PENGEMBANGAN MEDIA KAPERA (KARTU PERKALIAN) PADA SISWA KELAS II

Fatmah Djamil, Rusmin Husain, Nur Sakinah Aries

Abstract


Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Sugiyono dengan 7 langkah, yaitu : 1) Potensi dan Masalah, 2) Pengumpulan Data, 3) Desain Produk), 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi Produk. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan media ini adalah untuk mengetahui desain pengembangan dan kelayakan media Kapera yang dilihat dari penilaian ahli materi, ahli media dan respon guru serta siswa setelah menggunakan media. Hasil penelitian pengembangan media Kapera (Kartu Perkalian) telah memenuhi kategori sangat layak dengan presentase dari penilaian ahli materi 85,71% dan ahli media 100% sehingga sudah layak diujicobakan. Kemudian dari hasil respon guru terhadap media diperoleh presentase 91,42% dalam kategori sangat baik dan respon peserta didik diperoleh rata-rata presentase 94,48% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Kapera (Kartu Perkalian) yang dikembangkan layak digunakan dalam proses pembelajaran siswa kelas II SDN 3 Talaga Jaya.

Keywords


Kapera (Kartu Perkalian); Media Pembelajaran; Matematika SD

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Aulya, R., Zulyusri, Z., & Rahmawati, R. (2021). Media Pembelajaran Berbentuk Kartu dengan Metode Permainan UNO pada Materi Protista. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 421. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.34743

Dina, A., Yohanda, D., Fitri, J., Hakiki, M. U., & Sukatin. (2022). Teori Kinerja Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Edukasi Nonformal, 3(1), 149–158.

Istiq’faroh, N., & Aliyah, A. (2022). Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.55732/jmpd.v1i1.3

Juli, J., Pambudi, C. N. A., Saputri, M. W., Dewi, P. T., Sulityowati, F., & Dendy, D. (2021). Peningkatan Kualitas Pembelajaran Perkalian dengan Patung Kasep Julang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 12(4), 606–612. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v12i4.4158

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media Pembelajaran bagi Pendidik di Sekolah dan Masyrakat. Prenada Media.

Maghfiroh, A. N., Daksana, M. F. E. H., & Siti, N. S. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 4(1), 55–64. https://doi.org/10.29303/griya.v4i1.429

Maulana, I. M., Yaswinda, Y., & Nasution, N. (2020). Pengenalan Konsep Perkalian Menggunakan Media Rak Telur Rainbow pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 512. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.370

Ompusunggu, V. D. K. (2022). Penggunaan Media dalam Pembelajaran Matematika dan Manfaatnya di SMP Negeri 1 Paranginan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Saintek, Sosial Dan Hukum.

Pinahayu, P., Prayogo, A. S., & Hajron, K. H. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Bawah Pada Pembelajaran Matematika Dengan Media Dakon. In Prosiding University Research Colloquium, 430–436.

Putri, D. K., Sulianto, J., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, 3(3), 351. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i3.19497

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan Belajar pada Anak Usia Dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 161–179. https://doi.org/10.37680/adabiya.v15i01.257

Ziliwu, S. H., Sarumaha, R., & Harefa, D. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematika pada Materi Transformasi Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Lahusa Tahun Pembelajaran 2020/2021. AFORE : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 15–25. https://doi.org/10.57094/afore.v1i1.433




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2510

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com