SEJARAH PERKEMBANGAN LEMBAGA AKREDITASI MANDIRI PENDIDIKAN TINGGI KESEHATAN INDONESIA

Khalilah Khalilah

Abstract


Sejak akhir 2014, Pemerintah Indonesia melalui Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan otoritas kepada Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan Indonesia (LAM-PTKes) untuk mengakreditasi prodi-prodi bidang keilmuwan dan profesi kesehatan di Indonesia. Artikel ini membahas seperti apa sejarah perkembangan lembaga tersebut sebagai lembaga akreditasi akreditasi mandiri. Dengan berbasis metode studi kasus deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa LAM-PTKes adalah LAM yang tertua di Indonesia. LAM ini didirikan pada bulan Maret 2015 oleh 14 assosiasi organisasi keilmuwan dan profesi di bidang kesehatan, yaitu Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI), Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (IAPNI), Asosiasi Pendidikan Kebidanan Indonesia (AIPKIND), Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI), Asosiasi Pendidikan Tinggi Kesehatan Masyarakat Indonesia (AIPTKMI), Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI), Ikatan Bidan Indonesia (IBI), Perhimpunan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI), Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) dan Ikatan Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI). Sebagai LAM tertua, LAM-PTKes saat ini masih menjadi role model bagi LAM-LAM lainnya di Indonesia.

Keywords


Lembaga Akreditasi, Program Studi; Kesehatan.

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Al Idrus, A., Karnan, K., & Setiadi, D. (2018). Analisis Kesiapan Akreditasi Berbasis SAPTO Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 3(2), 221-216

Braun, V., and Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology 3, 77–101.

Boyatzis, R.E. (1998). Transforming Qualitative Information: Thematic Analysis and Code Development. Thousand Oaks, CA: Sage.

Butler-Kisber, L. (2010). Qualitative Inquiry: Thematic, Narrative and Arts-Informed Perspectives. London: Sage Publications Ltd.

Creswell, J.W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. London: Sage

Frank, A., Kurth, D., & Mironowicz, I. (2012). Accreditation and quality assurance for professional degree programmes: comparing approaches in three European countries. Quality in Higher Education, 18(1), 75-95

Haakstad, J. (2001) Accreditation: The new quality assurance formula? Some reflections as Norway is about to reform its quality assurance system. Quality in Higher Education, 7(1), 77-82

Manimala, M.J., Wasdani, K.P., & Vijaygopal, A. (2020). Facilitation and Regulation of Educational Institutions: The Role of Accreditation. VIKALPA The Journal for Decision Makers, 45(1), 7–24

Mursidi, A., Murdani, E., Soeharto, S., Sumarli, S., Ting, I-H., & Wu, J.W. (2019). Development of Internal Quality Assurance Model in Higher Education Institution. Association for Computing Machinery. ACM ISBN 978-1-4503-6602-1/19/01. IC4E 2019, January 10–13, 2019

Simangunsong, E. (2019). Factors Determining the Quality Management of Higher Education: A Case Study at a Business School in Indonesia. Cakrawala Pendidikan, 38(2), 215-227

Sulaiman, A., Nurdin, H., & Zulyadi, T. (2021). Komunikasi Peningkatan Akreditasi Program Studi. Jurnal Peurawi: Media Kajian Komunikasi, 4(1), 61-76.

Sutopo, S., Sugiyono, S., & Setiadi, B.R. (2019). Analysis of the Accreditation Grade of Study Programs of Higher Education in Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 335. 1st International Conference on Education, Social Sciences and Humanities

Widagdo, P.P., Ramadiani, R., Maharani, S., & Junirianto, E. (2019). Sistem Informasi Akreditasi Program Studi di Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi Universitas Mulawarman. QUERY: Jurnal Sistem Informasi, 3(1), 22-35

Yin, R. B. (2014). Case Study Research Design and Methods. London: Sage Publication.

Yulianingsih, Y. (2015). Manajemen Akreditasi Program Studi Pada Perguruan Tinggi. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 5(1), 92-116




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i2.1561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com