IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA PADA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR

Suma K Saleh, Adelia Maharani, Fitriani Makita, Nur Afnisa Pakaya, Muhammad Furqon, Laode Fazril Tuha Liasi, Arya Arya, Andika Fahry S Ave, Fatimah Azzahra

Abstract


kebutuhan untuk menciptakan pembelajaran yang lebih fleksibel dan relevan dengan karakteristik siswa. Urgensi topik ini terletak pada tantangan implementasi kurikulum tersebut yang memerlukan kesiapan guru, kepala sekolah, dan fasilitas pendidikan. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis implikasi Kurikulum Merdeka terhadap lembaga pendidikan dasar di Indonesia, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan implementasinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis tematik untuk mengidentifikasi tema-tema utama yang berkaitan dengan penerapan kurikulum ini. Temuan penelitian menunjukkan bahwa meskipun Kurikulum Merdeka memberikan kebebasan dalam merancang pembelajaran, keberhasilan implementasinya sangat bergantung pada kesiapan lembaga pendidikan dan pelatihan guru. Penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengelola pendidikan dalam merancang kebijakan dan strategi pelatihan yang lebih efektif. Kesimpulannya, implementasi Kurikulum Merdeka memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan, namun memerlukan dukungan yang lebih merata bagi seluruh sekolah di Indonesia. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah untuk mengeksplorasi lebih lanjut faktor-faktor budaya sekolah yang mempengaruhi penerapan kurikulum ini. 

Keywords


Kurikulum Merdeka; Pendidikan Dasar; Implementasi Kurikulum, Pendidikan Fleksibel; Pendidikan Inovatif.

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Alves, E. D. (2012). O ensino a distância e os avanços para a pesquisa em enfermagem. Revista Eletrônica de Enfermagem, 14(3).

https://doi.org/10.5216/ree.v14i3.13530

Baroroh, K. (2015). Menyemai Benih Karakter Wirausaha (Internalisasi Karakter Wirausaha Sejak Dini Melalui Pelatihan Bagi Guru Dan Orang Tua). DIMENSIA: Jurnal Kajian Sosiologi, 4(2). https://doi.org/10.21831/dimensia.v4i2.3432

Fajar, F., Witasari, N., Rini, H. S., Wibowo, L. H., Saidah, R., Asyam, M., Rajagukguk, G. L., & Warningsih, E. K. (2022). Penguatan Kesiapan Sekolah dalam Menghadapi Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMAN 8 Semarang. Jurnal Puruhita, 4(1), 29–34. https://doi.org/10.15294/puruhita.v4i1.61403

Fakhrudin, I. A., Probosari, R. M., Indriyani, N. Y., Khasanah, A. N., & Utami, B. (2023). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN STEM DALAM KURIKULUM MERDEKA: PEMETAAN KESIAPAN, HAMBATAN DAN TANTANGAN PADA GURU SMP. RESONA : Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat, 7(1). https://doi.org/10.35906/resona.v7i1.1266

Maskur, M. (2023). DAMPAK PERGANTIAN KURIKULUM PENDIDIKAN TERHADAP PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172

Muhartono, D. S., Wahyuni, S., Umiyati, S., Azhar, A. W., & Puspaningrum, I. I. (2023). Evaluasi Pelaksanaan Kebijakan Kurikulum Merdeka Belajar Dalam Rangka Peningkatan Hasil Belajar. Publiciana, 16(1).

Nurfatimah, S. A., Hasna, S., & Rostika, D. (2022). Membangun Kualitas Pendidikan di Indonesia dalam Mewujudkan Program Sustainable Development Goals (SDGs). Jurnal Basicedu, 6(4), 6145–6154. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3183

Rusmita, S., & Fitriyeni. (2024). Implementasi Kurikulum Mardeka pada Masa Transisi dari K13 menuju Kurikulum Mardeka di Sekolah Dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 8(3). https://doi.org/10.30651/else.v8i3.24477

Sugiono. (2022). Metode Penelitian Kualitatif (untuk Penelitian yang Bersifat Eksploratif, Enterpretif, Interaktif dan Konstruktif). Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan. Alfabeta.

Taher, R., Desyandri, & Erita, Y. (2023). Tujuan Pendidikan Merdeka Belajar Terhadap Pandangan Filsafat Humanisme. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1).

Widodo, A., Karma, I. N., Zain, M. I., Umar, & Amrullah, L. W. Z. (2025). Kebijakan sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka: Ke arah strategi peningkatan kualitas pendidikan sekolah dasar. Prospek: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2). https://prospek.unram.ac.id/index.php/renjana/article/view/1328

Yustiasari Liriwati, F. (2023). Transformasi Kurikulum; Kecerdasan Buatan untuk Membangun Pendidikan yang Relevan di Masa Depan. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 62–71. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.61




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com