PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA DALAM MATA KULIAH SPEAKING FOR SPECIFIC PURPOSE DENGAN TEKNIK ENGLISH DEBATE

Evi Pebri Ila Rachma

Abstract


Ada banyak teknik pembelajaran yang dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa, khususnya dalam bidang speaking.  Di Indonesia sendiri pembelajaran speaking bahasa Inggris dianggap materi yang sulit untuk dipelajarai karena memang orang Indonesia tidak terbiasa mengaplikasikan penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi sehari-hari. Oleh sebab itu dosen harus mampu memeilih teknik pembelajaran speaking yang menyenangkan dan dapat meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa. Salah satu teknik pembelajatan speaking yang dapat meningkatkan kemampuan speaking bahasa Inggris mahasiswa adalah teknik English Debate. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah teknik English Debate efektif dan dapat meningkatkan kemampuan speaking mahasiswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang diterapkan pada mahasiswa Sastra Inggris Universitas Trunojoyo Madura semester dua kelas D tahun ajaran 2021/2022. Selama proses penelitan, pembelajaran speaking dilakukan dengan menggunakan teknik English Debate. PTK dalam penelitan ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata mahasiswa pada siklus I adalah 69 dan masuk pada kategori cukup. Kemudian penelitian dilanjutkan pada siklus II dan didapatkan nilai rata-rata mahasiswa sebesar 81,1 serta masuk pada kategori baik. Sehingga berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa teknik English Debate dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam pembelajaran speaking.


Keywords


Speaking, English debate, Teknik pembelajaran

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Brown H. Doughlash. (2000). Teaching by Principles. An Interactive Approach to Language Pedagogy. Second Edition. Weslet Longman Inc: A Pearson Education Company.

Krisnawati. (2019). Meningkatkan Skill Bahasa Inggris Mahasiswa Program Studi Sastra Inggris Fakultas Ilmu Budaya melalui Pembelajaran Debat Bahasa Inggris. AKSARA Jurnal Bahasa dan Sastra, 20(1), 44 – 54.

Rahmadhani, M. (2020). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Jpkm). Lppm Stkip Al Maksum: Langkat.

Sriwahyuni. (2013). Pengaruh Implementasi Metode Debat Terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Ditinjau Dari Minat Belajar Kelas Xi Ipa Sma Negeri 2 Amlapura. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Administrasi Pendidikan, 4.

Tarigan, H. Guntur. (1990). Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.

Wahyuni, S., Qamariah, H., Gani, S., Yusuf, Y. (2018). Seminar Nasional Pendidikan Dasar. 602-609.

Widarmana. (2015). Pengaruh Metode Debat Terhadap Kemampuan Berbicara Dalam Bahasa Inggris Ditinjau Dari Ekspektasi Karir Bahasa Inggris Pada Siswa Kelas Xii Sma N 1 Kerambitan. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi Administrasi Pendidikan, 6( 1 ).




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com