PENERAPAN METODE PENDEKATAN KECERDASAN EMOSIONAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Farid Haluti, Erniwati La Abute, Jumahir Jumahir, Masrion Tahawali, Sukmawati Sukmawati

Abstract


Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, perlu adanya pendekatan yang strategis dari guru. Pendekatan emosional dapat menjadi salah satu cara dalam masalah ini. Hal ini juga diterapkan oleh guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cokroaminoto Luwuk Banggai dimana dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya menggunakan pendekatan emosional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Pendidikan Agama Islam di SMP Cokroaminoto Luwuk Banggai dalam meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pendekatan emosional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data antara lain observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran PAI di SMP Cokroaminoto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menelaah seluruh data yang tersedia dari berbagai sumber, yaitu observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini meliputi: (1) Penerapan pendekatan emosional penting untuk dilakukan guna membangun kedekatan antara guru dan siswa, (2) Motivasi belajar siswa berbeda-beda dengan adanya pengaruh faktor internal dan eksternal dari siswa, (3) Dengan melakukan pendekatan emosional guru dapat mengetahui bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa.

Keywords


Motivasi Belajar, Pendekatan Emosional

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Aimang, Hasrat A. 2018. “Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Learning Community.”

Bahri, Djamarah Syaiful, And Aswan Zain. 2002. “Strategi Belajar Mengajar Jakarta: Rineka Cipta.” Jakarta: Rineka Cipta.

Crow, Lester D., And Alice Crow. 1958. “Educational Psychology American Book Company.” New York.

Gino, H. J., Suripto Suwarni, And Sutijan Maryanto. 2000. “Belajar Dan Pembelajaran I. Surakarta.”

Glasser, William. 2000. Reality Therapy In Action. Harpercollins Publishers.

Khodijah, Nyayu. 2006. “Psikologi Belajar.”

Koentjaraningrat, Kebudayaan. 1993. “Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Pt.” Gramedia Pustaka Utama.

Lindgren, Percy, Anders Rosén, And Börje Uvnás. 1960. “The Release Of Catechols From The Adrenal Medulla On Activation Of The Bulbar Part Of The Sympathetic Vasodilator Outflow In Cats.” Acta Physiologica Scandinavica 47(2‐3):233–42.

Lubis, Yusnaini. 1988. “Developing Communicative Proficiency In The English As A Foreign Language (Efl) Class.” Jakarta: Depdikbud.

Mudjiono, Dimyati Dan. 2002. “Belajar Dan Pembelajaran Cetakan Kedua.”

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. PROMOSI : Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. http://dx.doi.org/10.24127/ja.v3i1.144




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i2.2296

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com