Penerapan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking, Creativity) pada kurikulum merdeka di tingkat SMA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adlini, Miza Nina., Dinda, Anisya Hanifa., et al. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul Jurnal Pendidikan, 6(1), 974-980. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/25/21
Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 528– 535. https://doi.org/10.47709/educend ikia.v2i3.1895
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kompetensi 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking Dan Creative Thinking) Untuk Menyongsong Era Abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika Dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 5(3), 461–482. https://doi.org/10.1007/s10763- 006-9048-5
Batu Bara, Abdul Karim. (2012). Membangun Kreativitas Pustakawan di Perpustakaan. Jurnal Iqra’, 6(2), 40-51. http://repository.uinsu.ac.id/768/1/vol.06no.02%20%286%29.pdf
Farhana, Ika. (2023). Merdekakan Pikiran Dengan Kurikulum Merdeka; Memahami Konsep hingga Penulisan Praktik Baik Pembelajaran di Kelas. Bogor: Penerbit Lindan Bestari.
Hasanuddin, dkk. (2023). Perencanaan Pembelajaran (Kurikulum Merdeka Belajar). Banten: Penerbit PT Sada Kurnia Pustaka.
Jazil, Saiful. (2023). Pembentukan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka. Sumatra Barat: Cv Azka Pustaka.
Labundasari, Erna. dkk. (2023). Kurikulum Merdeka Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: Penerbit Indonesia Emas Group
Lelasari, Maharani., Setyosari, Punaji. & Ulfa, Saida. (2017). Pemanfaatan Social Learning Network Dalam MendukunKeterampilan Kolaborasi Siswa. Prosiding TEP & PDs. 3(2), 167-172. https://core.ac.uk/download/267023790.pdf
Maryanti, Silya., Zikra. & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara Keterampilan Komunikasi dengan Aktivitas Belajar Siswa. Konselor. 1(2). https://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor/article/view/700/594
Mulyasa. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Pengerak Merdeka Belajar. Jakarta Timur: Bumi Aksara.
Oktavia, Fenny. (2016). Upaya Komunikasi Interpersonal Kepala Desa Dalam Memediasi Kepentingan PT. Bukit Borneo Sejahtera Dengan Masyarakat Desa Long Lunuk. Dunia Komunikasi: Jurnal Ilmu Komunikasi Universitas Mulawarman. 4(1), 239-253. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/?p=2381
Purwono. (2008). Studi Kepustakaan. Jurnal Persadha, 6 (2). https://e-journal.usd.ac.id/index.php/Info_Persadha/article/view/25/21
Redhana, I Wayan. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. 13(1), 2239-2253. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/JIPK/article/view/17824/8934
Sholikha, S. N., & Fitrayati, D. (2021). Integrasi Keterampilan 4C dalam Buku Teks Ekonomi SMA/MA. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2402–2418. https://edukatif.org/index.php/edu katif/article/view/823.
Sihotang, Kasdin. (2018). Berpikir Kritis Kecakapan Hidup di Era Digital. Yogyakarta: Kansius
Silviani, Irene. (2020). Komunikasi Organisasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Suparni. (2016). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Menggunakan Bahan Ajar Berbasis Integrasi Interkoneksi. Jurnal Derivat. 3(2), 40-58. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/716
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Innovation Skills untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Conference, October 2018, 1–18.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v3i2.2285
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Dipublikasikan oleh:
Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi |