PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA

Imin Amrain, Meyko Panigoro, Ardiansyah Ardiansyah, Frahmawati Bumulo, Agil Bahsoan

Abstract


Pada kegiatan belajar mengajar salah satu factor keberhasilan proses pembelajaran ditentukan oleh metode pembelajaran yang digunakan oleh guru khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Terpadu di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tabongo Kabupaten Gorontalo. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan sampel penelitian berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik implementasi metode diskusi yang digunakan oleh guru, maka semakin besar pula kemampuan berpikir kritis siswa. metode diskusi terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS terpadu di SMP. Penerapan metode ini dapat membantu siswa menjadi lebih analitis, reflektif, dan mampu menghadapi tantangan akademik dengan lebih baik.

Keywords


Penerapan Metode Diskusi, Kemampuan Berpikir Kritis

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966/1530

Djafar, V., Hinelo, R., & Bahsoan, A. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Repository Universitas Negeri Gorontalo.

Efendi, U. H. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik ….

Hamisi, F., Panigoro, M., & Mahmud, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Di Kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi Kabupaten Boalemo. Repository Universitas Negeri Gorontalo, 1–8.

Hayati, U. H. (2020). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Global Health, 5(1), 55. http://repository.radenintan.ac.id/10783/1/pusat.pdf

Hilumalo, J., Kadji, Y., & Abdul, I. (2016). engaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Produktif 1 Di Smk Negeri 1 Gorontalo. Repository Universitas Negeri Gorontalo.

Mooduto, S., Yunus, H., & Bumulo, F. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate Di Sma Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Repository Universitas Negeri Gorontalo.

Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53

Panggabean, L., & Andiani, L. (2020). Perbandingan Metode Diskusi Kelompok Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Pembelajaran Bidang Studi Ekonomi Di Sma N 8 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 4(1), 2597–8853. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33087/sjee.v4i1.70

Ramadhani, N., Sembiring, M., & Wibawa, S. (2018). Upaya Meningkatkan Patriotisme Dengan Metode Diskusi Materi Bela Negara Pelajaran Pkn Siswa Kelas Xi Ipa Sma Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 68. https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.55

Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Virus Kelas X Di SMA Negeri 5 Palembang. 1–183.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Susana, D. V., & Suyato. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangmojo. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 512–521.

Tangahu, N., Panigoro, M., Ardiansyah, A., Moonti, U., Hafid, R., & Sudirman, S. (2023). Penerapan Teknik Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration, And Creativity (4C) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 34–43. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i3.21640




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2489

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com