KOMPONEN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR

Aisyah Zahira, Rahma Ashari Hamzah, Rizkyanti Putri, Nabila Hikaya, Nur Anugrah Safar, Ahmad Farid Wajdi

Abstract


Kajian ini menelusuri secara komprehensif komponen-komponen utama dalam sistem pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar, mencakup aspek tujuan, peserta didik, peran guru, materi, metode, media, serta evaluasi. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimana keterpaduan setiap elemen tersebut dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif, bermakna, dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan hasil analisis literatur, diperoleh pemahaman bahwa keberhasilan pembelajaran ditentukan oleh hubungan sinergis antara guru yang kreatif dan inovatif sebagai fasilitator, materi pembelajaran yang relevan dengan konteks kehidupan siswa, serta penggunaan metode dan media yang bervariasi. Selain itu, sistem evaluasi yang berkesinambungan juga menjadi faktor penting dalam menilai perkembangan kemampuan siswa secara menyeluruh. Pembelajaran Bahasa Indonesia tidak hanya bertujuan untuk menguasai aspek kebahasaan, tetapi juga untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis, komunikasi, literasi, dan kreativitas. Oleh karena itu, guru diharapkan menerapkan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa serta memanfaatkan teknologi digital guna menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menarik. Dengan penerapan prinsip-prinsip tersebut, pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk peserta didik yang cerdas, adaptif, dan berdaya saing.


Keywords


Pembelajaran Bahasa Indonesia, Komponen Pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Agustina, N. laras. (2022). Strategi Pembelajaran Mata Kata Inspirasi Kabupaten Bantul. 1–9.

Akhmad, sudrajat. (2023). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik, Taktik, dan Model Pembelajaran. Pengertian Pendekatan,Strategi,Metode,Teknik,Taktik Dan Model Pembelajaran, 1, 2–3.

Amanda, Y., & Albina, M. (2024). Analisis Tujuan Pembelajaran. Journal of Islamic Studies, 1, 106–112.

Decenni Amelia. (2024). Pengembangan Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. In Jurnal Keperawatan Malang (Vol. 1, Issue 1).

Eva, K. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. 167–186.

Ida Bagus Made, Budiasa, D. (2023). Ragam Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SD. 6, 593–604.

Indonesia, S., Pendidikan, D. I., Indonesia, S., & Pendidikan, D. I. (2001). Materi pembelajaran bahasa dan sastra indonesia di pendidikan dasar. (Issue 0370).

Madani, A. (2023). Strategi Mengoptimalkan Komponen Pembelajaran Untuk Mencapai Tujuan Pembelajaran. 1(3), 1–16.

Mubin, M., & Aryanto, S. J. (2024). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(03), 554–559. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i03.3429

Nesi, A., & Haryanto, M. (n.d.). Evaluasi Kompetensi Guru Bahasa Indonesia Berbasis APKG : Studi Kasus Tayangan Video Youtube. 8–19.

Review, J., Dasar, P., Pendidikan, J. K., Penelitian, H., & Accepted, R. R. (2023). METODE PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA YANG INOVATIF TINGKAT SEKOLAH DASAR DENGAN TEORI BELAJAR SIBERNETIKA. 9(2), 117–122.

Ristiantita, M., Sari, A. Y., Azahra, N. A., Winarsih, I. O., Alkhoiri, M. F., Mubarak, M. F., & Mayarni, M. (2024). Analisis Strategi dan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar Kelas 5. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 11. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.290

Shidiq, A. S., Suparman, A. R., & Kasim, V. V. S. S. D. Y. W. O. H. H. (2024). Microteaching Microteaching. In Get Press Indonesia (Issue June).

Suhartono, Moh Salimi, D. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia (Konsep, Model, dan Perencanaan Pembelajarannya). 167–186.

Tri Indah Kusumawati. (2022). Berbagai Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA (Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia), 2(Berbagai Strategi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia), 138–148.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v5i2.3006

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi

 

Indexed in: