PEMANFAATAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Anik Mufarrihah, Nimim Nimim, Hasna Koba'a, Suma K Saleh, Hasrat A Aimang

Abstract


Proses pembelajaran akan berjalan dengan baik tentunya dengan menggunakan media perantara yang tepat dengan materi yang diajarkan. Selain sebagai media perantara juga berguna untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu, seperti benda yang terlalu besar dapat digantikan dengan kenyataan, gambar, atau bingkai film. Adapun tujuan penelitian ini dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam di MA DDI Midaarul Ulum Kilongan, adalah untuk mengetahui keadaan media pembelajaran yang ada di MA DDI Midaarul Ulum Kilongan, serta  diketahui penggunaan suatu media pengajaran didalam proses meningkatkan wawasan anak didik. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data dengan menggunakan tehnik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemanfaatan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Pengetahuan pelajar di sekolah tersebut, yaitu sangat baik, yang mana dalam penggunaan media pembelajaran, dapat membantu tenaga pendidik dalam menyampaikan materi yang diajarkan. Dalam kegiatan proses belajar mengajar di DDI Midaarul Ulum Kilongan, media yang populer digunakan yaitu media audio visual. Karena dengan menggunakan media audio visual dapat menarik perhatian siswa sehingga dapat mempermudah dalam mempelajari suatu pembelajaran yang diberikan oleh tenaga pendidik

Keywords


Media, Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abdullah, Ma’ruf. 2016. “Manajemen Komunikasi Periklanan.” Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arsyad, Azhar. 2002. “Media Pembelajaran, Edisi 1.” Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 36.

Farikha, Luqia Intan, Tri Redjeki, and Suryadi Budi Utomo. 2015. “Penerapan Model Pembelajaran Predict Observe Explain (POE) Disertai Eksperimen Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI MIA 3 SMA Negeri 4 Surakarta Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Kimia 4(4):95–102.

Ihsan, Hamdani, and Fuad Ihsan. 2007. “Filsafat Pendidikan Islam.” Bandung: Pustaka Setia 2001.

Mahnun, Nunu. 2012. “Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran).” Jurnal Pemikiran Islam 37(1).

Reiser, Robert A., and John V Dempsey. 2012. Trends and Issues in Instructional Design and Technology. Pearson Boston.

Ristawati, Ristawati. 2017. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Program Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Sinjai.”

Sabri, Ahmad. 2005. “Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching.” Jakarta: Quantum Teaching.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, and James D. Russel. 2011. “Teknologi Pembelajaran Dan Media Untuk Belajar.” Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wibawa, W., and Farida Mukti. 2001. “Media Pengajaran (Bandung: CV Maulana).”

Yamin, Martinis. 2007. “Desain Pembelajaran Berbasis Tingkat Satuan Pendidikan.”




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i2.2346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com