ETIKA PROFESI GURU DALAM PANDANGAN MAHASISWA CALON PENDIDIK

Nurhaida Lakuana, Ainil Fitri Laeh

Abstract


Etika profesi guru merupakan fondasi utama dalam membentuk karakter pendidik yang tidak hanya kompeten secara akademik, tetapi juga berintegritas secara moral. Dalam konteks pendidikan tinggi, penting untuk memahami bagaimana calon guru memaknai nilai-nilai etis dalam profesinya di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan mahasiswa calon pendidik terhadap etika profesi guru, khususnya nilai-nilai etis yang mereka anggap penting, tantangan yang mereka prediksi akan dihadapi, serta harapan mereka terhadap profesionalisme pendidik ke depan. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara mendalam terhadap mahasiswa dari berbagai program studi kependidikan di jenjang sarjana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa memandang etika sebagai bagian integral dari identitas seorang guru. Nilai-nilai utama yang dianggap penting meliputi keadilan, kejujuran, tanggung jawab, dan empati. Meskipun mereka menyadari potensi tantangan seperti tekanan struktural institusi, ekspektasi masyarakat, serta dinamika sosial yang kompleks, para calon pendidik tetap menunjukkan optimisme terhadap terbentuknya sosok guru yang tidak hanya profesional dalam penguasaan materi, tetapi juga menjunjung tinggi integritas dan nilai-nilai kemanusiaan. Kesimpulan dari studi ini menegaskan pentingnya penguatan pendidikan etika profesi dalam kurikulum pendidikan keguruan, agar calon guru memiliki landasan moral yang kuat dalam menjalani peran mereka sebagai agen perubahan di tengah masyarakat yang terus berkembang.

Keywords


Etika Profesi, Guru, Mahasiswa Calon Pendidik, Nilai Moral, Tantangan Etis

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Arfa, A. N., Saragih, T. K., & Hidayat, N. (2024). Etika dalam Pengembangan Profesional Guru: Tantangan dan Solusi. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(12), 14310–14318. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6438

Arum, W. S. A. (2007). UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME GURU BERLANDASKAN ILMU PENDIDIKAN DALAM MENCERDASKAN KEHIDUPAN BANGSA. Perspektif Ilmu Pendidikan, 16(VIII), 93–101. https://doi.org/10.21009/PIP.162.10

Harahap, L. (2017). STRATEGI PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Studi Multidisipliner: Jurnal Kajian Keislaman, 4(1), 109–129. https://doi.org/10.24952/multidisipliner.v4i1.924

Hendriana Audogsia Mawa, Yosefina Uge Lawe, & Gensiana Mawa. (2024). Peran Guru Kelas Dalam Melaksanakan Pembelajaran Sesuai Kebutuhan Siswa Pada Kelas IV Implementasi Kampus Mengajar Angkatan 7 Di SDK Gero. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i4.846

Indriyanti, T., Siregar, K. I., & Lubis, Z. (2017). Etika Interaksi Guru dan Murid Menurut Perspektif Imam Al Ghazali. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 11(2), 129–144. https://doi.org/10.21009/JSQ.011.2.03

Juwanita, I. R. (2010). Profesi pendidik dalam pandangan mahasiswa (studi kasus mahasiswa program studi pendidikan sosiologi antropologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta).

Lukman, A. (2024). Peran Etika Profesi Guru Dalam Meningkatkan Kenerja Guru Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka The Role Of Teacher Professional Ethics In Improving Teacher Performance At Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kolaka. 1530–1536.

Nik Azis Nik Pa. (1998). Human Rights Education in Schools: The Malaysian Experience. In Asia-Pacific Human Rights Information Center(HURIGHTS OSAKA).

Pangaribuan, T., Harianja, S. I., Vidri, N., Saniati, S., & Aszari, S. A. (2025). Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 25(1), 591. https://doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5310

Pratama, G. A., Rigianti, H. A., & Yogyakarta, U. P. (2023). Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Karakter Peserta Didik dan Mahasiwa Calon Guru SD kita tenemukan bahkan merasakan sendiri setiap perubahan yang terjadi dalam hidup . Perubahan perubahan tersebut dapat berdampak positif maupun negatif. Lensa Pendas, 8(2), 179–188.

Ramdani, A. F., & Restian, A. (2020). Analisis Pembelajaran Tari Tradisional Dalam Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 29(2), 119–127. https://doi.org/10.17977/um009v29i22020p119

Rofiah, L., Maslahah, W., Studi, P., Ips, P., Islam, U., & Rahmat, R. (2024). ANALISIS KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN IPS PADA MATA KULIAH MICROTEACHING. 4(1), 81–87.

Sudarma, U. (2022). Pendidikan karakter dalam mewujudkan sumber daya manusia berdaya saing menuju Indonesia Emas 2045. Sharia: Jurnal Kajian Islam, 1(1), 37–55. https://doi.org/10.59757/sharia.v1i1.4

Tahawali, M., & Aimang, H. A. (2021). KREATIVITAS GURU PAI DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN. JURNAL PENDIDIKAN ISLAM AL-ILMI, 4(2), 182. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v4i2.1201

Watini, S. (2019). Pendekatan Kontekstual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sains pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 82. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i1.111

Zajuli, S. A., & Darmiyanti, A. (2023). Etika dan Profesionalisme dalam Pembentukan Guru yang Berkarakter. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(2), 591–599.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2820

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com