Kemampuan Menyusun Teks Narasi pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Tahun Pelajaran 2020/2021

Andika Wahab Hasan, Salam Salam, Asna Ntelu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menulis teks narasi. Selain itu, penelitian kuantitatif deskriptif ini mengumpulkan data dengan menggunakan tes kemampuan dalam tes tertulis dan teknik dokumentasi. Selanjutnya populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Dungaliyo Tahun Pelajaran 2020-2021. Namun, hanya 20 siswa (sembilan laki-laki dan sepuluh perempuan) yang dijadikan sampel.

          Berdasarkan analisis data, kemampuan siswa dalam menulis teks narasi dilihat dari strukturnya berada pada kategori kurang baik (58,33%). Aspek isi teks berada pada kategori sedang (58,33%). Sedangkan kemampuan siswa menulis teks narasi berdasarkan unsur kebahasaan: aspek kosa kata dan ejaan termasuk dalam kategori kurang (70,83% dan 75%).

          Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis teks narasi siswa kelas VII  berada pada kategori kurang (46,54%).

 

 


Keywords


kemampuan; menulis; teks narasi; siswa

Full Text:

PDF

References


Keraf, Gorys. 1982. Argumentasi dan Narasi, Jakarta : PT. Gramedia

Mulyasa, E. 2008. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Bandung : PT. Rosdakarya

Nikma P.S. Ningsi. Kemampuan Menulis Karangan Narasi Melalui Media Animasi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 07 Palopo.

Rahmat Buloyo 2013 Kemampuan Menyusun Karangan Argumentasi Oleh Sisswa Kelas XI SMK Negeri 4 Gorontalo tahun pelajaran 2012/2013, Gorontalo; UNG

Semi, M. Atar. 1990. Menulis Efektif. Angkasa Raya. Padang

Badudu.1984. Ejaan Bahasa Indonesia. CV Pustaka. Bandung

Jauhari, Heri.2010. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia

Pateda, Mansoer. 1995. Kosakata dan Pengajarannya. Nusa Indah. Flores NTT

Permendikbud Nomor 60 Tahun 2014. Tentang Kurikulum 2013

Soedjito, 1992. Kosakata Bahasa Indonesia. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tuloli, Nani. 2021. Metodologi Penelitian Bahasa Indonesia. Gorontalo: FSB




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/rjppbi.v2i1.1027

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh: 

 Prodi Magister Pendidikan Bahasa Indonesia, Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo, Jln. Jend. Sudirman No. 6 Kota Gorontalo, email: reduplikasijournal@gmail.com, laman: http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Reduplikasi