitti Rachmi Masie

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan penulisan ejaan pada karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga, Gorontalo. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan huruf kapital pada karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga, Gorontalo, (2) Bagaimanakah bentuk kesalahan penulisan tanda baca pada karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga, Gorontalo. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penulisan huruf kapital pada karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga, Gorontalo dan mendeskripsikan kesalahan penulisan tanda baca pada karangan persuasi siswa kelas VIII SMP Negeri 1 telaga, Gorontalo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa kesalahan penulisan ejaan masih banyak dilakukan oleh siswa saat menulis karangan persuasi. Adapun kesalahan yang dilakukan adalah 1) kesalahan penulisan huruf kapital dan 2) kesalahan penulisan tanda baca. Kesalahan tersebut dikarenakan siswa kurang memahami kaidah dalam penulisan dan penggunaan ejaan yang tepat.

 


Keywords


Kesalahan Penulisan, Ejaan, Karangan Persuasi.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2010. Kesantunan Berbahasa. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2015. Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan dan Pedoman Umum Pembentukan Istilah. Bandung: Yrana Widya.

Suyitno dan Ngatmini. 2018. Pengantar Praktis Bahasa Indonesia. Cetakan ke-2. Yogyakarta: Magnum Pustaka Utama.

Sugiyono, 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i2.950

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi