PENGARUH PENERAPAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF FULL TEXTReferences
Dhamayanti, P. V. (2022). Systematic literature review: Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Indonesian Journal of Educational Development, 3(2), 209–219. https://ojs.mahadewa.ac.id/index.php/ijed/article/view/1966/1530
Djafar, V., Hinelo, R., & Bahsoan, A. (2012). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi dan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Repository Universitas Negeri Gorontalo.
Efendi, U. H. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik ….
Hamisi, F., Panigoro, M., & Mahmud, M. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu Dengan Menggunakan Metode Diskusi Kelompok Di Kelas VII SMP Negeri 8 Dulupi Kabupaten Boalemo. Repository Universitas Negeri Gorontalo, 1–8.
Hayati, U. H. (2020). Pengaruh Metode Focus Group Discussion Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Sosial Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Global Health, 5(1), 55. http://repository.radenintan.ac.id/10783/1/pusat.pdf
Hilumalo, J., Kadji, Y., & Abdul, I. (2016). engaruh Penggunaan Metode Diskusi Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Matapelajaran Produktif 1 Di Smk Negeri 1 Gorontalo. Repository Universitas Negeri Gorontalo.
Mooduto, S., Yunus, H., & Bumulo, F. (2016). Perbedaan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Diskusi Dan Metode Active Debate Di Sma Negeri 1 Bonepantai Kabupaten Bone Bolango. Repository Universitas Negeri Gorontalo.
Nafiah, Y. N., & Suyanto, W. (2014). Penerapan Model Pbm Untuk Meningkatkan Kinerja Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125–143. https://doi.org/10.33369/diklabio.1.1.45-53
Panggabean, L., & Andiani, L. (2020). Perbandingan Metode Diskusi Kelompok Dan Metode Ceramah Terhadap Hasil Pembelajaran Bidang Studi Ekonomi Di Sma N 8 Kota Jambi. Scientific Journals of Economic Education, 4(1), 2597–8853. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.33087/sjee.v4i1.70
Ramadhani, N., Sembiring, M., & Wibawa, S. (2018). Upaya Meningkatkan Patriotisme Dengan Metode Diskusi Materi Bela Negara Pelajaran Pkn Siswa Kelas Xi Ipa Sma Ypis Maju Binjai Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 1(1), 68. https://doi.org/10.37755/jspk.v1i1.55
Sari, D. P. (2017). Pengaruh Metode Diskusi Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Virus Kelas X Di SMA Negeri 5 Palembang. 1–183.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta CV.
Susana, D. V., & Suyato. (2017). Pengaruh Penerapan Metode Diskusi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Karangmojo. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 512–521.
Tangahu, N., Panigoro, M., Ardiansyah, A., Moonti, U., Hafid, R., & Sudirman, S. (2023). Penerapan Teknik Pembelajaran Critical, Communication, Collaboration, And Creativity (4C) Dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Siswa. Journal of Economic and Business Education, 1(3), 34–43. https://doi.org/10.37479/jebe.v1i3.21640
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2489
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
![]() | SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com |