PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV

Sakina Radjak, Salma Halidu, Evi Hasim

Abstract


Pembelajaran tentunya tidak lepas dari yang namanya media pembelajaran, karena pada proses pembelajaran tentunya guru memerlukan satu wadah untuk menyampaikan materi agar mudah dan cepat dipahami oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media cerita bergambar guna untuk kemampuan membaca pada siswa kelas IV. Media cerita bergambar ini merupakan media yang mampu menyampaikan pesan yang sederhana dan mudah dipahami oleh siswa.  Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research & Development) dengan menggunakan model penelitian pengembangan  ADDIE yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Berdasarkan hasil dari validasi oleh para ahli dan pengguna yaitu, memperoleh hasil rekapitulasi nilai rata-rata presentase 94,1% dan dinyatakan sangat layak  untuk digunakan oleh guru dan siswa di sekolah dasar. Adapun hasil uji coba terbatas (uji proses) yang dilaksanakan di kelas IV SDN 30 Kota Selatan memperoleh hasil sangat bagus dari siswa. Dari respon siswa terhadap media Cerita Bergambar untuk kemampuan membaca pada siswa mendapatkan skor rata- rata 98% yang dikategorikan sangat baik. Maka penggunaan media cerita bergambar secara signifikan membantu siswa dalam memahami materi bacaan, meningkatkan minat baca, serta memfasilitasi pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik. Media ini terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca siswa dan dapat diadaptasi untuk berbagai konteks pembelajaran di sekolah dasar

Keywords


Pengembangan; Media Cerita Bergambar; Kemampuan Membaca

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).

Akbar, S. M. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 6(1), 35–42.

Anjani, P. N. N. (2024). Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo . IAIN Ponorogo.

Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.

Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492

Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan di SMP Kabupaten Musi Rawas. THABIEA : Journal of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Handayani, N. A., & Maknun, L. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 47–63.

Hartoto, H., Syawaluddin, A., & Nurdewi, N. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital pada Kelas III SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 2(3), 250–261.

Hutomo, K. T. (2022). Pengembangan Alat Bantu Latihan Untuk Block Dalam Olahraga Bolavoli. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1(3), 227–232.

Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.

Kesumadewi, D. A., Gede Agung, A. A., & Wayan Rati, N. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.

Lee, W. W., & Owens, D. L. (n.d.). Multimedia-Based Instructional Design: In Pfeiffer. Pfeiffer.

Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243

Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144

Purnama, R. B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Universitas Lampung.

Purwaningsih, S. (2020). Penggunaan SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Dinamika, 3(2), 74. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1002

Qonitah, Z. R., Supiani, T., & Jubaedah, L. (2020). Pengembangan Video Tutorial dalam Materi Rias Fantasi Di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/10.1.1.2009

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605

Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3020–3034. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8163

Sembiring, S. B., & Arisandy, D. (2016). Model Online Learning untuk Perguruan Tinggi menggunakan Pendekatan ADDIE. Jurnal SIFO Mikroskil, 17(1), 29–38. https://doi.org/10.55601/jsm.v17i1.274

Shofira. (2022). Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 20–25.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.

Wiyanti, H. (2023). Pengembangan Sarana Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi Siswa SDN Sisir 04 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2130–2151.

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074

Yaumi Muhammad. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Repository, Juni, 1–21.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com