Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menerapkan Metode Mind Mapping Pada Pembelajaran Pembelajaran Seni Rupa Materi Merancang Dan Menyelenggarakan Pameran di Kelas IX SMP Negeri 1 Duhiadaa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.M Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta. PT. Rajawali Pers
Arikunto, Suharsimi. 2002.Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara
Arsyad, Azhar, Media Pembelajaran. 2009. Jakarta : PT Grafindo Persada,.
Bastomi, Suwaji.2003. Landasan Berfikir Seni Rupa. Semarang: IKIP Semarang Press.
Beaulieu, Danie, 2008, Teknik-teknik yang Berpengaruh di Ruang Kelas, Jakarta: PT Indeks
Budi Utomo, Kamsijo. 2006. Silabus, Handout, dan Media Pembelajaran Strategi Pembelajaran Seni Rupa
Budiningsih, Asri. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Buzan, Tony. 2007. Mind Map untuk Meningkatkan Kreativitas. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
De Porter, Bobby. 2003. Quantum Teaching. Bandung: Kaifa.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1993. Kurikulum Pendidikan Nasional : Tujuan Pembelajaran Seni Rupa. Jakarta: Depdikbud.
EM Zul Fajri dan Ratu Aprilia Senja, 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Edisi Revisi, Cet. 3, Semarang: Difa Publishers
Hadari, Nawawi. 2005. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada. University Press
Hamalik, Oemar. 2008. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara
Hasbullah Thabrany, 1994. Rahasia Sukses Belajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo
Kartini Kartono. (1995). Psikologi Umum. Bandung: Mandar Maju.
Kartini Kartono. 1985. Peranan Keluarga Memandu Anak. Jakarta: CV. Rajawali.
Margono, 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta
Nana Sudjana. 1989. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih, R. Ibrahim dan, 1992. Perencanaan Pengajaran, Jakarta; Rineja Cipta
Nurhasanah. 2007. Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah.Tesis UPI Bandung: tidak diterbitkan.
Olivia, Femi 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun. 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Depdiknas.
Poerwadarminta ,W. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka.
Purwanto, Ngalim., 1986, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Riyanto, Yatim. 1996. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sobandi, Bandi. 2008. Model Pembelajaran Kritik dan Apresiasi Seni Rupa. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Sudrajat, Akhmad. 2001. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugiyanto.2007. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Modul PLPG.Surakarta: Panitia Serifikasi Rayon 13 Surakarta.
Suroso. 2004. Smart Brain Metode Menghafal Cepat dan Meningkatkan Ketajaman Memori. Penerbit SIC.
Sutikno, M. Sobri, 2009. Belajar dan Pembelajaran: Upaya Kreatif dalam Mewujudkan Pembelajaran yang Berhasil, Bandung: Prospect
Syafii. 2006. Konsep dan Model Pembelajaran Seni Rupa. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
The Liang Gie dan Sutarto. 1975. Pengertian Kedudukan dan Perincian Ilmu Administrasi, Yogyakarta: Karya kencana
Thonthowi Ahmad, 1991. Psikologi Pendidikan, Bandung : Angkasa
Tuminto, Didik. 2007. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Rajawali Pres
Uno, Hamzah B. dkk. 2006. Desain Pembelajaran. Bandung: MQS Publishing.
Uno, Hamzah. B. 2010. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta:Bumi Aksara.
Wycoff, Joyce. 2003. Menjadi Super Kreatif melalui Metode Pemetaan Pikiran. Bandung: Kaifa.
Zuhairini, H. Abdul Ghofir Slamet As. Yusuf, 2008. Metodik Khusus Pendidikan. Surabaya: Penerbit Usaha Nasional
DOI: http://dx.doi.org/10.37905/aksara.8.1.471-482.2022
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Publisher:
Magister Pendidikan Nonformal Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo
Jl. Soedirman No. 06 Gorontalo 96128 e-mail: jurnalaksara@ung.ac.id
http://ejurnal.pps.ung.ac.id