STRATEGI PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM (SKI)

Zamzam Mustofa, Imtitsal Lathiful ‘Ulya, Zainul Muqorrobbin, Ria Tri Pangestu, Richa Lutfina Rochim, Mustofa Aji Prayitno

Abstract


Konsentrasi siswa merupakan salah satu faktor yang sangat penting dalam suatu proses pembelajaran. Konsentrasi yang baik dapat membantu siswa untuk menyerap dan mengingat informasi yang diterima dengan lebih baik. Sebaliknya, konsentrasi yang buruk dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam mengikuti pelajaran, mengurangi hasil belajar, dan meningkatkan kemungkinan siswa untuk mengalami kejenuhan atau kebosanan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai (1) Pola pembelajaran SKI di MTs Al Islam Joresan Ponorogo (2) Strategi peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VII MTs Al Islam Joresan Ponorogo pada mata pelajaran SKI (3) Faktor pendukung dan penghambat peningkatan konsentrasi belajar siswa kelas VII MTs Al Islam Joresan Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pemahaman fenomena yang terjadi pada subjek selama proses penelitian yang kemudian dideskripsikan dalam bentuk narasi. Subjek penelitian adalah berbagai pihak yang berkaitan dengan proses pembelajaran SKI kelas VII MTs Al Islam Joresan Ponorogo, di antaranya adalah guru SKI, wali kelas, dan peserta didik. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa guru SKI MTs Al Islam Joresan Ponorogo mempraktikkan beberapa strategi untuk meningkatkan konsentrasi siswa kelas VII, seperti melakukan pemanasan, menjaga lingkungan kelas kondusif, menggunakan metode pembelajaran yang beragam, memberikan tugas yang sesuai dengan minat dan bakat siswa, mengajak siswa bermain game yang berkaitan dengan materi, melakukan tanya jawab, memberikan waktu istirahat cukup, serta memberikan motivasi dan apresiasi. Beberapa faktor yang mempengaruhi peningkatan konsentrasi siswa antara lain keadaan fisik yang optimal, motivasi dari pendidik, lingkungan dan fasilitas, metode pembelajaran, serta pengaruh teman sebaya. Pola pembelajaran yang diterapkan oleh guru di antaranya meminta siswa mengulas pembelajaran terdahulu, berdo'a sebelum memulai pembelajaran, mencatat materi penting, dan mengajukan pertanyaan mengenai hal-hal yang belum dimengerti.


Keywords


Konsentrasi, Pembelajaran, SKI, MTs

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja Petunjuk Bagi Guru dan Orang Tua. Pustaka Setia.

Asmani, J. M. (2011). 7 Tips Aplikasi PAKEM (Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan). Diva Press.

Aviana, R., & Hidayah, F. F. (2015). Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa terhadap Daya Pemahaman Materi pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Universitas Muhammadiyah Semarang, 3(1). https://doi.org/10.26714/jps.3.1.2015.30-33

Darimi, I. (2016). Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah. Jurnal Edukasi, 2(1). http://dx.doi.org/10.22373/je.v2i1.689

Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Kaaffah Learning Center.

Fridaram, O., Istharini, E., Cicilia, P. G. C., Nuryani, A., & Wibowo, D. H. (2021). Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik dengan Bimbingan Klasikal Metode Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 161–170. https://doi.org/10.24246/jms.v1i22020p161-170

Hamalik, O. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar. Tarsito.

Lestari, K. D. (2020). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Siswa Kelas VIII A Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jangkang Kabupaten Sanggau. IKIP PGRI Pontianak.

Muhtar, Kamal, H., & Assaad, A. S. (2019). Upaya Guru Meningkatkan Konsentrasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jurnal Konsepsi, 8(1).

Mulyana, O. P., Izzati, U. A., & Rahmasari, D. (2013). Penerapan Relaksasi Atensi untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Siswa SMK. Jurnal Psikologi: Teori dan Terapan, 3(2).

Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.

Sukri, A., & Purwanti, E. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Brain Gym. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 1(1).

Trimono, Syukri, & Yuliza, E. (2022). Pola Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Era New Normal di SMP IT Al-Ikhlas Pekanbaru. Kreatifitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 11(1). https://doi.org/10.46781/kreatifitas.v11i1.522

Triyono, & Mastur. (2014). Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Bimbingan Karir. Paramitra.

Wibowo, A., Sendratari, L. P., & Wirawan, I. G. M. A. S. (2019). Pola Pembelajaran dan Kendalanya Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket B di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Lestari Gerokgak, Buleleng, Bali. JPSU: Jurnal Pendidikan Sosiologi Undiksha, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i1.1755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com