PENGEMBANGAN MEDIA CERITA BERGAMBAR DALAM KEMAMPUAN MEMBACA PADA SISWA KELAS IV
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Afnida, M., Fakhriah, & Fitriani, D. (2016). Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam Pengembangan Bahasa Anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 1(3).
Akbar, S. M. (2020). Tugas Dan Peranan Guru Dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Satukan Tekad Menuju Indonesia Sehat, 6(1), 35–42.
Anjani, P. N. N. (2024). Kemampuan Membaca Puisi Menggunakan Media Komik Strip Pada Siswa Kelas III SDN 1 Jenangan Ponorogo . IAIN Ponorogo.
Anshori, S. (2018). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn Dan Sosial Budaya, 2(1), 88–100.
Apriliani, S. P., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Cerita Bergambar Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 994–1003. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.492
Arini, W., & Lovisia, E. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan di SMP Kabupaten Musi Rawas. THABIEA : Journal of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950
Handayani, N. A., & Maknun, L. (2022). Optimalisasi Gerakan Literasi Terhadap Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. MADROSATUNA : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 47–63.
Hartoto, H., Syawaluddin, A., & Nurdewi, N. (2023). Pengembangan Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Digital pada Kelas III SD Muhammadiyah Perumnas Kecamatan Rappocini Kota Makassar. Global Journal Basic Education, 2(3), 250–261.
Hutomo, K. T. (2022). Pengembangan Alat Bantu Latihan Untuk Block Dalam Olahraga Bolavoli. Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Indiani, B. (2020). Mengoptimalkan Proses Pembelajaran dengan Media Daring pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 1(3), 227–232.
Kesumadewi, D. A., Agung, A. A. G., & Rati, N. W. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.
Kesumadewi, D. A., Gede Agung, A. A., & Wayan Rati, N. (2020). Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Media Cerita Bergambar Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa SD. Mimbar PGSD Undiksha, 8(2), 303–314.
Lee, W. W., & Owens, D. L. (n.d.). Multimedia-Based Instructional Design: In Pfeiffer. Pfeiffer.
Mawanto, A., Siswono, T. Y. E., & Lukito, A. (2020). Pengembangan Media Cerita Bergambar untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pecahan Kelas II. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 424–437. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.243
Pramesti, F. (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 283. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16144
Purnama, R. B. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Suplemen Pembelajaran Fisika SMA Pada Materi Usaha dan Energi. Universitas Lampung.
Purwaningsih, S. (2020). Penggunaan SQ3R dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Cepat. Dinamika, 3(2), 74. https://doi.org/10.35194/jd.v3i2.1002
Qonitah, Z. R., Supiani, T., & Jubaedah, L. (2020). Pengembangan Video Tutorial dalam Materi Rias Fantasi Di Program Studi Tata Rias. Jurnal Tata Rias, 10(1), 1–12. https://doi.org/10.21009/10.1.1.2009
Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173. https://doi.org/10.22437/jiituj.v4i2.11605
Sari, N., & Liansari, V. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Keterampilan Membaca Nyaring pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3020–3034. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.8163
Sembiring, S. B., & Arisandy, D. (2016). Model Online Learning untuk Perguruan Tinggi menggunakan Pendekatan ADDIE. Jurnal SIFO Mikroskil, 17(1), 29–38. https://doi.org/10.55601/jsm.v17i1.274
Shofira. (2022). Metode Membaca Huruf Abjad Bagi Anak Usia Dini. ALMURTAJA: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 1(1), 20–25.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. In Alfabeta. Alfabeta.
Wiyanti, H. (2023). Pengembangan Sarana Pojok Baca untuk Meningkatkan Minat Baca dan Literasi Siswa SDN Sisir 04 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 2(4), 2130–2151.
Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar. Journal on Education, 5(2), 3928–3936. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.1074
Yaumi Muhammad. (2017). MEDIA PEMBELAJARAN: Pengertian, Fungsi, dan Urgensinya bagi Anak Milenial. Repository, Juni, 1–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2534
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |