IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Alves, E. D. (2012). O ensino a distância e os avanços para a pesquisa em enfermagem. Revista Eletrônica de Enfermagem, 14(3).
https://doi.org/10.5216/ree.v14i3.13530
Baroroh, K. (2015). Menyemai Benih Karakter Wirausaha (Internalisasi Karakter Wirausaha Sejak Dini Melalui Pelatihan Bagi Guru Dan Orang Tua). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(2). https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i2.3432
Fajar, F., Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. (2022). Penguatan Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 8 Semarang. Jurnal Puruhita, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.15294/puruhita.v4i1.61403
Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEM DALAM KURIKULUM MERDEKA: PEMETAAN KESIAPAN, HAMBATAN DAN TANTANGAN PADA GURU SMP. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266
Maskur, M. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. Publiciana, 16(1).
Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183
Rusmita, S., & Fitriyeni. (2024). Implementasi Kurikulum Mardeka pada Masa Transisi dari K13 menuju Kurikulum Mardeka di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24477
Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Alfabeta.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.
Taher, R., Desyandri, & Erita, Y. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat Humanisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).
Widodo, A., Karma, I. N., Zain, M. I., Umar, & Amrullah, L. W. Z. (2025). Kebijakan sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Ke arah strategi peningkatan kualitas pendidikan sekolah dasar. Prospek: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/1328
Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2763
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![]() | SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |