Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Menulis Surat Dinas pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Dulupi Tahun Pelajaran 2020/2021

Nurfadhillah Abbas, Supriyadi Supriyadi, Munkizul Umam Kau

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap hasil belajar menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi. . Penelitian ini dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi semester genap tahun ajaran 2020/2021.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi.Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Pengumpulan data  dilakukan dengan menggunakan instrumen tes hasil belajar menulis surat dinas yaitu tes objektif yang berbentuk pilihan ganda. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa menulis surat dinas  kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi. Berdasarkan pengujian hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai  yaitu  yang artinya menolak H0 dan menerima H1, sehingga terdapat pengaruh model pembelajaranproblem based learning terhadap hasil belajar menulis surat dinas pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dulupi.


Keywords


Model ;Problem Based Learnin; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Remaja Rosdakarya:Bandung.

Kunandar. 2014. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Sanjaya.Wina.2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta: Kencana.

Sunhaji.2014. Konsep Manajemen Kelas dan Implikasinya dalam Pembelajaran.Jurnal Kependidikan, Vol. II.No. 2.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar.Jakarta: Prenada Media Group.

Sitiulwiyah & Laode Baisu. 2018. Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VII A SMPN 19 Palu. Jurnal Bahasa dan Sastra Vol.13. No.6

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya.Jakarta: PT RINEKA CIPTA.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i2.908

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi