PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BERMAIN DAN KEMANDIRIAN TERHADAP KECENDERUNGAN MINAT BELAJAR

Sahrul Salingkat

Abstract


Minat belajar adalah aspek psikologi seorang yang menampakan diri dalam beberapa gejala , seperti gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya.  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Kelompok terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga, (2) Pengaruh Kemandirian terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga, (3) Interaksi antara pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Kelompok dan Kemandirian terhadap Kecenderungan Minat Belajar Anak Usia Dini di Paud Amanah Desa Bunga. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) ada pengaruh metode pembelajaran bermain kelompok terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik, (2) ada pengaruh kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik, (3) terdapat interaksi anatar metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian terhadap kecenderungan minat belajar peserta didik. Pada dasarnya anak usia dini merupakan usia yang tepat dalam proses mengembangkan potensi diri, melihat permasalahan dan hasil penelitian yang di lakukan metode pembelajaran bermain kelompok dan kemandirian merupakan sebuah solusi yang tepat dalam meningkatkan minat belajar anak usia dini.

Keywords


Minat Belajar, Kemandirian, Metode Pembelajaran, Bermain

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Abute, E. La, & Aimang, H. A. (2021). Penggunaan metode information search melalui pembelajaran daring pada mata pelajaran Al-Qur’an dan hadits pada masa pandemi. Damhil Education Journal, 1(2), 40–45. https://doi.org/10.37905/dej.v1i2.1106

atik yuliyani. (2014). PADA SISWA KELOMPOK A KELAS FIRDAUS SKRIPSI Diajukan Kepada Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta Untuk Memenuhi Sebagian Syarat Guna Memperoleh GelarSarjana Pendidikan Islam Oleh : 1–98.

Basri, H., Islam, F. A., & Gresik, U. M. (n.d.). Pengaruh metode bermain kelompok dalam meningkatkan kemandirian anak pada siswa kelompok bermain muslimat nu 102 nurul huda di desa samirplapan duduk-gresik. 149–156.

Cookson, M. D., & Stirk, P. M. R. (2019). pengaruh metode bermain kelompok dalam mningkatkan kemandirian anak.

Nurhasanah, Asrori, & Kaswari. (2017). Hubungan Disiplin, Sikap Mandiri Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 1–14.

Ruslaini, R., & Novika, T. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Learning Pada Materi Ekosistem Untuk Meningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 01. https://doi.org/10.52626/jg.v4i1.100

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Wiwik Pratiwi. (2017). Konsep Bermain Pada Anak Usia Dini. Manajemen Pendidikan Islam , 5, 106–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v2i1.1316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com