Retorika Pembawa Acara Indonesia Lawyers Club di TV One

Ainun Yakin M. Rizal, Dakia N. Djou, Rahmatan Idul

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan retorika, diksi, dan gaya bahasa pembawa acara Indonesia lawyers club di TV One. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kata-kata dan kalimat yang memuat retorika, diksi, dan gaya bahasa yang digunakan oleh pembawa acara. Sumber data dalam penelitian ini ialah bahasa lisan Karni Ilyas yang diperoleh melalui rekaman video acara ILC. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi, teknik rekam, simak dan catat. Hasil penelitian pertama, menunjukkan bahwa retorika yang paling dominan digunakan oleh pembawa acara ILC adalah retorika persuasif. Kedua, diksi yang digunakan oleh pembawa acara ILC terdiri dari diksi denotasi, diksi konotasi, diksi umum, diksi khusus, diksi populer dan diksi ilmiah. Ketiga, gaya bahasa yang digunakan oleh pembawa acara ILC terdiri dari gaya bahasa metafora, gaya bahasa klimaks, gaya bahasa anti-klimaks, gaya bahasa paralelisme, gaya bahasa antitesis, gaya bahasa hiperbola, gaya bahasa ironi, dan gaya bahasa repetisi. Penggunaan retorika persuasif oleh Karni Ilyas bertujuan menarik minat atau memengaruhi psikologis seseorang dengan memberikan bukti-bukti berdasarkan fakta dalam setiap konteks kalimatnya.

 


Keywords


Retorika; Pembawa Acara; Indonesia Lawyers Club (ILC)

Full Text:

PDF

References


Damayanti, Sarah. (2019). Belajar Menjadi MC: Panduan Lengkap Belajar Menjadi MC Sampai Mahir. Jakarta: Zomato Creative.

Keraf, Gorys. (2010). Argumentasi dan Narasi Komposisi Lanjutan III. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. (2010). Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Muhammad. (2011). Metode Penelitian Bahasa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Publishing.

Siswono. (2014). Teori dan Praktik (Diksi, Gaya Bahasa, dan Pencitraan). Yogyakarta: Deepublish.

Wicaksono, dkk. (2016). Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v1i2.903

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi