PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR

SEPRIANSYAH PAPUTUNGAN, TEDY MACHMUD, ALI KAKU

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk  mendapatkan informasi tentang kemampuan pemecahan masalah matematis dari peserta didik yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dan model pembelajaran langsung ditinjau dari Motivasi belajar  siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian treatment by level 2 x 2 dilaksanakan di kelas X SMA  Negeri 2 KOTAMOBAGU semester genap tahun ajaran 2018-2019. Data penelitian diperoleh dari instrumen berbentuk tes, yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan motivasi belajar siswa. Analisis data untuk menguji hipotesis penelitian menggunakan Analisis Varians Dua Jalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang dibelajarkan dengan model Think Pair Share (TPS) lebih tinggi daripada model pembelajaran langsung, (4) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang dibelajarkan dengan model pembelaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih rendah daripada model pembelajaran langsung.


Keywords


Motivasi belajar siswa, Kemampuan pemecahan masalah matematis, Think Pair Share

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Depdiknas 2013. Kamus besar bahasa Indonesia . Jakarta : Balai pustaka

Hamalik, O. 2009. Perencanaan pengajaran bersarkan pendekatan system, Jakarta: Bumi Aksara.

Hasratuddin. 2012. Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Medan: Universitas Negeri Medan, Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6 Nomor 2, hal 130-141

Hudoyo,H. 1979 Pengembangan Kurikulum Matematika Dan Pelaksanaannya Di Depan Kelas. Surabaya : Usaha nasional.

Kumalasari, Dewi. 2010. Pengaruh strategi pembelajaran Quantum Teaching dan Motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika. Tidak diterbitkan. Program Pascasarjana:UNG

Kumalasari, Elisia. 2011. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah Matematik siswa SMP melalui pembelajaran matematika model CORE. Posseding seminar Nasional pendidikan STKIP siliwangi Bandung. Vol. 1. Tahun 2011. ISBN 976-602-19541.0.2

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 58 tahun 2014 tentang Kurkulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah.

Majid, Abdul. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

NCTM 2000. Principles and Standars For School Mathematics.Virginia : NCTM

Polya.G . 1973. How to Solve it. Princeton university press.

Sumarno, U. 1994. Suatu alternative pengajaran untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada guru dan siswa SMA di Kdya bandung. Laporan Penelitian. IKIP Bandung: Tidak diterbitkan

Sumarmo, Utari dkk. 2002. Alternatif Pembelajaran Matematika dalam Menerapkan Kurikulum Berbasis Kompotensi. Makalah pada seminar tingkat nasional FPMIPA UPI. Bandung: Tidak Dipublikasikan

Sugiarto, Dino. The Implementation Of think-Pair-Share model to improve students Ability in reading. Narrative Texts. International Journal of English and Educaion. Vol.3 issue 3, July 2014. 2278-4012

Sardiman. 2016. Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Sardiman , Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Raja Grafindo Persada: Jakarta

Sabri, 2007. Strategi belajar mengajar dan Micro teaching (Cet. II; Ciputat; Quantum Teaching.

Sugiyono, 2012. Statistika untuk penelitian, Alfabeta: Bandung

Sudjana. 2005. Metode Statistik. Bandung: Tarsito

Sari, Dhany Efita. Susilaningsih, Elvia Ivada. 2013. Penggunaan Model Direct Instruction Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Kertas Kerja

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Trianto 2007. Model-model pembelajaran inovatif berorientasi konstruktivistik. Jakarta : Prestasi pustaka Publisher

Uno,Hamzah, 2013. Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Uno, Hamzah. Teori motivasi dan pengukurannya.. Jakrta: Bumi aksara

Uno, Hamzah & Rauf, Abdul Kadir. 2008. Desain Pembelajaran. Gorontalo: Nurul Jannah.

Widjajanti, Djamilah Bondan (2009). Kemampuan pemecahan masalah mathematics mahasiswa calon guru matematika; Apa dan bagaimana mengembangkannya.Prosseding seminar nasional mathematics dan pendidikan matematika jurusan pendidikan matematika FMIPA UNY. 5 Desember 2009. ISBN 978-979-16353-3-2

Widyantini, Theresia. 2012. Penerapan Model Pembelajaran Langsung Dalam Mata Pelajaran Matematis SMP/MTS. Artikel. Yokyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v1i2.1170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Logo UNG (Universitas Negeri Gorontalo) PNG - rekreartive

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Program Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: s3pendidikanpps.ung@gmail.com