MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK MELALUI PERMAINAN LEMPAR BOLA

Rahma Rahma, Asraty Poku, Mawaddah Mawaddah

Abstract


Meningkatkan kemampuan motorik kasar Anak melalui permainan lempar bola. Perkembangan motorik kasar anak terhambat atau kurang optimal saat pembelajaran dilakukan secara daring karena kebanyakan anak hanya duduk dan menatap layar laptop atau handphone. Sebaliknya, anak-anak harus dapat bergerak bebas untuk melatih keterampilan motorik mereka seperti menendang bola, berlari, melempar, dan senam, atau sekadar bermain bebas. Latihan semacam ini dapat membantu mengembangkan otot- otot utama yang membentuk keterampilan motorik kasar. Tujuan dari peneltian ini yaitu 1) Perencanaan pembelajran dengan permainan lempar bola dalam mengembangan motorik kasar anak kelompok A 2)Pelaksanaan pembelajaran melalui permainan lempar bola pada anak kelompok A. 3) Peningkatan Motorik Kasar anak setalah mengikuti aktivitas permainan Lempar Bola pada anak kelompok A di TK Pembaharuan peneliti menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan pengamatan yang dikumpulkan di lapangan, kemampuan motorik kasar anak untuk melempar bola terhambat karena pembelajaran motorik kasar belum diterapkan di sekolah secara efektif. Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas yang bergerak dari Siklus I ke Siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan anak dalam melempar bola pada saat kegiatan permainan sudah mulai terlihat pada siklus I, dan sudah sesuai dengan yang direncanakan, meskipun pada siklus I ini anak terlihat belum yakin bagaimana melakukan kegiatan melempar. bola dengan baik dan benar. Ini telah meningkat pada tingkat yang sesuai selama siklus II. Terlihat bahwa komponen penilaian telah berkembang, khususnya dalam permaianan lempar bola. Berdasarkan hasil pada siklus II menunjukan bahwa permainan lempar bola dapat meningkatkan motorik kasar anak hal ini menunjukan bahwa metode permainan lempar bola yang dapat digunakan dalam meningkatkan motorik kasar anak.


Keywords


Motorik Kasar, Permainan Lempar Bola

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Cahyani, N. L. A., Kristiantari, M. R., & Surya Manuaba. (2014). Model Pembelajaran Quantum Melalui Permainan Tradisional untuk meningkatkan Kognitif anak Kelompok B TK Kumara Jaya Denpasar. E-Journal PG-PAUD, 2.

Hurlock, B. E. (2001). Perkembangan Anak (Jilid I, E). Erlangga.

Majid, A. (2005). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Remaja Rosdakarya.

Putro, S. C. dan A. M. N. (2021). Perencanaan Pembelajaran. Ahlimedia Press.

Sudirman. (2001). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada.

Upton, P. (2012). Psikologi Perkembangan. Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v3i1.1730

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com