PENERAPAN KEGIATAN IMTAQ DALAM MENANAMKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMA

Jumahir Jumahir

Abstract


Pengembangan karakter pada lingkungan sekolah pada siswa merupakan tanggungjawab sekolah itu sendiri, melalui kegiatan imtaq secara rutin. Kegiatan Imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk melalui kegiatan program sekolah. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa di SMA Muhammadiyah Luwuk. Untuk menjawab masalah tersebut digunakanlah penelitian metode kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, dan wawancara. Hasil penelitian Penerapan kegiatan imtaq dalam menanamkan karakter religius siswa, sebagai berikut: Penerapan kegiatan Imtaq di SMA Muhammadiyah Luwuk berjalan dengan baik, dilakukan setiap Jum’at pagi sebelum pembelajaran dimulai. Dengan adanya program Imtaq ini siswa dapat mencerminkan karakter yang religius. Namun dibalik telah berjalannya kegiatan imtaq masih terdapat kendala yang dihadapi dalam kegiatan imtaq, yakni: Terdapat beberapa siswa dan guru yang kurang aktif tidak ikut serta dalam proses kegiatan imtaq. Dengan adanya kendala tersebut maka kepala sekolah mencari solusi yang tepat agar kegiatan imtaq berjalan dengan baik, yakni: Kepala sekolah memberikan arahan kepada semua guru-guru terutama guru pendidikan agama Islam supaya terlibat langsung dalam kegiatan imtaq, karena guru harus memberikan contoh teladan yang baik terhadap siswa dengan ikut terlibat dalam kegiatan imtaq sehingga dapat memotivasi siswa untuk tetap melaksanakan kegiatan imtaq.

Keywords


Penerapan, Kegiatan Imtaq, Karakter Religius

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Departemen Agama RI. 2007. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bogor: Sygma Examedia Arkanlema.

Dita Maya Sita. 2018. Penerapan Program Imtaq Dalam Menanamkan Karakter Siswa Di Smpn 23 Seluma. Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Tadris. IAIN Bengkulu

M. Rudi Gunawan Parozak. 2020. Implementasi Pendidikan Iman Dan Taqwa (IMTAQ) Di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Negeri 1 Lombok Timur. NUSRA: Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan, Vol. 1, Issue 1

Samsul Kurniawan. 2013. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya secara terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siti Hajar. 2019. Penerapan Kegiatan Imtaq Sebagai Sarana Menumbuhkan Nilai Moral Dan Sikap Religius Siswa Di Smpn 1 Lembar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Novan Ardy Wiyani. 2012. Pendidikan Karakter Berbasis Iman dan Taqwa. Yogyakarta: Teras




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1396

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com