KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA DAN MADRASA ALIYAH KECAMATAN BOLANO LAMBUNU

YUDI IRMANTO, RAMLI UTINA, YUSNA AHMAD

Abstract


Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan kemampuan literasi sains siswa pada materi ekosistem yang terdiri atas empat kategori yaitu, nominal, fungsional, konseptual, dan multidimensional. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA N 1 Bolano lambunu, SMA N 1 Bolano dan MA N 1 Parigi. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa untuk setiap sekolah yang dipilih melalui random sampling. Hasil penelitian berdasarkan analisis deskriptif dan triangulasi data menunjukan bahwa peserta didik di kecamatan bolano lambunu masih kurang maksimal dalam menjawab soal-soal literasi sains. Terbukti bahwa dari empat tingkatan kemampuan literasi sains yaitu literasi nominal, fungsional, konseptual dan multidimensional, siswa hanya mampu menjawab sampai pada tahap kemampuan literasi sains nominal, fungsional dan konseptual dengan nilai persentase kemampuan literasi nominal yaitu 53% - 71%, literasi fungsional yaitu 12% - 31%, literasi konseptual yaitu 16% dan tidak ada peserta didik yang mampu sampai tahap multidimensional. Hal tersebut menandakan bahwa kemampuan literasi sains siswa di Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah Kecamatan Bolano Lambunu masih sangat rendah karena belum maksmalnya guru dalam melakukan pembelajaran yang eksplisit dalam melatih keterampilan proses sains.

Keywords


Literasi Sains, Nominal, Fungsional, Konseptual, dan Multidimensional

Full Text:

PDF FULL TEXT

References


Erniwati, Istijarah, La tahan, Hunaidah, Vivi H. R. Mungkiton dan Sutrisno F. 2020. Kemampuan literasi sains Siswa di Kota Kendari: Deskripsi dan Analisis. Jurnal Kumparan Fisika, Vol.3, No. 2 Hal. 99-1008.e-ISSN: 2655-1403

Hariadi, E. 2009. “ Faktor faktor yang mempengaruhi literasi sains siswa Indonesia berusia 15 tahun”. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1 ), 28-41

Haris A. Odja dan Citron S. Payu. 2014. Analisis Kemampuan Awal Literasi Sains Siswa Pada Konsep IPA. Prosiding Seminar Nasional Kimia, ISBN : 978-602-0951-00-3

Holbrook Jack and Miia Rannikmae. 2009. The Meaning of Scientific Literacy. International Journal of Environmental & Science Education. University of Tartu, Estonia.

Mansur Nabila. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prosiding Seminar Nasiona Matematika (PRISMA) 1, 140-144.

OECD. 2013. PISA 2015: Draft Science Framework. Paris: OECD

Putri Siti Febriani, Alit Sarino. 2017. The Impact Of Learning Styles and Learning Facilities on Increase Student Learning Achievement at Vocational High School. Manajerial, Vol. 2 No. 2 , Hal - 163 ISSN : 1412 – 6613 E-ISSN : 2527 – 4570.

PISA. (2010). Assessment Framework Key Competencies In Reading ,mathematics and science. OECD.

Shwartz, Y. Ben-Zvi, R. & Hofstein, A. 2006. The Use of Scientific Literacy Taxonomy for Assessing the Development of 78 Chemical Literacy Among High-School Students. Chemistry Education Research and Practice, 7 (4): 203-225.

Situmorang, P.R. (2016). Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. Integrasi Literasi Sains Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sains. 32 (1) : 49-56.

Surpless, B., Bushey, M., & Halx, M. (2014). Developing scientific literacy in introductory laboratory courses: A model for course design and assessment. Journal of Geoscience Education, 62(2), 244–263. https://doi. org/10.5408/13-073.1.

Sudijono. 2010. Pengantar Statistika Pendidikan. Jakarta : PT Raja Grafindo Alfabeta.

Syarifah N, Muhammad, Listiani, Aidil A. 2018. Hubungan Antara Literasi Sains Dan Rasa Ingin Tahu Siswa Pada Materi Ekosistem Di Sma Negeri 3 Tarakan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Ipa, Volume 5 No 2. e-ISSN. 2579-4078




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/dej.v1i2.1169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

SECRETARIAT : Damhil Education Journal, Education Study Doctoral Program, Gorontalo State University, address: Jl. Jend. Sudirman, Wumialo, Kota Tengah, Kota Gorontalo, Gorontalo 96138. Email: damhilejournal@gmail.com