PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DI KELAS
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Anindia Nabillah, N., Ananda, Y. P., & Khofifah, A. M. (2023). Strategi pengajaran guru dan pengaruhnya terhadap motivasi dan semangat belajar siswa kelas 6. JBKF, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jbkf.v2i2.16491
Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Duanasari, A. Y., & others. (2024). Implementasi metode pembelajaran aktif dalam PAI. Guruku, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.59061/guruku.v2i4.794
Febriana, F., & Mastoah, I. (2025). Strategi guru dalam mendorong kebiasaan belajar mandiri pada siswa SD/MI. Didaktik, 11(1), 231–243. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5780
Firdaus, I. N., Kosim, A. M., & Subagiya, B. (2025). Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(2), 195–207. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19025
Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Holistika, 7(1), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26
Hanaris, F. (2024). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: strategi dan pendekatan efektif. JKPP, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9
Istiqomah, & Azzahra, N. A. (2024). Strategi pembelajaran aktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam PAI. BESTARI.
Jalaluddin. (2012). Psikologi Agama, memahami perilaku dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi, edisi revisi. Raja Grafindo Persada.
Junianto, D., & Wagiran. (2022). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845
Lestari, P. D., & Tabroni. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sadewa, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i2.1820
Mawaddah, M., Darman, D., & Saputra, H. N. (2024). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran informatika. JIIP, 7(9), 10564–10569. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5485
Nurvianti, N., Hairani, H., & Hanifah, U. (2025). Strategi guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif di kelas. Jurnal Literasiologi, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v13i2.895
Riskitullah, R., Azzahra, L., & Fitriani, V. (2023). Strategi guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif di kelas. Perspektif, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i2.2368
Safitri, T., & Ain, S. Q. (2024). Strategi komunikasi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V SD. JPI, 3(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.218
Sudharsono, M., Rahayu, S., Damayanti, S., & Rahmah, L. (2024). Strategi efektif dalam manajemen kelas untuk meningkatkan keterlibatan siswa. NUSRA, 5(3), 1415–1423. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179
Susilowati, D. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPAS. Semnastekmu Proceedings, 2(1), 178. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.178
Waruwu, P. I. M., & Helsa, Y. (2024). Implementasi pembelajaran aktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di SD. Jurnal Arjuna, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2788
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![]() | SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |