PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KETERLIBATAN BELAJAR SISWA DI KELAS

Fitrianti Fitrianti, Nurul Hidayati

Abstract


Keterlibatan belajar siswa menjadi salah satu indikator keberhasilan proses pendidikan di kelas. Rendahnya partisipasi siswa sering kali menjadi tantangan yang dihadapi oleh guru dalam menciptakan suasana belajar yang aktif dan bermakna. Artikel ini membahas bagaimana guru dapat menjalankan peran strategis untuk meningkatkan keterlibatan belajar melalui komunikasi yang efektif, pemilihan strategi pembelajaran yang tepat, dan penciptaan lingkungan kelas yang mendukung motivasi. Kajian ini menggunakan pendekatan kepustakaan dengan mengkaji berbagai sumber ilmiah terbaru yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa guru memiliki pengaruh besar dalam membentuk perilaku dan semangat belajar siswa. Ketika guru mampu membangun hubungan positif, menerapkan metode pembelajaran aktif, serta menciptakan suasana belajar yang nyaman dan terbuka, maka keterlibatan siswa akan meningkat secara nyata. Temuan ini menguatkan pandangan bahwa kehadiran guru bukan sekadar sebagai pengajar, melainkan juga sebagai fasilitator, pembimbing, dan pencipta suasana belajar yang kondusif. Oleh karena itu, pemahaman terhadap peran guru secara menyeluruh sangat dibutuhkan untuk meningkatkan mutu pembelajaran di sekolah

Keywords


keterlibatan belajar, peran guru, motivasi siswa, strategi pembelajaran, lingkungan kelas

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394

Anindia Nabillah, N., Ananda, Y. P., & Khofifah, A. M. (2023). Strategi pengajaran guru dan pengaruhnya terhadap motivasi dan semangat belajar siswa kelas 6. JBKF, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.35508/jbkf.v2i2.16491

Darmalaksana, W. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan. Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Duanasari, A. Y., & others. (2024). Implementasi metode pembelajaran aktif dalam PAI. Guruku, 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.59061/guruku.v2i4.794

Febriana, F., & Mastoah, I. (2025). Strategi guru dalam mendorong kebiasaan belajar mandiri pada siswa SD/MI. Didaktik, 11(1), 231–243. https://doi.org/https://doi.org/10.36989/didaktik.v11i01.5780

Firdaus, I. N., Kosim, A. M., & Subagiya, B. (2025). Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 6(2), 195–207. https://doi.org/https://doi.org/10.32832/itjmie.v6i2.19025

Habbah, E. S. M., Husna, E. N., Yantoro, Y., & Setiyadi, B. (2023). Strategi guru dalam pengelolaan kelas yang efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Holistika, 7(1), 18–26. https://doi.org/https://doi.org/10.24853/holistika.7.1.18-26

Hanaris, F. (2024). Peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa: strategi dan pendekatan efektif. JKPP, 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.61397/jkpp.v1i1.9

Istiqomah, & Azzahra, N. A. (2024). Strategi pembelajaran aktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa dalam PAI. BESTARI.

Jalaluddin. (2012). Psikologi Agama, memahami perilaku dengan mengaplikasikan prinsip-prinsip psikologi, edisi revisi. Raja Grafindo Persada.

Junianto, D., & Wagiran. (2022). Pengaruh kinerja mengajar guru, keterlibatan orang tua, aktualisasi diri, dan motivasi berprestasi terhadap prestasi. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1845

Lestari, P. D., & Tabroni. (2023). Strategi guru dalam meningkatkan minat baca siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Sadewa, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i2.1820

Mawaddah, M., Darman, D., & Saputra, H. N. (2024). Strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pembelajaran informatika. JIIP, 7(9), 10564–10569. https://doi.org/https://doi.org/10.54371/jiip.v7i9.5485

Nurvianti, N., Hairani, H., & Hanifah, U. (2025). Strategi guru dalam menerapkan pembelajaran inovatif di kelas. Jurnal Literasiologi, 13(2). https://doi.org/https://doi.org/10.47783/literasiologi.v13i2.895

Riskitullah, R., Azzahra, L., & Fitriani, V. (2023). Strategi guru dalam mengatasi siswa yang kurang aktif di kelas. Perspektif, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.59059/perspektif.v3i2.2368

Safitri, T., & Ain, S. Q. (2024). Strategi komunikasi guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa kelas V SD. JPI, 3(1), 63–74. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/jpion.v3i1.218

Sudharsono, M., Rahayu, S., Damayanti, S., & Rahmah, L. (2024). Strategi efektif dalam manajemen kelas untuk meningkatkan keterlibatan siswa. NUSRA, 5(3), 1415–1423. https://doi.org/https://doi.org/10.55681/nusra.v5i3.3179

Susilowati, D. (2022). Strategi guru dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa mata pelajaran IPAS. Semnastekmu Proceedings, 2(1), 178. https://doi.org/https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.178

Waruwu, P. I. M., & Helsa, Y. (2024). Implementasi pembelajaran aktif untuk meningkatkan keterlibatan siswa di SD. Jurnal Arjuna, 3(3). https://doi.org/https://doi.org/10.61132/arjuna.v3i3.1942




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com