PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI MEDIA DIGITAL:TANTANGAN DAN PELUANG DI ERA GENERASI ALPHA

Desriani Nggolaon, Erni Supu

Abstract


Perkembangan pesat media digital telah mempengaruhi cara generasi Alpha berpikir, belajar, dan berperilaku. Mereka tumbuh dalam lingkungan yang didominasi oleh teknologi, sehingga proses pembentukan karakter tidak dapat lagi dipisahkan dari pengaruh digital. Tujuan artikel ini adalah untuk mengkaji tantangan dan peluang dalam menerapkan pendidikan karakter melalui media digital bagi generasi Alpha. Metode yang digunakan adalah tinjauan literatur, dengan menganalisis berbagai publikasi ilmiah relevan dari lima tahun terakhir. Hasil menunjukkan bahwa pendidikan karakter menghadapi sejumlah hambatan seperti ketergantungan pada perangkat, interaksi sosial langsung yang rendah, dan paparan terhadap konten negatif. Namun, meskipun ada tantangan tersebut, terdapat peluang besar untuk pembentukan karakter melalui media digital interaktif, seperti platform pendidikan, konten visual moral, dan komunitas belajar online. Media digital juga memungkinkan pendekatan belajar yang lebih personal dan reflektif. Kesimpulan studi ini menunjukkan bahwa pendidikan karakter perlu disesuaikan dengan karakteristik Generasi Alpha, dengan memanfaatkan teknologi secara kreatif dan terarah. Kerjasama antara pendidik, orang tua, dan pembuat kebijakan diperlukan agar media digital benar-benar menjadi sarana yang efektif dalam pembentukan karakter. Studi ini dapat menjadi landasan konseptual untuk penelitian lebih lanjut yang mengeksplorasi penerapan strategi digital dalam konteks pendidikan karakter langsung.

Keywords


pendidikan karakter, media digital, Generasi Alpha, tantangan pembelajaran, peluang teknologi

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Akmal, Y., Koeswantono, S., Hartati, S., & Hikmah. (2020). Character Development in Generation Alpha Through Social-Emotional Learning With Parent Involvement. In ICECCEP 2019 (pp. 87–93). https://doi.org/10.2991/assehr.k.201205.091

Anwarul, M. (2022). Pendidikan Karakter di Era Digital: Etika dan Tanggung Jawab dalam Media Sosial. Jurnal Pendidikan Politeknik Pratama, 5(2), 662–675. https://doi.org/10.1234/example.doi.2022.001

Cipta, E. S. (2023). Analisis Pengaruh Media Digital terhadap Perkembangan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Nusantara, 1(1). https://doi.org/10.5432/jpkn.2023.011

Darwati, I., Abidin, Y., & Sutini, A. (2025). Internalization of Character Education in Learning for Generation Alpha to Foster Indonesia’s Golden Generation by 2045. Current Issues on Elementary Education in Society 5.0, 7(1), 345–358.

Kwartawaty, N. N., Martadi, N. S. D., & Trikajanti, S. (2024). Prospects for Digital-Based Character Education Management in the Era of Industrial Revolution 4.0. IRJEMS, 3(5), 48–51. https://doi.org/10.56472/25835238/IRJEMS-V3I5P108

Mehta, M., & Giunchiglia, F. (2025). Understanding Gen Alpha Digital Language: Evaluation of LLM Safety Systems for Content Moderation. ArXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2505.10588

Mutiarasari, A., Listiana, A., & Rachmawati, Y. (2024). Strategi dan Tantangan Keterlibatan Ayah dalam Pengasuhan Anak Usia Dini di Era Digital. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(6), 1874–1886. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i6.6463

Pujianti, E. (2024). Kontribusi Pendidikan Agama Islam terhadap Pengembangan Spiritualitas dan Mentalitas Peserta Didik. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(1), 2551–2562. https://doi.org/10.62775/edukasia.v5i1.1342

Purba, H. M., Zainuri, H. S., Daffa, M. F., & Nurhafizah, N. (2024). Pendidikan karakter di era digital: tantangan dan strategi. JUPENDIS, 2(3), 236–246. https://doi.org/10.54066/JUPENDIS.V2I3.2038

Rausch, M. (2021). Generation Alpha Students: Connecting, Educating, and Relating. Research & Curriculum.

Sagala, K., & Naibaho, L. (2023). Tantangan Pendidikan karakter di era digital. Jurnal Kristen Tebar. https://doi.org/10.2345/jkt.2023.003

Saliha, W. M. et al. (2024). Pengaruh Teknologi Informasi terhadap Perubahan Sosial Masyarakat. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 757–766. https://doi.org/10.54373/imeij.v5i1.645

Semiawan, C. R. (2022). Strategi Pendidikan Karakter di Era Media Sosial. TF Journal, 10(1). https://doi.org/10.5678/tfj.2022.0101

Sulistyowati, C., & Wicaksono, L. (2025). Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Implementasi Merdeka Belajar Di Tk Negeri Pembina Kecamatan Pontianak Selatan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(2), 1182–1189. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i2.6798

Team, M. (2023). Promoting Social Skills among Generation Alpha Learners with Special Needs through Digital Tools. Education Sciences, 14(6), 619. https://doi.org/10.3390/educsci14060619

Triyanto, T. (2024). Peluang dan tantangan pendidikan karakter di era digital. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 17(2), 175–184. https://doi.org/10.21831/jc.v17i2.35476

Ziatdinov, R., & Cilliers, J. (2022). Generation Alpha: Understanding the Next Cohort of University Students. ArXiv. https://doi.org/10.48550/arXiv.2202.01422




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2864

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com