PENGARUH PENGGUNAAN PLATFORM DIFFIT TERHADAP OPTIMALISASI MODEL PEMBELAJARAN ECIRR DI UPT SDN 09 SIMAWANG
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Ardiansyah, A., Dirgantara, Y., Agustin, R. D., & Sugilar, H. (2019). Penerapan Model Pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik pada Materi Fluida Statis. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(1), 77–82. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i1.3543
Attaran, M., & Celik, B. G. (2023). Digital Twin: Benefits, use cases, challenges, and opportunities. Decision Analytics Journal. https://doi.org/10.1016/j.dajour.2023.100165
Diani, R., Yuberti, Y., Anggereni, S., Utami, G. N., Iqbal, A., & Kurniawati, I. (2020). ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) learning model with the pictorial riddle method: Is it effective in reducing physics misconceptions? Journal of Physics: Conference Series, 1572(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1572/1/012020
Effendi, M., Koes, S., Negeri, S., & Bondowoso, P. (2016). Pengaruh model pembelajaran ECIRR terhadap penguasaan konsep fisika pada siswa SMK. Jurnal Pendidikan Sains.
Etikasari, D., & Andayani, R. (2024a). Aplikasi Diffit sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah …, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.33830/penaanda.v2i1.7498
Etikasari, D., & Andayani, R. (2024b). Aplikasi Diffit sebagai Alternatif Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah …, 2(1), 16–25. https://doi.org/10.33830/penaanda.v2i1.7498
Fitriah, L., Firdaus, A., Dahlia, D., & Septiana, S. (2023). The Development of ECIRR Learning Model Containing Archipelago Local Wisdom on Mechanics Topic. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/jipf.v7i2.7640
Griantari, N. M., & Sri Wati, N. P. (2023). The Influence of The Implementation of Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce (ECIRR) Learning Model on Learning Outcomes of Craft And Entrepreneurship (PKWU) By Controlling Learning Motivation. International Journal of Multidisciplinary Sciences. https://doi.org/10.37329/ijms.v1i1.2370
Haliza, S. N., Hadi, W. P., & Wulandari, A. Y. R. (2022). Model Pembelajaran Ecirr (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Untuk Mereduksi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Getaran, Gelombang, Dan Bunyi. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 03(01), 36–48. https://doi.org/10.35719/vektor.v3i1.62
I.W.W. Widayana, I.G.N.Y. Hartawan, & N.M.S. Mertasari. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Ecirr Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 9(2), 81–88. https://doi.org/10.23887/jppmi.v9i2.1694
Isriani & Puspitasari, D. (2015). Strategi Pembelajaran Terpadu: Teori, Konsep & Implementasi. Relasi Inti Media Group.
Kern, M. L., & Wehmeyer, M. L. (Eds.). (2021). The Palgrave Handbook of Positive Education. Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-030-64537-3, hal. 81. (n.d.).
Kurniawati, L., Masruro, U., & Afidah, A. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Ecirr Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. ALGORITMA: Journal of Mathematics Education, 2(1), 86–99. https://doi.org/10.15408/ajme.v2i1.16315
Laili, A. H. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) TERHADAP KEMAMPUAN METAKOGNITIF PESERTA DIDIK KELAS XI …. http://repository.radenintan.ac.id/15785/%0Ahttp://repository.radenintan.ac.id/15785/1/SKRIPSI BAB 1%265.pdf
Lainah Lainah, Syahrur Ramli, Ridha Ahida, Yahdillah Fahmi, A., & Wahyuni. (2024). Pengembangan Model Pembelajaran PAI Berbasis ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve, Reinforce) Terintegrasi Sains. Berkala Ilmiah Pendidikan, 4(2).
Mardiana, Y., Anggoro, B. S., & Andriani, S. (2024). Dampak Model Pembelajaran ECIRR dan Adversity Quotient Terhadap Kemampuan Representasi Matematis dan Berpikir Kritis. 10(2), 132–140.
Mørupa, M., & Hansena, L. K. (2009). Automatic relevance determination for multi-way models. Journal of Chemometrics. https://doi.org/10.1002/cem.1223
Nasiri, M., Saunila, M., & Ukko, J. (2022). Digital orientation, digital maturity, and digital intensity: determinants of financial success in digital transformation settings. International Journal of Operations and Production Management. https://doi.org/10.1108/IJOPM-09-2021-0616
Ningrum, A. M. A., & Suliyanah, S. (2021). Model Pembelajaran ECIRR (Elicit-Confront-Identify-Resolve-Reinforce) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Gerak Lurus. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 444–450. https://doi.org/10.33369/pendipa.5.3.444-450
Schepers, J., Ceulemans, E., & Van Mechelen, I. (2008). Selecting among multi-mode partitioning models of different complexities: A comparison of four model selection criteria. Journal of Classification, 25(1), 67–85. https://doi.org/10.1007/s00357-008-9005-9
Septianingsih, R., Netriwati, N., & Gunawan, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran ECIRR dan PQ4R terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 8(1), 843–858. https://doi.org/10.29100/jp2m.v8i1.2403
Silaban, S. S., Suhandi, A., & Gunanto, Y. E. (2017). Aplikasi Media Simulasi Virtual pada Model Pembelajaran ECIRR untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Perubahan Wujud Zat. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya). https://doi.org/10.20961/prosidingsnfa.v2i0.16396
Suweta, I. P. (2022). Implementasi Model Pembelajaran Ecirr Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Fisika Siswa Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 1 Singaraja Pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2021/2022. Daiwi Widya, 9(1), 111–127. https://doi.org/10.37637/dw.v9i1.1012
Timmerman, M. E., & Kiers, H. A. L. (2000). Three-mode principal components analysis: Choosing the numbers of components and sensitivity to local optima. British Journal of Mathematical and Statistical Psychology. https://doi.org/10.1348/000711000159132
Timotheou, S., Miliou, O., Dimitriadis, Y., Sobrino, S. V., Giannoutsou, N., Cachia, R., Monés, A. M., & Ioannou, A. (2023). Impacts of digital technologies on education and factors influencing schools’ digital capacity and transformation: A literature review. Education and Information Technologies. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11431-8
Wati, L., Anggereini, E., & Risnita, R. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Elicit, Confront, Identify, Resolve, Dan Reinforce (ECIRR) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 5 Sungai Bengkal Kabupaten Tebo. Biodik, 9(2), 152–163. https://doi.org/10.22437/biodik.v9i2.22084
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v5i1.2648
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![]() | SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |