LITERASI MEMBACA DAN MENULIS SERTA PEMBELAJARANNYA PADA ANAK USIA DINI

Mawaddah Mawaddah

Abstract


Literasi anak usia dini adalah proses mengenalkan anak pada dunia literasi, termasuk membaca, menulis, dan pemahaman pada usia yang sangat muda, biasanya sebelum mereka memasuki sekolah dasar. Membangun literasi pada anak usia dini sangat penting karena ini adalah tahap kritis dalam perkembangan bahasa, keterampilan kognitif, dan perkembangan sosial-emosional. Salah satu permasalahan di TK ABA Tombiobong adalah masih kurangnya pemahaman tentang literasi, terutama literasi membaca dan menulis. Bahkan, tidak hanya anak-anak tetapi juga orang tua. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan literasi membaca dan menulis serta penerapannya dalam proses pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam mengenalkan literasi guru melakukan berbagai kegiatan yang dibagi menjadi 4 tahap dan hasil yang diperoleh adalah beberapa anak masih lambat dan ada juga yang cepat dan mereka lebih fasih berbahasa daerah daripada bahasa Indonesia.

Keywords


literasi, menulis, pembelajaran

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abidin, Yunus, Tita Mulyati, H. Y. (2017a). PEMBELAJARAN LITERASI: Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca, dan Menulis. Bumi Aksara.

Abidin, Yunus, Tita Mulyati, H. Y. (2017b). PEMBELAJARAN LITERASI: Strategi meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika, Sains, Membaca dan Menulis (Y. N. I. Sari (ed.)). Bumi Aksara.

Astuti, R., & Aziz, T. (2019). Integrasi Pengembangan Kreativitas Anak Usia Dini di TK Kanisius Sorowajan Yogyakarta. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 294. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.99

Bastin, N. (2022). Keterampilan Literasi, Membaca dan Menulis. Nahason Bastin Publishing (Online).

Fadilah, R. (2015). JURNAL PENA INDONESIA (JPI) Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, dan Pengajarannya. Jurnal Pena Indonesia, 1(1), 79–95.

Halimah, L. (2016). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. PT. Refika Aditama.

Hapsari, W., Ruhaena, L., & Pratisti, W. D. (2017). Peningkatan Kemampuan Literasi Awal Anak Prasekolah Melalui Program Stimulasi. Jurnal Psikologi, 44(3), 177. https://doi.org/10.22146/jpsi.16929

Panca, U., & Vol, S. (2023). Arus Jurnal Psikologi dan Pendidikan ( AJPP ) Penerapan Model Atik melalui Bermain dalam Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf pada Anak ADHD di TK A Global Persada Mandiri. Arus Jurnal Psikologi Dan Pendidikan (AJPP), 2(1), 6.

Parapat, I. K., Irwan, M., & Nasution, P. (2023). Mengoptimalkan Pengenalan Literasi Pada Anak Sejak Usia Dini : Menumbuhkan Keterampilan Membaca dan Menulis. 11(1), 38–49.

Sahiruddin. (2021). Pengembangan Literasi Membaca dan Menulis di Era Digital (1st ed.). Media Nusa Creative.

Tantri, A. A. S. (2017). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 1–29.

Tersiana, A. (2020). METODE PENELITIAN. ANAK HEBAT INDONESIA.

Tifani, D. (n.d.). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Kosakata Pada Anak Kelompok a Melalui Bermain Arisan Kata Di Tk Aba Labbaik Ap Iii Ngestiharjo Kasihan Bantul Improving Vocabulary Recognition in Group a By Lottery of Words in Tk Aba Labbaik Ap Iii Ngestiharjo Kasihan Bant. 537–546.

Wijatwati, P. A. (2022). Minat Baca Mahasiswa di Perpustakaan. Information Science and Library, 3(2), 78. https://doi.org/10.26623/jisl.v3i2.5977

Yulia, R., Eliza, D., Kunci, K., Literasi, :, Pengembangan, ;, Berbahasa, L., Anak, ;, & Dini, U. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, V(1), 2549–8371. https://doi.org/10.29313/ga

Yulianti, Y., Andriana, E., & Suparno, S. (2021). Penanaman Karakter Gemar Membaca Melalui Kegiatan Literasi Sekolah pada Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Indonesian Values and Character Education Journal, 4(1), 7–14. https://doi.org/10.23887/ivcej.v4i1.30534




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v4i1.2210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com