PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS QUIZIZZ PADA MATERI LUAS DAN KELILING BANGUN DATAR DI KELAS V

Sri Indar Parawansa Aliu, Rustam Husain, Nur Sakinah Aries

Abstract


Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik elektronik berbasis quizizz, dan untuk mengetahui kelayakan E-LKPD yang dilihat dari penilaian ahli materi, ahli media dan respon guru serta siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau research and development dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Namun peneliti membatasi penelitian ini hanya sampai pada tahap Implementation. Hasil penelitian menunjukan bahwa aspek kelayakan produk E-LKPD yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata 84,3% dari ahli materi, persentase rata-rata 95% dari ahli media dan hasil angket respon guru memperoleh diperoleh persentase rata-rata 93,18% serta hasil angket respon siswa diperoleh persentase rata-rata 94,94%. Sehingga hasil dari rekapitulasi dari keseluruhan memperoleh skor 91,85%. Dengan demikian lembar kerja peserta didik elektronik berbasis quizizz yang dikembangkan berada pada kategori sangat layak digunakan dalam kegiatan belajar mengajar

Keywords


E-LKPD; Quizizz; Luas dan Keliling Bangun Datar

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Aini, Y. I. (2019). (PENTING) Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Aries, N. S. (2023). Efektivitas Mastery Learning with Quiz Team terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(4), 1349–1358.

Fasha, E. F. (2015). Pemahaman Konsep Esensial Matematis Melalui Belajar Aktif pada Mata Kuliah Statistika. Jurnal Dialektika Program Studi Pendidikan Matematika, 2(2), 60–67.

Fuadi, H., Melita, A. S., Siswadi, S., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Inovasi LKPD dengan Desains Digital Sebagai Media Pembelajaran IPA di SMPN 7 Mataram pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.184

Indrawati, F. (2020). eningkatan kemampuan literasi matematika di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Sains.

Marshanawiah, A., Ningsih, S., Alwi, N. M., Nurdiyanti, A., Dukei, N., Datar, B., & Dasar, S. (2023). Pengembangan Media E -Tangram Geometri Berbasis Android Pada. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(4), 141–148.

Nirmayani, L. H. (2022). Kegunaan Aplikasi Liveworksheet Sebagai LKPD Interaktif Bagi Guru- Guru SD di Masa Pembelajaran Daring Pandemi Covid 19. 3(1), 9–16.

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2020). Kesulitan Belajar Siswa pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika.

Rahmah, D. A., & Abadi, A. P. (2020). Kesulitan Belajar Siswa Pada Proses Pembelajaran Matematika. Prosiding Sesiomadika, 945–949.

Ruqoyyah, S., Murni, S., & Linda, L. (2020). Kemampuan pemahaman konsep dan resiliensi matematika dengan VBA microsoft excel. In CV. Tre Alea Jacta Pedagogie. CV. Tre Alea Jacta Pedagogie.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian dan Pengembangan. In Alfabeta. Alfabeta.

Sukmawati, S., & Amelia, R. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Materi Segiempat Berdasarkan Teori Nolting. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 423–432.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation dengan Pendekatan Saintifik di SD. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 55–68.

Unaenah, E., Hidyah, A., Aditya, A. M., Yolawati, N. N., Maghfiroh, N., Dewanti, R. R., & Safitri, T. (2020). Teori Brunner pada Konsep Bangun Datar Sekolah Dasar. Nusantara : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 327–349.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com