INSTRUCTIONAL SYSTEM DESIGN DAN APLIKASINYA DALAM PENYUSUNAN BAHAN AJAR

Ridwanto Djahuno, Idan I. Pakaya, Uznul Zakarina

Abstract


Penerapan dari Insrtuctional System Design Dalam pembuatan suatu bahan ajar untuk sebuah pembelajaran haruslah berdasarkan dari Instruksional system design agar bahan ajar yang tercipta bukan hanya bahan ajar yang selalu terulang ulang tahun demi tahun tanpa adanya suatu kebaharuan dalam bahan ajar yang dibuat. Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan sistem desain instruksional atau yang dikenal dengan desain pembelajaran dan penerapanya dalam penyusunan bahan terbuka. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif dengan menggunakan metode dokumentasi. Sumber data penulis memperoleh dari kepustakaan dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik temuan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan ISD dalam pembuatan bahan ajar masih sangat jarang dilakukan oleh para pendidik. Hal ini berdampak pada kualitas bahan terbuka yang kurang relevan dengan kebutuhan belajar siswa yang terus berkembang. Oleh karena itu, disarankan agar pendidik lebih mengadopsi pendekatan ISD dalam persiapan bahan terbuka untuk meningkatkan efektivitas dan inovasi dalam pengajaran.

Keywords


Instructional, System design, Implementasi instructional system design, Bahan ajar

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abdul Wahid. (2018). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar. ISTIQRA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 5(2).

Ashif Az Zafi. (2018). Transformasi budaya melalui lembaga pendidikan (pembudayaan dalam pembentukan karakter). Al Ghazali: Jurnal Kajian Pendidikan Islam Dan Studi Islam, 1(1).

Dolong, J. (2016). Teknik Analisis dalam Komponen Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(2), 293–300.

Fatih, M., & Syadzili, R. (2018). Peran desain pembelajaran dalam pengembangan moral anak didik. At-Ta’dib : Jurnal Ilmiah Pendidika Agama Islam, 10(2), 128–135.

Gunawan, D., Musthafa, B., & Wahyudin, D. (2022). Pengembangan Desain Pembelajaran Berbasis Verbal Linguistik Intelligence untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Peserta Didik. Jurnal Basicedu, 6(2), 2979–2993.

Hakeu, F., Pakaya, I. I., Djahuno, R., Zakarina, U., & Tangkudung, M. (2023). Workshop Media Pembelajaran Digital Bagi Guru Dengan Teknologi AI (Artificial Intelligence). Mohuyula: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 1–14.

Hidayat, T., & Asyafah, A. (2019). Konsep Dasar Evaluasi dan Implikasinya dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 159–181.

Husain, R., Rahmat, A., & Pakaya, I. I. (2020). Learning Models And Students Personality Types On Learning Outcomes. Solid State Technology, 63(6).

Magdalena, I., Septiarini, A. A., & Nurhaliza, S. (2020). PENERAPAN MODEL-MODEL DESAIN PEMBELAJARAN MADRASAH ALIYAH NEGERI 12 JAKARTA BARAT. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 241–265.

Magdalena, I., Syaifulloh, A., Salsabila, A., Tangerang, U. M., Pembelajaran, D., Pembelajaran, P., & Pembelajaran, P. (2023). ASUMSI DASAR DAN DESAIN PEMBELAJARAN. Sindoro Cendikia Pendidikan, 2(5). https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Marhalim, M. (2021). Proses Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah Hidayatul Mubtadiin Mendahara Ulu. Jurnal Pendidikan Guru, 2(2), 37–45. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v2i2.227

Mayangsari Nikmatul Rahmi, I. W. A. U. H. (2022). Volume 03, Number 02 August 2022. INCARE: International Journal of Educational Resources., 03(02).

Pakaya, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19 pada SDN 27 Kota Selatan Kota Gorontalo. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Pribadi, R. B. A. (2009). Model-Model Desain Sistem Pembelajaran. PT. Dian Rakyat.

Putrawangsa, S. (2018). Desain pembelajaran: Design research sebagai pendekatan desain pembelajaran. CV. Reka Karya Amerta.

Rozie Iskandar, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065.

Sogianor, & Syahrini. (2022). Model Pembelajaran Pai Di Sekolah Sebelum , Saat ,. Educatioanl Journal: General and Specific Research, 2(1), 113–124.

Suprihatin, S., & Mariani Manik, Y. (2020). Guru Menginovasi Bahan Ajar Sebagai Langkah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 8(1), 65–72.

Suryaningsih, C., Rachmani, N., & Nino, D. (2021). Kajian Teori : Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Preprospec Berbantuan TIK pada Materi Barisan dan Deret. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 4, 119–128.

Syadzili, M. F. R. (2018). Peran Desain Pembelajaran Dalam Pengembangan Moral Anak Didik. AT-TA’DIB: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 10(2), 128–135.

Undang-undang RI Nomor 20, T. 2003. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i2.2507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com