INTERAKSI PEMBELAJARAN SENI TARI vs PEMBELAJARAN SENI MUSIK DAN KREATIVITAS TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK KASAR ANAK

Mawaddah Mawaddah, Khairul Akbar

Abstract


Dalam perkembangan motorik anak juga dipengaruhi oleh lingkungan, hal lain adalah sulitnya anak dalam mengikuti pembelajaran, ada juga yang masih ditemani dan dibantu oleh orang tuanya, ada yang tidak percaya diri, tidak mau bergabung dengan temannya, sulit menyesuaikan diri dengan lingkungannya Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni musik dan kreativitas terhadap kemampuan motorik kasar. Hal ini dilakukan berdasarkan observasi awal bahwa kemampuan motoric kasar anak masih rendah. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, desain quasi eksperimen pretest-posttest non equivalent control group design dengan versi factorial 2x2. Bertujuan untuk : 1) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar melalui pembelajaran seni tari dan pembelajaran seni music, 2) mengetahui perbedaan kemampuan motorik kasar dengan kreativitas tinggi dan kreativitas rendah, 3) mengetahui apakah ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak. Populasi penelitian ini adalah siswa di TK DDI Midaarul Ulum Kilongan . teknik pengambilan sampel menggunakan clauster random sampling. Teknik analisis data menggunakan statistic two way ANAVA (Uji F). Hasil penelitian menunjukkan ada interaksi antara pembelajaran seni tari vs pembelajaran seni music dan kreativitas tinggi vs kreativitas rendah terhadap kemampuan motorik kasar anak


Keywords


Seni Tari, Seni Musik, kreativitas, motorik kasar

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Dessy Putri Wahyuningtyas. (2020). Pembelajaran Tari dalam Kurikulum PAUD. guapedia.

Jauhari Kumara Dewi. (2020). Gerak Dasar Tari Untuk Anak Usia Dini. Zuriah 1, No.2, 116.

Khadijah dan Nurul Amelia. (2020). Perkembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Teori dan Praktik (Pertama). Kencana.

Restian, A. (2017). Inovasi Pembelajaran Musik (R. Arina (ed.)). Universitas Muhammadiyah Malang.

Safitri, Ani, Hasmalena, R. (2017). Pengaruh Seni Tari Berbasis Tema Terhadap Motorik Kasar Anak Kelompok B di TK Negeri Pembina Lahat.

Setiawan, K. (2019). Buku Ajar Metodologi Penelitian (p. 7).

Sriyanti, R. A. (2021). Seni Tari Motorik Kasar Anak di TK Al Istiqomah Kota Bekasi. Pendidikan Tambusai, 5, 6650.

Susianty Selaras Ndari dan Chandrawaty. (2018). Telaah Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Edu Publisher.

Wahyuningtyas, D. P. (2020). Pembelajaran Seni Tari dalam Kurikulum PAUD. guapedia.

Yuliani Nurani, S. H. dan S. (2020). No TitleMemacu Kreativitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini (PT. Bumi aksara (ed.)).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1397

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com