METODE EKSPERIMEN YANG DIGUNAKAN DALAM PEMBELAJARAN SAINS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK

Sutari Sutari

Abstract


Pembelajaran sains lebih berfokus pada proses menambah pengalaman pada anak-anak. Belajar SAINS dapat dilakukan dengan tujuan mengajak anak berpikir kritis.  Setiap anak diharapkan mampu berperilaku mandiri dalam melakukan eksperimen. Proses belajar sains terdiri dari mengetahui warna, mencampur warna, mengetahui setiap tumbuhan, mengetahui setiap hewan, dan mengetahui setiap gejala alam yang ada di lingkungan. Penelitian yang dilakukan merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan dibuat dalam bentuk kolaboratif dengan menggunakan model Kurt Lewin. Subjek penelitian ini adalah 9 anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam bidang ilmu pengetahuan yang dilakukan melalui metode eksperimen. Teknik pengumpulan data penelitian adalah melalui observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari peningkatan kognitif anak melalui hasil pengamatan dari pra-siklus, siklus I dan Siklus II, adapun peningkatannya yaitu pra-siklus diperoleh skor 47,70%, siklus I memperoleh skor 56,48%, dan pada siklus II memperoleh skor 81,44%. Peningkatan dari Siklus I ke Siklus II sebesar 24,96%. Dari hasil tersebut dapat dikatakan bahwa metode eksperimen efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak dalam pembelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari pencapaian standar keberhasilan yang digunakan, yaitu 75%.


Keywords


Kemampuan Kognitif,Eksperimen,Pembelajaran Sains

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Anggraini., Wika. 2020. “Penerapan Strategi Pemecahan Masalah Dalam Meningkatkan Kemampuan Kognitif Pada Anak Kelompok B.” Jurnal Ilmiah Potensia, Vol. 5 (1): 31–39.

Ery Khaeriyah, Dkk. 2018. “Penerapan Metode Eksperimen Dalam Pembelajaran Sains Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini.” AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak Vol. 4, No: 103.

Juita, R. 2019. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Metode Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 02 Kota Mukomuko.” IJIS Edu : Indonesian Journal of Integrated Science Education, Vol. 1(1),: 43–50.

Kunandar. 2018. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mulyasa. H.E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha. 2015. Pengembangan Pembelajaran Sains pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suharsimi Arikunto. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. (Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi. 2014. Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i1.1731

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com