Pengunaan Bahasa Guru dan Siswa dalam Proses Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas X MA Alkhairaat Ampana

Marlina Samaot, Fatmah Umar, Sitti Rachmi Masie

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk medeskripsikan  penggunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X, adanya perbedaan kultur budaya dan dialek bahasa yang berbeda, serta kurangnya penguasaan pengunaan bahasa Indonsia yang baik dan benar. Dengan melihat pilihan kata, makna kata, faktor penyebab pengunaan bahasa guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkairaat Ampana. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata guru dan siswa dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana. Metode  pengumpulan data yang digunakan yaitu, metode rekam, metode simak tak libat cakap, metode catat. Data dianalisis dengan mengunakan analisis deskriptif kualitatif yang menjabarkan pengunaan bahasa guru dan guru dan siswa dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan pada proses pembelajaran bahasa Indonesia di kelas X MA Alkhairaat Ampana sebagai berikut. (1) Pilihan kata yang digunakan oleh guru dan siswa dalam proses pembelajaran  mengunakan bahasa Indonesia pada umumnya yang dapat dimengerti, namun masih banyak pengunaan atau penempatan bahasa Indonesia yang kurang tepat. (2) Makna kata yang dipilih oleh guru dan siswa dapat dimengerti (3) Faktor penyebab pengunaan bahasa oleh guru dan siswa adalah lingkungan dari siswa dan gurunya, lingkungan keluarga dari masing-masing siswa yang dalam setiap hari di rumah mengunakan bahasa daerah masing-masing.Simpulan  dari penelitian ini adalah pilihan kata yang masih kurang tepat, makna kata yang dapat dimengeri dan faktor penyebab yaitu kurang menguasai kosa kata bahasa Indonesia.


Keywords


Pengunaan; Bahasa; Guru; dan Siswa; Proses; Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. (2014). Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nani Handayani.dkk, (2017). Interaksi Guru-Peserta Didik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Analisis Wacana Kritis. Jurnal Bahasa dan Sastra, Volume 18, Nomor 1, Desember (2017).

Oktavia, Wahyu . (2019). Semantik Ragam Makna Pada Judul Film Azab Di Indosiar. Jurnal CARAKA. Vol.5 No.2.

Suryabrata, Sumadi. (2014). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Satori Djam’an Dan Khorarima Aan. (2013) Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta

Sarwoko, Tri Adi. (2010). Inilah Bahasa Indonesia Jurnalistik. Yogyakarta: Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i2.905

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi