PENGEMBANGAN DIRI MAHASISWA BAGI KARIR CALON LULUSAN TEKNIK KIMIA

Steven Daniel Sijabat, Iyan Iyan, Dinda Fatimah Azzahra, Farah Fauzia, Beauty Aprillia, Ismi Ari Fitria, Dessy Agustina Sari

Abstract


Era globalisasi telah membuat persaingan dalam mencari pekerjaan menjadi sulit. Meningkatnya jumlah lulusan dan juga meningkatnya kebutuhan perusahaan telah mengakibatkan banyaknya pengangguran. Keterampilan dan pengalaman adalah hal yang diinginkan oleh perusahaan. Banyak lulusan baru yang mengalami kebingungan untuk menentukan karir apa yang akan ditekuni. Metode yang digunakan dalam naskah ini adalah dengan menggunakan studi literatur melalui pengumpulan data dari artikel-artikel di jurnal nasional maupun internasional untuk mendukung topik dan tujuan penulisan. Hasil dari hal ini adalah masih banyak yang hanya sekedar melamar namun tidak memiliki kemampuan atau passion terhadap bidang tersebut. Artikel ini bertujuan untuk mempersiapkan lulusan teknik kimia dalam berkarir dengan memberikan pelatihan dan pengembangan diri. Pelatihan yang dapat mengatasi permasalahan yang berkaitan dengan pekerjaan dan profesi bagi lulusan teknik kimia antara lain pelatihan Aspen Hysys, AutoCAD, ISO, K3, kemampuan bahasa asing khususnya bahasa Inggris, dan sejenisnya. Calon pelamar, selama menjadi mahasiswa, telah mengikuti pelatihan jauh sebelum kelulusan. Kegiatan ini terus berlanjut setelah menyandang status fresh graduate. Para calon lulusan sebelum berkarir telah memiliki modal pengetahuan untuk lebih percaya diri dan termotivasi untuk bersaing dengan para fresh graduate lainnya dalam mencari bahkan meniti karir.

Keywords


Rekayasa perangkat lunak, lulusan baru, soft skill, pembangunan berkelanjutan, dunia kerja

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Adawiyah, R., Malida, T. R., & Muda, I. (2021). The role of the Microsoft office Visio in producing accounting information. International Journal of Multidisciplinary Research and Growth Evaluation, 2(1), 83–86. https://www.allmultidisciplinaryjournal.com/archivesarticle/2021.v2.i1.86.pdf

Alfath, M. I., Fadzrin, A. G., Kamil, M. I., & Sari, D. A. (2020). Praktikum mahasiswa teknik kimia unsika: Teori melalui daring dan praktek di normal baru. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1374–1378. https://doi.org/10.31219/osf.io/q2ack

Andrews, J., & Higson, H. (2008). Graduate employability, ‘soft skills’ versus ‘hard’ business knowledge: A european study. Higher Education in Europe, 33(4), 411–422. https://doi.org/10.1080/03797720802522627

Asiah, N., Sari, D. A., Triyastuti, M. S., & Djaeni, M. (2023). Peralatan pengering pangan. Bintang Semestar Media Yogyakarta. https://www.researchgate.net/publication/375379987_PERALATAN_PENGERING_PANGAN

Askia, S., Manurung, K., & Wahyudin, W. (2016). Improving speaking skills through active learning strategy of the year eight students. E-Journal of English Language Teaching Society (ELTS), 4(2), 1–13. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/ELTS/article/view/6016

Atmodjo, S. S., Yasin, Y., Erwin, E., Hidayat, M., Sari, D. A., Tuba, S., Rumondor, R., Siregar, S., Effendi, E., Anwar, I. F., & Muttaqin, M. (2023). Dasar-dasar mikrobiologi. PT Masagena Mandiri Medica. https://www.researchgate.net/publication/370871795_Dasar-Dasar_Mikrobiologi

Ayun, Q., Rosmawati, A., Sari, D. A., Gurning, K., Lestari, Y. P. I., Khurniyati, M. I., Nendissa, S. J., Novitriani, K., Aryasa, I. W. T., Fahmi, A., Naulina, R. Y., Nendissa, D. M., Sr, M. Z., Hati, R. P., Fauziah, S., & Hasibuan, A. K. H. (2023). Kimia organik. Penerbit Widina Bhakti Persada Bandung. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/559158-kimia-organik-894999a4.pdf

Bariqi, M. D. (2018). Pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia. Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis, 5(2), 64–69. https://doi.org/10.21107/jsmb.v5i2.6654

Clement, A., & Murugavel, T. (2015). English for employability: A case study of the english language training need analysis for engineering students in India. English Language Teaching, 8(2), 116–125. https://doi.org/10.5539/elt.v8n2p116

Darmayanti, E. (2018). Perlidungan hukum terhadap pelaksanaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3) pada perusahaan. JCH (Jurnal Cendekia Hukum), 3(2), 283. https://doi.org/10.33760/jch.v3i2.21

Fitria, I. A., Sari, D. A., Fahriani, V. P., & Djaeni, M. (2022). Shell and tube heat exchanger fouling factor via Heat Transfer Research Inc (HTRI) software. Reka Buana: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil dan Teknik Kimia, 7(2), 104–113. https://doi.org/10.33366/rekabuana.v7i2.4030

Gamal, N. L., Taneo, S. Y. M., & Halim, L. (2018). Job satisfaction as a mediation variable in the relationship between work safety and health (K3) and work environment to employee performance. Jurnal Aplikasi Manajemen, 16(3), 486–493. https://doi.org/10.21776/ub.jam.2018.016.03.13

Handayani, S. (2016). Pentingnya kemampuan berbahasa Inggris sebagai dalam menyongsong ASEAN. Ikatan Sarjana Pendidikan Indonesia (ISPI) Jawa Tengah, 3(1), 102–106. http://ispijateng.org/wp-content/uploads/2016/05/PENTINGNYA-KEMAMPUAN-BERBAHASA-INGGRIS-SEBAGAI-DALAM-MENYONGSONG-ASEAN-COMMUNITY-2015_Sri-Handayani.pdf

Handayani, T. (2015). Relevansi lulusan perguruan tinggi di Indonesia dengan kebutuhan tenaga kerja di era global. Jurnal Kependudukan Indonesia, 10(1), 53. https://doi.org/10.14203/jki.v10i1.57

Hunusalela, Z. F., Perdana, S., & Tiara, T. (2021). Pelatihan ISO 9001: 2015 kepada lembaga bimbingan belajar insan cendikia gemilang. Jurnal Ikraith-Abdimas, 3(4), 205–210. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/IKRAITH-ABDIMAS/article/view/1538/1258

Iyan, I., Ulfa, V. S., & Sari, D. A. (2020). Pendampingan peningkatan komunikasi berbahasa Inggris bagi mahasiswa/i teknik kimia kabupaten Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020, 98–104.

Komarudin, M., Widodo, W., & Dewi, I. N. (2021). Training and counseling on the importance of work safety in BBPLK Serang city. International Journal of Engagement and Empowerment, 1(1), 61–63. https://doi.org/10.53067/ije2.v1i1.21

Manara, M. U. (2014). Hard skills dan soft skills pada bagian sumber daya manusia di organisasi industri. Jurnal Psikologi Tabularasa, 9(1), 37–47. https://jurnal.unmer.ac.id/index.php/jpt/article/view/231/102

Matsouka, K., & Mihail, D. M. (2016). Graduates’ employability: What do graduates and employers think? Industry and Higher Education, 30(5), 321–326. https://doi.org/10.1177/0950422216663719

Naulina, R. Y., Stiawan, E., Nendissa, S. J., Nendissa, D. M., Sari, D. A. S., Ariyanti, D., Sulistyo, A. B., Siahaya, A. N., Fatnah, N., Rahim, H., Rosmawati, A., Khurniyati, M. I., & Fahmi, A. (2023). Kimia industri. Penerbit Widina Media Utama. https://repository.penerbitwidina.com/media/publications/563628-kimia-industri-64fe6020.pdf

Nihayati, I., Bahri, Moh. S., Pujiastuti, A., & Yatiningrum, A. (2021). The importance of work stress and K3 (occupational health and safety) in assessing employee performance. Wiga: Jurnal Penelitian Ilmu Ekonomi, 11(1), 57–62. https://ejournal.stiewidyagamalumajang.ac.id/index.php/wiga/article/view/607

Nurjanah, A. S. (2018). Kecemasan mahasiswa fresh graduate dalam melamar pekerjaan. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 35. https://doi.org/10.24014/0.879160

Permata, N. N., & Hadiani, D. (2018). Pelatihan bahasa Inggris dasar dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa bidikmisi Polman Bandung. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 2(4), 1–5. http://journal.unpad.ac.id/pkm/article/view/19781

Prabowo, H., Prengki, I., & Amran, A. (2019). Analysis system occupational health and safety in coal underground. Journal of Physics: Conference Series, 1339(012107), 1–5. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1339/1/012107

Purnamasari, R., Malani, S., Savitri, M. D., Lestari, R. N., Salsabilla, A., & Sari, D. A. (2020). Pembelajaran tatap muka dan daring terhadap perkuliahan mahasiswa teknik kimia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1364–1369.

Purwanto, A., Asbari, M., Novitasari, D., Nugroho, Y. A., & Sasono, I. (2021). Peningkatan keamanan pangan melalui pelatihan ISO 22000:2018 sistem manajemen keamanan pangan pada industri kemasan makanan di Tangerang. Journal of Community Service and Engagement, 1(2), 13–20. https://jocosae.org/index.php/jocosae/article/view/10

Rahmatunissa, A., Kusumawati, E. D., Nulfaidah, F., Azzhara, M., Sumarsih, S., & Sari, D. A. (2020). Keberlanjutan kemampuan dasar bahasa Inggris bagi mahasiswa/i teknik kimia. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 171. https://doi.org/10.31219/osf.io/5d7yc

Ramadhan, A. (2016). Pelatihan penggunaan software AutoCAD bentuk 3 dimensi sebagai pelengkap gambar kerja. Jurnal Abdi Masyarakat, 2(1), 6–18. https://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/jam/article/view/6106

Rasid, Z., & Tewal, B. (2018). Pengaruh hard skill dan soft skill terhadap kinerja karyawan Perum Damri Manado. EMBA, 6(2), 1008–1017. https://doi.org/10.35794/emba.v6i2.20030

Rizwan, A., Demirbas, A., Hafiz, N. A. S., & Manzoor, U. (2018). Analysis of perception gap between employers and fresh engineering graduates about employability skills: A case study of Pakistan. International Journal of Engineering Education, 34(1), 248–255. https://www.researchgate.net/publication/323588485_Analysis_of_perception_gap_between_employers_and_fresh_engineering_graduates_about_employability_skills_A_case_study_of_Pakistan

Rosmaini, R., & Tanjung, H. (2019). Pengaruh kompetensi, motivasi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai. Maneggio: Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 2(1), 1–15. https://doi.org/10.30596/maneggio.v2i1.3366

Rumira, M. S., Putri, L. D. J., Alfisyahri, S., Rahmawati, F., Alya, N. V. N., Patimah, S., & Sari, D. A. (2023). Personal competencies of chemical engineering student graduates before entering the world of work. Jurnal Pendidikan Glasser, 7(2), 423–4300. https://doi.org/10.32529/glasser.v7i2.2897

Sammalisto, K., & Brorson, T. (2008). Training and communication in the implementation of environmental management systems (ISO 14001): A case study at the University of Gävle, Sweden. Journal of Cleaner Production, 16(3), 299–309. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2006.07.029

Sari, D. A. (2018). Matematika universitas (soal dan penyelesaian bagi pemula): Turunan dan transformasi Laplace. My Freedoms.

Sari, D. A. (2021). Persamaan diferensial orde satu (soal dan penyelesaian bagi pemula): Variabel terpisah, homogen, dan eksak. Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia.

Sari, D. A., Hakiim, A., & Efelina, V. (2019). Kajian ulang pemahaman konsep integral-turunan pasca ujian akhir semester. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 10(1), 1–5. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i1.2050

Sari, D. A., Martin, M. R., Azzhara, M., Firdaus, M. A., Ulfa, V. S., Ikhtiari, T., & Sumarsih, S. (2021). Top 33 chemical engineering essay competition (part 1). Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia. https://www.researchgate.net/publication/358356753_Top_33_Chemical_engineering_essay_competition_part_1

Sari, D. A., Sukanta, S., Hakiim, A., Fitriah, F., & Lamandu, D. (2020). PKM di kabupaten Karawang: Pendampingan penggunaan aplikasi pendekatan SKD berbasis CAT. Buletin Udayana Mengabdi, 19(3), 340–346. https://ojs.unud.ac.id/index.php/jum/article/download/59626/36976

Sari, I. (2019). Kesulitan mahasiswa dalam pembelajaran bahasa Inggris. Jurnal Manajemen Tools, 11(1), 81–98. https://jurnal.pancabudi.ac.id/index.php/JUMANT/article/view/506

Sukanta, S., Sari, D. A., & Musadad, A. (2020). Pelatihan sistem manajemen K3 dan new normal industri di PT TEiN Karawang. Prosiding Seminar Nasional Rekarta 2020, 105–113.

Sutardi, M. P., Fardiansyah, M. I., Fauzia, F., & Sari, D. A. (2020). Program simulasi Aspen Hysis bagi mahasiswa teknik kimia di semester awal. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1, 1370–1373. https://doi.org/10.31219/osf.io/e3t72

Tang, T., & Wang, J. (2019). Study on computer software applied in teaching of design of chemical engineering principles. OALib, 06(03), 1–4. https://doi.org/10.4236/oalib.1105295

Teles Dos Santos, M., Vianna Jr., A. S., & Le Roux, G. A. C. (2018). Programming skills in the industry 4.0: Are chemical engineering students able to face new problems? Education for Chemical Engineers, 22, 69–76. https://doi.org/10.1016/j.ece.2018.01.002

Ulfa, V. S., Kharisma, H. D., & Sari, D. A. (2020). Optimasi akademisi dan mata kuliah teknik kimia melalui peran praktisi industri. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 1, 1379–1383. https://doi.org/10.31219/osf.io/uf45p

Valiente Barderas, A., & Carlos Galdeano, B. (2014). Habilidades espaciales y competencias en Ingeniería Química. Educación Química, 25(2), 154–158. https://doi.org/10.1016/S0187-893X(14)70539-7

Wahyudi, W., Kosim, K., & Taufik, M. (2019). Pelatihan pembuatan ilustrasi bahan ajar dengan menggunakan Microsoft Visio Drawing 2010. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(1), 43–47. https://doi.org/10.29303/jppm.v2i1.1010

Yu, Z., & Xiong, Z. (2018). Comparative analyses for the performance of Rational Rose and Visio in software engineering teaching. Journal of Physics: Conference Series, 1087, 062041. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1087/6/062041




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com