EFISIENSI KULIAH DIERA COVID-19 DITINJAU DARI KETERSEDIAAN JARINGAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE BERBASIS ANDROID MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

YULIANTI ROSI, HAMZAH B UNO, FACHRUDIN ZAIN OLILINGO

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hubungan ketersediaan jaringan wifi terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (2) untuk mengetahui hubungan  media pembelajaran online berbasis android terhadap efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. (3) untuk mengetahui hubungan secara bersama-sama ketersediaan jaringan wifi dan media pembelajaran online berbasis android terhadap efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi 155 orang mahasiswa Fakultas Ekonomi angkatan 2019, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling sehingga sampel yang diambil berjumlah 38 orang mahasiswa.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) ketersediaan jaringan terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebesar 0,045 atau 4,5%, sedangkan sisanya 95,5%. 2) media pembelajaran online terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo 0,587 atau sebesar 58,7%, sedangkan sisanya 41,3%. 3) ketersediaan jaringan dan media pembelajaran online terhadap  efisiensi kuliah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Gorontalo sebesar 0,597 atau 59,7%, sisanya 40,3%.


Keywords


Efisiensi Kuliah, Ketersediaan Jaringan, Media Pembelajaran Online

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Alisman. 2014. Analisis Efektifitas dan Efisiensi Manajemen Keungan di Aceh Barat. Jurnal Ekonomi dan Kebijakan Indonesia. 50

Apriada. M. Arie. 2017. Analisis Keamanan Jaringan WIFI Universitas Muhammadiyah Palembang Menggunakan Sistem Operasi Linux Backtrack. Jurnal IT.03

Belawati, Tian. (2019). Pembelajaran Online Penerbit: Universitas Terbuka.

Bilfaqiah, Yusuf. 2015. Efisiensi Pengembangan Pembelajaran Daring. Yogyakarta: Deepublish

Uno , H. Teknologi Komunikasi dan Informasi Pembelajaran. (Jakarta: Bumi Aksara. 2010).

Ericha Windhiyana Pratiwi. 2020. Dampak Covid-19 Terhadap Kegiatan Pembelajaran Online Disebuah Perguruan Tinggi Kristen Di Indonesia. Jurnal Ilmiah Universitas Kristen Satya Wacana. Vol. 34.No. 1 April (2020)

Firman, (2020). Pembelajaran Online Ditengah Pandemic Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science Volume 02, No 02 Maret 2020 , 82.

Haris Budiman, Peran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan, Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 8 No. I, 2017.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya. Jakarta: Ghalia Indonesia

Isman, Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan. The Progressive and Fun Education Seminar. 586.

Jamaludin, Dindin dkk. 2020. Pembelajaran Daring Masa Pandemik Covid-19 Pada Calon Guru: Hambatan, Solusi dan Proyeksi. Karya Tulis Ilmiah LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. 3

Kibona, Lusekolo, mgaya, gevarnas, Smartphones Effect on academic perfomance of higer learning students, journal of multidisciplinary engineering science and technology, Vol 2, Issue 4, h. 777-778

Mustakim. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Journal of Islamic Education, 2 (1).

Mutia, Intan dan Leanard. 2013. Kajian Penerapan E-learning dalam proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi. Faktor Exacta 6 (4). 282

Pangodian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains (SAINTEKS). 5

Pranasiwi, Oktarina. Perkembangan Aplikasi kunci determinasi berbasis android pokok bahasan mamalia di SMA/MA (Tesis Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Jember, 2015), h 15.

Putra, Made. 2020. Kurang Efisiensinya Pembelajaran daring/E-Learning. 3

Rohmawati, Afifatu. 2015. Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 17

Sulis Sandiwarno. 2016. Perancangan Model E-Learning Berbasis Collaborative Video Conference Learning Guna Mendapatkan Hasil Pembelajaran Yang Efektif dan Efisien. Jurnal Ilmiah FIFO Universitas Mercu Buana. Vol. VIII No. 2 November (2016)

Syarifudin, Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 31-33




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v1i2.1171

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com