ETIKA PROFESI GURU DALAM PANDANGAN MAHASISWA CALON PENDIDIK
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Arfa, A. N., Saragih, T. K., & Hidayat, N. (2024). Etika dalam Pengembangan Profesional Guru: Tantangan dan Solusi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14310–14318. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6438
Arum, W. S. A. (2007). UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU BERLANDASKAN ILMU PENDIDIKAN DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(VIII), 93–101. https://doi.org/10.21009/PIP.162.10
Harahap, L. (2017). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 109–129. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i1.924
Hendriana Audogsia Mawa, Yosefina Uge Lawe, & Gensiana Mawa. (2024). Peran Guru Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa Pada Kelas IV Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 7 Di SDK Gero. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.846
Indriyanti, T., Siregar, K. I., & Lubis, Z. (2017). Etika Interaksi Guru dan Murid Menurut Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.21009/JSQ.011.2.03
Juwanita, I. R. (2010). Profesi pendidik dalam pandangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi pendidikan sosiologi antropologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta).
Lukman, A. (2024). Peran Etika Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kenerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka The Role Of Teacher Professional Ethics In Improving Teacher Performance At Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka. 1530–1536.
Nik Azis Nik Pa. (1998). Human Rights Education in Schools: The Malaysian Experience. In Asia-Pacific Human Rights Information Center(HURIGHTS OSAKA).
Pangaribuan, T., Harianja, S. I., Vidri, N., Saniati, S., & Aszari, S. A. (2025). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 591. https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5310
Pratama, G. A., Rigianti, H. A., & Yogyakarta, U. P. (2023). Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Karakter Peserta Didik dan Mahasiwa Calon Guru SD kita tenemukan bahkan merasakan sendiri setiap perubahan yang terjadi dalam hidup . Perubahan perubahan tersebut dapat berdampak positif maupun negatif. Lensa Pendas, 8(2), 179–188.
Ramdani, A. F., & Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p119
Rofiah, L., Maslahah, W., Studi, P., Ips, P., Islam, U., & Rahmat, R. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS PADA MATA KULIAH MICROTEACHING. 4(1), 81–87.
Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.4
Tahawali, M., & Aimang, H. A. (2021). KREATIVITAS GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 4(2), 182. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.1201
Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111
Zajuli, S. A., & Darmiyanti, A. (2023). Etika dan Profesionalisme dalam Pembentukan Guru yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 591–599.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2820
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![]() | SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |