DESAIN MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN SEKOLAH DALAM KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN GURU SECARA SENTRALISASI DAN DESENTRALISASI DI SDN INPRES BOLITAN

Olivia Melda Sallata, Novianty Djafri, Nina Lamatenggo

Abstract


Manajemen mutu pendidikan yang efektif diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan melalui kebijakan yang bersifat sentralistik dan dengan memberikan otonomi kepada sekolah dalam pengambilan keputusan (desentralisasi). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi manajemen mutu pendidikan di SDN Inpres Bolitan dengan menggunakan pendekatan sentralisasi dan desentralisasi, serta mengkaji peran kepala sekolah dan guru dalam implementasinya. . Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua pendekatan tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Sentralisasi memberikan standar yang jelas dan memudahkan pengawasan, namun kurang fleksibel dalam memenuhi kebutuhan lokal. Di sisi lain, desentralisasi memberikan kebebasan bagi sekolah untuk berinovasi sesuai dengan kebutuhan lokal, meskipun kesenjangan dalam implementasi kebijakan masih menjadi tantangan. Kepala sekolah dan guru memainkan peran penting dalam menciptakan sinergi antara pendekatan-pendekatan ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Rekomendasi dari studi ini mencakup perlunya pelatihan berkelanjutan bagi kepala sekolah dan guru, serta memperkuat kolaborasi dengan masyarakat untuk memastikan keberhasilan implementasi manajemen mutu pendidikan.

Keywords


Manajemen Mutu Pendidikan, Sentralisasi, Desentralisasi, Kepemimpinan Sekolah, Guru

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abdullah, M. (2018). Manajemen Mutu Pendidikan Di Sekolah Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru, Dan Partisipasi Masyarakat Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Di Sekolah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 17(3), 190–198. https://doi.org/10.17509/jpp.v17i3.9612

Agus, A. H., & Usman, L. G. (2019). Kebijakan Sentralisasi berbasis Kearifan Lokal sebagai Media Meningkatkan Mutu Pendidikan di Pondok Pesantren Nurul Jadid. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 151–162. https://ejournal.unuja.ac.id/index.php/edureligia

Andriyan, A., & Yoenanto, N. H. (2022). Optimalisasi penerapan dan pengelolaan manajemen berbasis sekolah: literatur review. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 10(1), 14–27. https://doi.org/10.21831/jamp.v10i1.45011

Depdikbud. (2013). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 23 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 15 Tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Pendidikan Dasar Di Kabupaten/Kota. 69(127), 1–16. https://peraturan.bpk.go.id/Details/141546/permendikbud-no-23-tahun-2013

Djafri, N. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan dan Budaya Kerja Kepala Sekolah di Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 940–950.

E Mulyasa. (2007). Menjadi Kepala Sekolah Prefisional.

Hamzah, U. B., & Nina, L. (2016). Tugas Guru Dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudarya, Y., & Suratno, T. (2009). Dimensi kepemimpinan kepala sekolah. Universitas Pendidikan Indonesia. http://file.upi.edu/Direktori/JURNAL/PENDIDIKAN_DASAR/Nomor_12-Oktober_2009/DIMENSI_KEPEMIMPINAN_KEPALA_SEKOLAH.pdf

Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Penggerak Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248–8258. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3216

Werang, B. R., Made, N., & Septia, D. (2023). Peran Kepala Sekolah dalam Mendorong Kolaborasi Antar Guru Sekolah Dasar di SD Negeri 2 Belantih. 7, 30260–30264.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com