UPAYA MENINGKATKAN KOSA KATA ANAK MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK B TK NEGERI BAKALINGA

Asraty Poku

Abstract


Kosakata memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan bahasa, oleh karena itu salah satu faktor yang mempengaruhi proses komunikasi adalah penguasaan kosa kata yang cukup. Berdasarkan hasil observasi awal di TK Negeri bakalinga mengenai kemampuan kosa kata anak pada kelompok B menjelaskan fenomena yang terjadi yakni ada beberapa anak yang masih kesulitan dalam berbicara bahkan ada anak yang berbicara melalui bahasa tubuhnya seperti menggelengkan kepala dan menunjuk menggunakan jari tangan bahkan tidak mengeluarkan suara melainkan hanya diam saja. Hal ini dapat dilihat saat guru mengajak untuk bernyanyi Bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan metode bernyanyi untuk meningkatkan kosakata anak kelompok B di TK Negeri Bakalinga. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Adapun hasil penelitian diketahui bahwa secara keseluruhan aktivitas guru dalam penerapan bernyanyi mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada setiap pertemuan yang mengalami peningkatan, pada siklus I dimana pada awalnya sebelum mengikuti pembelajaran dengan metode bernyanyi anak merasa enggan dan kesulitan saat diminta untuk menyebutkan kata yang berkaitan dengan tema pembelajaran, dan meningkat lagi pada siklus II anak yang awalnya pada siklus I masih terlihat malu dan canggung untuk maju dan mengeluarkan suara dan tutur kata , akhirnya anak sudah menjadi lebih antusias dan semangat untuk maju bernyanyi , kata per kata yang awal nya masih terbata bata dan masih belum sempurna, dengan metode bernyanyi anak sudah bisa mengembangkan dan menyempurnakan kemahiran kosa kata tersebut dengan lirik yang di dengarkan. Berdasarkan analisis data maka dapat dikatakan bahwa melalui penerapan bernyanyi dapat meningkatkan penguasaan kosakata anak kelompok B di TK Negeri Bakalinga. Melalui penggunaan metode bernyanyi dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran sebagai salah satu metode untuk meningkatkan kosakata anak

Keywords


Peningkatan, Kosa Kata, Metode Bernyanyi

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Buadanani, B., & Suryana, D. (2021). Upaya Meningkatkan Kosa Kata Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Pancasila Lima Dasar. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 2067–2077.

Fahmi, K. dan. (2020). Pengaruh Metode Bernyanyi terhadap Kemampuan Mengingat Huruf dan Angka pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan, 04, 141–145.

Fauziddin, M., & Fikriya, M. (2020). Mengenal Kosakata Bahasa Arab Melalui Permainan Kartu Huruf Hijaiyah Yang Dilengkapi Kosakata. Journal On Early Childhood Education Research (Joecher), 1, 90–99.

Fazrin, I., Widiana, D., Trianti, I. R., Jaha Baba, K., Amalia, N., Smaut, Y., ... Kediri, M. H. (2018). Pendidikan Kesehatan Deteksi Dini Tumbuh Kembang pada Anak di Paud Lab School UNPGRI Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 1, 6– 14.

Wati, N. S. (2018). Pengaruh Stimulasi Mendengarkan Lagu Dan Bernyayi Terhadap Perkembangan Berbahasa Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 4, 75.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com