Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa

Meyko Saleh Inaku

Abstract


Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa PTK ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni rupa pada materi merancang dan menyelenggarakan pameran di kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan subyek penelitian sebanyak 32 Peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi kepada guru dan kepada siswa, Tes dan Dikumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: Dari hasil analisis data yang diperoleh dari kondisi awal, siklus I,dan siklus II setelah diterapkannya metode mind mapping menunjukkan kemampuan belajar siswa mengalami peningkatan. Hasil rata-rata tes pada kondisi awal sebesar 59,22, meningkat pada siklus I menjadi 70,31 dan pada siklus terakhir menjadi 80,00, sedangkan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 siswa atau 37,50% dari 32 siswa pada kondisi awal, menjadi 21 siswa atau 65,63% dan 28 siswa atau 87,50% pada siklus terakhir. Penerapan metode mind mapping pembelajaran seni rupa materi merancang dan menyelenggarakan pameran dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terindikasi dari peningkatan motivasi belajar menunjukkan peningkatan dari 16 siswa atau 50% pada studi awal menjadi 24 siswa atau 75% pada siklus pertama dan 30 siswa atau 93,75% pada siklus terakhir.

Keywords


Hasil Belajar Seni Rupa, Pameran Metode Mid Maping

Full Text:

PDF

References


A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rajawali Pers

Arikunto, Suharsimi. 2002.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. 2009. Jakarta : PT Grafindo Persada,.

Bastomi, Suwaji.2003. Landasan Berfikir Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.

Beaulieu, Danie, 2008, Teknik-teknik yang Berpengaruh di Ruang Kelas, Jakarta: PT Indeks

Budi Utomo, Kamsijo. 2006. Silabus, Handout, dan Media Pembelajaran Strategi Pembelajaran Seni Rupa

Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Buzan, Tony. 2007. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

De Porter, Bobby. 2003. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum Pendidikan Nasional : Tujuan Pembelajaran Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud.

EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3, Semarang: Difa Publishers

Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press

Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara

Hasbullah Thabrany, 1994. Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo

Kartini Kartono. (1995). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.

Kartini Kartono. 1985. Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: CV. Rajawali.

Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta

Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nana Syaodih, R. Ibrahim dan, 1992. Perencanaan Pengajaran, Jakarta; Rineja Cipta

Nurhasanah. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah.Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Olivia, Femi 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.

Poerwadarminta ,W. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.

Purwanto, Ngalim., 1986, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya

Riyanto, Yatim. 1996. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudrajat, Akhmad. 2001. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo

Sugiyanto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Modul PLPG.Surakarta: Panitia Serifikasi Rayon 13 Surakarta.

Suroso. 2004. Smart Brain Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori. Penerbit SIC.

Sutikno, M. Sobri, 2009. Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil, Bandung: Prospect

Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

The Liang Gie dan Sutarto. 1975. Pengertian Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi, Yogyakarta: Karya kencana

Thonthowi Ahmad, 1991. Psikologi Pendidikan, Bandung : Angkasa

Tuminto, Didik. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres

Uno, Hamzah B. dkk. 2006. Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing.

Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.

Wycoff, Joyce. 2003. Menjadi Super Kreatif melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa.

Zuhairini, H. Abdul Ghofir Slamet As. Yusuf, 2008. Metodik Khusus Pendidikan. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional




DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.471-482.2022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id